Search Cars

Berita Terbaru

Mending Mudik Lebaran Pakai Mobil Baru atau Bekas?

Ada banyak pilihan transportasi untuk mudik lebaran, salah satunya mobil. Nah, untuk mudik, sebenarnya mending pakai mobil baru atau bekas?

mudik lebaran

Mudik Lebaran menggunakan mobil memang jadi hal yang menyenangkan. Pasalnya, sejak Tol Trans Jawa beroperasi, kemacetan yang biasa terjadi pada Jalur Pantai Utara (Pantura) dan Jalur Pantai Selatan (Pansela) berkurang cukup signifikan.

 

Adanya Tol Trans Jawa memang cukup memangkas waktu tempuh. Misalnya adalah waktu tempuh dari Jakarta ke Surabaya, yang kini hanya butuh waktu 10 jam berkendara saja.

 

Terbilang cukup singkat, bila dibandingkan sebelum hadirnya Tol Trans Jawa. Bila melewati Pantura, Jakarta-Surabaya ditempuh sekitar 16 jam.

 

Nah, untuk mudik Lebaran atau perjalanan jauh itu, sebenarnya mending pakai mobil baru apa bekas?

 

Baca juga: Sekarang Waktu yang Tepat Beli Mobil untuk Mudik Lebaran

 

Untuk menjawab pertanyaan itu, ada baiknya untuk melihat perbandingannya di bawah ini.

mudik

Perawatan berkala

Jelas, mudik Lebaran menggunakan mobil baru pastinya bebas perawatan. Saat kamu bawa mobil ke bengkel resmi, biasanya mekanik hanya menyarankan untuk mengganti oli mesin saja.

 

Selain itu, kamu biasanya dianjurkan untuk menambah tekanan angin pada ban.

 

Sementara bila mudik menggunakan mobil bekas, ada beberapa perawatan atau pengecekan yang harus dilakukan pada mobil.

 

Oli jelas harus diganti. Setelah itu, ada baiknya lakukan pengecekan busi, filter udara, air radiator, komponen rem, kopling dan transmisi.

Perlu diketahui, perjalanan panjang dengan kecepatan tinggi dan diselingi kondisi macet biasanya akan membuat kampas rem atau kopling menjadi lebih tipis.

 

Baca juga: Tips Jual Mobil Cepat dan Menguntungkan Sebelum Mudik Lebaran 2020

 

Untuk mobil dengan transmisi otomatis, cek juga oli transmisi untuk menjaga kondisi tetap prima.

 

Sebelum melakukan perawatan di bengkel resmi, jangan lupa booking service terlebih dulu di Seva.id ya.

 

Booking Service

One Day Delivery

Masa inreyen

Kata inreyen atau biasa disebut dengan break-in adalah masa di mana komponen-komponen mesin sedang dalam masa penyesuaian.

 

Proses ini mewajibkan mobil untuk tidak digeber langsung pada kecepatan tinggi karena dapat merusak komponen mesin.

 

Untungnya, untuk mobil baru masa kini, istilah inreyen sebenarnya sudah tidak berlaku lagi karena pabrikan sudah melakukan pengecekan mesin terlebih dahulu sebelum mobil diterima oleh pemiliknya.

 

Mesin mobil baru zaman sekarang sudah jauh lebih canggih daripada dulu, ditambah dengan tingkat presisinya yang juga lebih baik.

 

Baca juga: Cara Hemat Beli Mobil Baru untuk Mudik Lebaran 2020

 

Jadi, build quality-nya jelas sudah lebih bagus mobil-mobil jaman sekarang.

 

Untuk mobil bekas, sudah pasti siap pakai untuk mudik Lebaran. Yang penting, sebelum berangkat cek dulu kondisinya ke bengkel.

BMW Astra Used Car

Ada garansi

Keuntungan mudik Lebaran menggunakan mobil baru lainnya adalah dilengkapi garansi. Jadi, usai menempuh perjalanan jauh, kamu tidak perlu khawatir jika terjadi masalah pada mobil selama masih dalam garansi.

 

Pihak pabrikan biasanya memberikan garansi terhadap produknya. Seperti Toyota memberikan garansi selama 4 tahun atau 50 ribu kilometer.

 

Garansi ini juga meliputi fasilitas gratis jasa servis dan spare parts. Manfaat layanan ini mengurangi pengeluaran kamu.

 

Baca juga: Cara Aman Langsung Geber Road Trip Menggunakan Mobil Baru

 

Oh ya, perawatan mobil pun dilakukan di bengkel resmi dan dilakukan oleh mekanik-mekanik yang telah mendapat sertifikasi.

 

Sementara mobil bekas, jika ada masalah usai menempuh perjalanan jauh saat mudik, kamu harus merogoh kocek lagi untuk memperbaikinya.

Perbandingan harga

Sebagian orang mungkin berfikir jika mudik Lebaran menggunakan mobil baru akan lebih bergengsi. Seperti diketahui, Lebaran identik dengan segala sesuatu yang baru, termasuk juga dengan mobil.

 

Tapi perlu diingat, sayang bila kamu membeli mobil hanya memenuhi hasrat gengsi, yang padahal fungsi utamanya adalah sebagai transportasi.

 

Harga mobil baru memang lebih tinggi bila dibandingkan dengan mobil bekas. Bila tujuanmu beli mobil hanya untuk mudik, sebaiknya kamu berfikir ulang untuk membeli mobil bekas saja.

 

Baca juga: Cara Menentukan Harga Jual Mobil yang Pasti Menguntungkan

 

Ada beberapa pertimbangan, di antaranya bila kamu membeli mobil dari baru atau menjadi tangan pertama, depresiasi harganya berkisar antara 15 sampai 25 persen. Sedangkan penurunan harga mobil bekas bisa lebih rendah dari itu. Dengan catatan, mobil bekas yang dibeli berkualitas.

harga new peugeot 3008

Pakai bekas tidak khawatir

Ada mobil bekas yang bisa kamu beli dan langsung bisa dipakai mudik. Soal garansi sudah tersedia sehingga tidak usah khawatir. Lalu, kualitasnya tidak kalah dengan jajaran mobi baru.

 

Dimana bisa mendapatkan mobil bekas dengan kriteria di atas? Ada di Pilihan Expert Seva.id.

 

Pilihan Expert menyediakan berbagai rekomendasi mobil bekas berkualitas, dan pasti kondisinya sudah terjamin.

 

Mobil-mobil di Pilihan Expert pastinya tidak pernah mengalami kecelakaan yang mengakibatkan kerusakan berat pada struktur rangka mobil.

 

Mobil pun dijamin tidak pernah terendam banjir, jaminan keaslian odometer, serta kesesuaian nomor rangka dan mesin yang tertera di dokumen kendaraan.

 

Baca juga: Testimoni dan Pengalaman Fitra Eri Beli Mobil Bekas di Pilihan Expert

 

Kapan lagi beli mobil bekas berkualitas siap mudik Lebaran? Pastinya, Pilihan Expert di Seva.id #BikinKamuSiap #SambutLebaran 

 

Pilihan Expert

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.