Search Cars

Otomotif

Mengenal 10 Jenis Pintu Mobil, Mana yang Paling Unik?

Pintu mobil memiliki desain yang beragam. Yuk, kenalan dengan 10 jenis pintu mobil berikut ini.

jenis pintu mobil

Demi menyesuaikan perkembangan teknologi dan kebutuhan pelanggan, berbagai pabrikan mobil berlomba-lomba untuk menyematkan berbagai pembaruan pada produk mereka, mulai dari mesin, sampai dengan desain yang bervariasi. 

Berbicara soal desain, tidak hanya bentuk bodi saja yang beragam, namun juga desain pintu mobil yang bervariasi.

Setidaknya, saat ini terdapat 10 jenis pintu mobil yang bisa kamu jumpai. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa simak di bawah ini.

Conventional doors (pintu konvensional)

Conventional door memiliki mekanisme bukaan seperti pintu yang sering kita temui, termasuk yang ada di rumah-rumah. 

Jenis pintu mobil yang satu ini bisa dibilang merupakan salah satu yang paling standar dan sudah sangat familiar, sebab mayoritas mobil mungkin menggunakan jenis pintu ini, karena mudah dan ekonomis dalam pembuatannya. 

Sliding doors (pintu geser)

Masih belum terlalu mencolok dan tergolong model yang umum dijumpai, sliding door memiliki mekanisme bukaan dengan cara digeser secara horizontal.

Baca juga: Rekomendasi Mobil Bekas Rp 100 Juta Siap Gas Luar Kota

Dibandingkan dengan conventional door, jenis pintu mobil yang satu ini memungkinkan adanya ruang masuk dan keluar yang lebih besar dan biasanya disematkan pada mobil van, minivan, dan bus.

Sementara mobil penumpang pertama yang menggunakan pintu ini adalah Kaiser Darrin tahun 1954. Kini penggunaan pintu geser, sudah meluas ke segmen MPV seperti Toyota Alphard, Kia Sedona, Nissan Elgrand, dan lainnya. 

Scissor door (pintu gunting)

Memasuki model yang lebih mencolok, scissor door atau pintu gunting, memiliki mekanisme bukaan dengan cara membukanya vertikal ke atas, dan gerakan buka-tutupnya seperti gunting. 

Jenis ini sering ditemui pada merek-merek mobil eksotik seperti Ferrari, Lamborghini, dan McLaren.

Scissor door juga punya nama lain, yaitu wing door, beetle-wing door, switchblade door, turtle door, swing-up door, lambo door, dan Lamborghini door

Pintu gunting pertama ditemukan pada tahun 1968, dan disematkan pada Alfa Romeo Carabo. Pintu ini tidak hanya berestetika tinggi, tapi juga praktis. 

Gullwing door

Sesuai dengan namanya, ketika gullwing door dibuka bentuknya seperti sayap burung camar yang sedang mengepak. Engsel pintu berada di atap mobil dan pintu terbuka ke arah atas. 

Ada juga yang menyebut ini sebagai falcon-door. Sementara di Di Prancis, gullwing door dikenal sebagai portes papillon dan pertama kali dirancang pada tahun 1939 oleh Jean Bugatti.

Baca juga: Bagaimana Cara Deteksi Kerusakan Kaki-kaki Mobil Sejak Dini?

Barulah 14 tahun kemudian di 1952, Mercedes Benz meluncurkan 300SL (W194), dengan menggunakan desain pintu gullwing, diikuti dengan C111 di 1970. Kini pintu seperti itu bisa kita lihat di mobil Tesla Model X 2010.

Butterfly door

Bentuknya yang mirip, seringkali membuat butterfly door disalah artikan dan dianggap sebagai scissor door

Padahal, keduanya memiliki perbedaan, scissor door terbuka bergerak lurus ke atas, sementara kupu-kupu melebar sedikit ke samping, baru kemudian mengayun ke atas.

Ini membuatnya punya ruang lebih lebar untuk keluar masuk. 

Nah, butterfly door bisa ditemukan pada berbagai mobil, seperti BMW Z1, Mercedes Benz SLR, BMW i8, Ferrari Enzo, Ferrari LaFerrari, McLaren F1, dan sebagainya.

Suicide door

Suicide door memiliki mekanisme bukaan yang hampir mirip dengan conventional door, hanya saja engsel pintun baris ke dua berada di sisi belakang, tidak di depan seperti conventional door.

Namanya memang cukup menarik perhatian, jika diartikan kedalam bahasa Indonesia, suicide door berarti pintu bunuh diri.

Baca juga: Rekomendasi Ukuran Velg Sedan yang Bikin Tampilannya Kece

Suicide door memang dianggap tak aman bagi pengguna mobil pada saat itu. Jenis ini dikenal pertama pada abad ke-20 ketika kereta kuda menjadi kendaraan umum. 

Mobil yang sampai sekarang menggunakan desain pintu suicide door yaitu Rolls-Royce.

Swan door

Swan door bisa dibilang sebagai kembaran dari conventional door, dari segi mekanisme bukaan, keduanya sangat mirip, hanya saja swan door berengsel sedikit lebih tinggi dan miring untuk menciptakan lebih banyak ruang. 

Selain itu, swan door juga menunjukkan keanggunan sang mobil, layaknya seekor angsa. Desain ini ada di mobil Rapide, GTA Spano, Aston Martin DB9, dan Jaguar C-X 75. 

Canopy door

Ini adalah salah satu tipe pintu yang unik dan juga langka. Bila terbuka, pintu akan berbentuk seperti kanopi.

Baca Juga: Cara Mudah Merawat Pelek Mobil Agar Tetap Kinclong Infografis

Lalu, karena terbuka ke atas, penumpang dapat melompat keluar tanpa harus mengkhawatirkan sisi kanan kiri mobil. 

Namun, ini nampaknya akan sangat bermasalah bila akan masuk atau keluar mobil saat kondisi hujan. Bisa-bisa kabin mobil basah semua.

Dihedral door

Jenis bukaan pintu mobil selanjutnya adalah dihedral door, yang banyak ditemui di mobil-mobil buatan Koenigsegg.

Pintu dihedral mirip dengan pintu gunting, hanya saja pintu ini terbuka dengan bergerak ke luar, sambil berputar 90 derajat di engsel pintu. 

Ini adalah penemuan terbaru dalam industri mobil. Model yang menggunakannya ada Koenigsegg Agera R, Agera RS, CC8S, CCR, dan Regera. 

Pintu depan di bagian muka mobil

Mobil jenis ini hanya memiliki satu pintu saja, yang posisinya ada di muka mobil. Jadi, masuk dan keluar dilakukan melalui sisi depan.

Ini sangat unik dan tidak dijelaskan mengapa engineer merancang pintu seperti ini. Jenis bukaan pintu di bagian muka mobil terbilang sangat langka.

Satu-satunya model mobil yang menggunakan tipe pintu ini adalah BMW Isetta 600, yang diproduksi dari 1955 hingga 1962. 

Bagaimana, unik-unik, bukan? Kalau kamu suka jenis pintu mobil yang jenis mana?

Bukan cuma pintu yang unik, mobil-mobil bekas di Pilihan Expert Seva.id juga beda dari yang lain, karena terjamin kualitasnya.

Semua mobil yang ada di Pilihan Expert sudah diinspeksi oleh inspektor berpengalaman, jadi tidak perlu khawatir lagi, kondisinya sudah pasti prima dan siap pakai.

Mau? Langsung kunjungi Pilihan Expert Seva.id di button berikut ini ya.

Pilihan Expert Seva.id

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.