Mending Beli Mobil Bekas di Dealer atau Perorangan?

23 July 2018

Membeli mobil bekas menjadi alternatif bagi sebagian orang yang ingin membeli mobil dengan harga yang lebih murah. Namun, sebagian dari calon pembeli masih bingung untuk membeli mobil bekas karena banyaknya pilihan yang ditawarkan pasaran.

 

Memang, sekarang ini penjual mobil bekas sangat mudah ditemui, mulai dari perorangan sampai dengan dealer. Belum lagi ditambah dengan pilihan yang tersedia di jejaring sosial dan penjualan online.

 

Hal tersebut juga menjadi pertimbangan calon pembeli. Selain dihadapkan dengan banyaknya pilihan yang tersedia, calon pembeli kadang juga masih bimbang menentukan di mana tempat yang baik untuk membeli mobil bekas.

 

Sebagian dari mereka beranggapan bahwa membeli mobil bekas di perorangan lebih baik daripada membeli di dealer, dan sebagian lagi berpendapat sebaliknya. Akhirnya, muncul-lah perbandingan mana yang lebih baik, membeli melalui peroangan atau di dealer?

 

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, ada baiknya simak ulasan berikut ini yang mungkin dapat membantu Anda dalam menentukan pilihan yang akan membeli mobil bekas.

jual mobil masih kreditMembeli melalui perorangan

Membeli mobil bekas melalui perorangan dianggap sebagian orang sebagai sesuatu yang simpel, karena cukup dengan mengetahui alamat penjual, melihat kondisi mobil, kemudian langsung melakukan transaksi jika mobil tersebut dirasa cocok. Lokasi transaksi juga sangat fleksibel, tergantung kesepakatan kedua belah pihak.

 

Lalu, calon pembeli juga mendapatkan keuntungan untuk mengetahui informasi tentang kondisi mobil secara langsung dari pemakai sebelumnya, mengingat mobil yang dijual tersebut adalah mobil bekas pakai sang penjual.

 

Biasanya, mobil bekas yang dijual secara perorangan memiliki harga yang lebih murah karena tidak ada perantara dalam jual beli tersebut. Calon pembeli akan langsung bertemu dengan pemilik mobil, lalu akan terjadi kesepakatan yang berawal dari aktifitas tawar-menawar.

 

Namun, membeli mobil bekas secara perorangan juga dapat menjadi kerugian bagi pembeli jika terjadi kerusakan yang tidak terdeteksi sebelumnya. Ketika sudah sepakat dan mobil dibawa pulang oleh pembeli, mobil tersebut bukan tanggung jawab sang penjual lagi.

 

Artinya, kerusakan sepenuhnya ditanggung oleh pembeli karena membeli secara perorangan rata-rata tidak ada garansi yang menjamin mobil tersebut. Selain itu, pembeli juga dapat terkecoh oleh sparepart imitasi yang disematkan dalam mobil karena kurang memperhatikan bagian-bagian kecil.

 

Jadi, sebelum membeli mobil bekas melalui individu atau perorangan, cek terlebih dahulu kondisi mobil tersebut. Jangan sampai Anda menyesal ketika sudah melakukan transaksi. Bawa teknisi pribadi atau teman yang mengerti tentang mobil jika merasa perlu, agar Anda dapat memastikan mobil yang dibeli tersebut adalah mobil berkualitas.

jual beli mobilMembeli di dealer mobil bekas

Dealer tentunya memiliki beragam mobil bekas yang ditawarkan, mulai dari harga yang murah sampai dengan harga yang cukup tinggi. Selain itu, pembeli juga dapat melihat dan memilih secara langsung deretan mobil bekas yang tersedia.

 

Ini merupakan salah satu keuntungan bagi pembeli yang masih bingung menentukan mobil apa yang cocok untuknya. Pembeli juga nantinya akan dibantu oleh karyawan dealer tersebut untuk menentukan mobil mana yang dirasa cocok dan memenuhi kebutuhannya.

 

Jika sudah mendapatkan mobil incaran, pembeli dapat memilih metode pembayaran di dealer tersebut. Biasanya, dealer menyediakan dua metode pembayaran, yaitu tunai dan kredit. Pembeli dapat memutuskan untuk menggunakan salah satu metode pembayaran tersebut, sesuai dengan kondisi ekonomi. Jadi, jika tunai dirasa tidak perlu, pembeli dapat memilih pembayaran melalui kredit.

 

Keuntungan lainnya adalah pembeli akan mendapatkan garansi dari dealer atas mobil tersebut. Garansi ini tentunya dapat meyakinkan pembeli bahwa mobil bekas tersebut masih dalam kondisi prima, sehingga pembeli tidak perlu khawatir akan kondisi mobil yang akan dibawa ke garasinya.

 

Namun, tidak seperti membeli melalui individu, harga mobil bekas di dealer memang relatif sedikit lebih mahal karena sesuai dengan garansi dan kualitas mobil yang dijual. Lalu, tidak jarang adanya dealer nakal yang akan melakukan segala macam cara agar mobilnya dapat laku terjual dengan menutupi kekurangan-kekurangan yang terdapat di mobil mereka.

beli mobil bekas berkualitasMaka dari itu, jika ingin membeli mobil bekas dengan aman dan terhindar dari trik-trik nakal, lebih baik kunjungi dealer yang sudah terpercaya. Jangan sembarangan memilih dealer hanya karena tergiur oleh harga yang lebih murah.

 

Mobil bekas yang berkualitas seharusnya memiliki kualifikasi tertentu, seperti bebas tabrak, bebas banjir, odometer asli, keabsahan dan kelengkapan dokumen terjamin, serta nomor rangka dan nomor mesin sesuai dengan dokumen kendaraan.

Mobil yang memiliki kualifikasi tersebut hanya tersedia di tempat penjualan mobil bekas yang terpercaya. Salah satunya adalah Seva.id, marketplace yang menyediakan layanan mobil bekas dengan kualitas terjamin serta menawarkan berbagai macam keuntungan lainnya.

 

Jadi, jika ingin membeli mobil bekas dengan kualitas terbaik, jangan ragu untuk mengunjungi Seva.id. Nikmati segala macam promo dan bonus yang ditawarkan khusus untuk Anda.
lihat produk

SHARE