Mencicipi Kelincahan dan Kenyamanan BMW X1

06 September 2018

BMW X Series  ditujukan bagi masyarakat urban aktif dan gemar berpetualang. Di sisi lain, BMW X1 juga tetap mengutamakan kenyamanan serta kemampuan berkendara impresif di medan on-road maupun off-road.

 

BMW menyebutnya dengan Sport Activity Vehicle (SAV) yang terdiri dari X1, X3, X4, X5, dan X6.

 

Nah, kali ini kami, Seva.id, berkesempatan “mencicipi” BMW X1 dari BMW Astra. BMW X1 menjadi representasi mobil SAV kompak yang mengedepankan keasyikan berkendara tanpa batas khas BMW.

 

Lantas, apa saja yang ditawarkan oleh BMW X1 sLine18i xLine? Berikut yang kami rasakan.

 

Lapang dan nyaman

Dimulai dari kabin bagian belakang atau jok penumpang, tidak perlu diragukan lagi kenyamanan khas BMW. Meski terbilang mungil, kenyamanan setiap penumpang diperhatikan lewat dominasi material kabin berkualitas terbaik dan posisi duduk.

 

Jok penumpang ini bisa diatur sliding dan reclining-nya, serta ada arm rest di bagian tengah dengan cup holder. Jok ini juga sudah dilengkapi ISOFIX untuk mengaitkan kursi balita

 

Di posisi sliding paling mundur, akan menghasilkan jarak ruang kaki yang sangat lega dengan jok depan. Tepatnya mobil ini memiliki ruang kaki selebar 56 centimeter. Sedangkan posisi reclining paling rebah membuat punggung tidak mudah pegal, terutama saat perjalanan jauh.

Nah, untuk yang gemar melakukan perjalanan jauh dan membawa barang, BMW X1 sLine18i xLine ini memiliki kapasitas ruang bagasi hingga 505 liter. Jika tangan penuh membawa barang, cara buka bagasinya juga mudah, cukup lambaikan kaki di bawah bumper, maka pintu bagasi akan terbuka secara otomatis dan elektris.

 

Pintu ini pun aman, saat menutup otomatis dengan menekan tombol, apabila jalannya terhalang maka akan berhenti dan kembali membuka.

 

Jika kapasitas bagasi masih kurang lapang, jok baris kedua penumpang dapat dilipat dengan konfigurasi 40:20:40. Pelipatannya pun mudah, cukup menarik tuas yang ada di bagasi, dan jok baris kedua terlipat otomatis. Dengan terlipat penuh, kapasitas bagasi menjadi 1.550 liter.

 

Selain ergonomis dan fleksibel, ambient LED light, balutan material leather Dakota berpadukan Fine-wood trim oak grain matt, serta hadirnya panoramic sunroof dan sistem hiburan iDrive semakin menambah unsur premium dari interior SAV kompak ini.

 

Orientasi pengemudi

Bergeser ke jok depan, tepatnya di sisi pengemudi. Tidak sulit menemukan posisi ideal dan nyaman untuk mengemudikan BMW X1 sLine18i xLine.

 

Selain lingkar kemudi yang bisa diatur secara tilt dan teleskopik, joknya juga dapat diatur secara elektris dengan hanya menekan tombol-tombol untuk sliding, ketinggian, dan reclining. Pengaturan ini juga ada di jok penumpang depan, berikut dengan leg support, untuk menopang paha.

 

Jika sudah menemukan posisi ideal dan nyaman, pengaturan tersebut dapat disimpan dalam memori atau profil mengemudi. Profil mengemudi ini juga dapat disimpan melalui iDrive System hingga tiga profil.

 

Jadi jika mobil ini dipakai secara bergantian oleh pengemudi yang berbeda, cukup pilih profile mengemudinya saja. Selain setelan jok, setelan spion juga dapat disimpan dalam profil mengemudi ini.

Kembali lagi ke jok pengemudi, dari sini, semua tombol yang ada di dashboard dapat dijangkau dengan mudah oleh pengemudi. Mulai dari yang ada di sebalah kiri yakni tombol start/stop engine, tombol hazard, pengaturan iDrive, pengaturan AC digital dual zone, tombol audio, tuas transmisi berbentuk joystick, iDrive Controller, tombol mode berkendara, dan tombol rem parkir elektrik. Di bagian tengah atas ada tombol-tombol untuk membuka panoramic sunroof.

 

Sementara di bagian kanan ada tombol lampu utama yang dapat diatur otomatis. Di door trim ada tombol mengunci pintu, power window yang naik turun otomatis keempatnya, pengaturan spion, dan tombol bagasi. Hingga di bagian lingkar kemudi untuk menyalakan lampu sein, wiper, pengaturan multi information display (MID), cruise control, serta tombol telepon dan audio.

 

Meski berorientasi pada pengemudi, untuk melakukan pengaturan, ada baiknya tidak dalam keadaan mobil berjalan demi keamanan.

 

Performa dan keamanan

Kabin BMW X1 bisa dibilang yang teraman karena dilengkapi delapan buah airbag. Fitur keamanan lainnya yang dapat melindungi pengemudi dan penumpang adalah dynamic stability control (DSC), anti-lock braking system (ABS), cornering brake control (CBC), dynamic traction control (DTC), dynamic brake control (DBC), start-off assistant, dry braking function, brake assist system, dan fading compensation.

 

Berbekal mesin 1.499 cc 3 silinder BMW TwinPower Turbo yang dipadukan transmisi 6 percepatan Steptronic transmission, BMW X1 siap menjelajahi jalanan urban dengan penuh percaya diri.

 

Pengendaliannya yang mudah dan presisi semakin memudahkan saat melewati jalanan perkotaan. Meski berjenis SAV, mobil ini memang menawarkan keasyikan berkendara untuk para urban enthusiast, baik itu pria maupun wanita.

Terdapat tiga mode berkendara, Eco Pro, Comfort, dan Sport. Saat default, atau ketika mesin mobil dinyalakan, mode berkendaranya adalah Comfort, yang memang nyaman untuk sehari-hari, tenaganya juga cukup. Bahkan saat kami butuh menaikkan kecepatan saat ada di jalan bebas hambatan.

 

Di mode Sport, kami coba menekan gas secara spontan, ada sedikit decitan pada ban, dan tenaga awalnya pun mengesankan. Mobil ini jadi cepat dan lincah, tak berlebihan jika kami samakan seperti karakter sedan.

 

Lalu, mode Eco Pro yang cocok bila mobil terjebak di kemacetan, apalagi ada fitur Auto Start Stop yang akan mematikan mesin ketika mobil berhenti lama dan akan aktif kembali saat pedal gas ditekan. Eco Pro ini memiliki karakter yang mengejar efisiensi bahan bakar. Tenaganya minim, bahkan ketika pedal gas diinjak spontan putaran mesin akan lama naiknya.

 

Dari hasil wara-wiri seharian di dalam kota dengan berbagai mode berkendara dan kondisi jalan, layar MID BMW X1 sLine18i xLine menunjukkan angka total konsumsi bahan bakar 12 liter per 100 kilometer.

 

Jaminan garansi

Untuk BMW X1 yang ada dan diproduksi di Indonesia ada dua tipe, yakni BMW X1 sLine18i Dynamic dan BMW X1 sLine18i xLine sebagai tipe tertingginya.

 

Sementara harga keduanya terpaut Rp 83.000.000, atau BMW X1 sLine18i Dynamic dijual seharga Rp 688.000.000 dan BMW X1 sLine18i xLine Rp 771.000.000. Perbedaan paling mencolok terlihat pada BMW X1 sLine18i xLine yang memiliki panoramic sunroof dan velg dengan warna silver chrome.

 

Tiap pembelian BMW, baik melalui BMW Astra atau Seva.id, pembeli akan mendapatkan jaminan berupa tiga tahun garansi, lima tahun servis berkala, lima tahun membership AstraWorld (layanan darurat 24 jam) serta tiga tahu perlindungan ban mobil karena ban yang digunakan adalah tipe run flat tire (RFT).

 

Masih ada lagi! Anda berkesempatan membeli dan membawa pulang BMW X1 sLine18i xLine dengan harga hanya Rp 50 juta saat flash sale Seva.id. Flash sale ini akan dilaksanakan pada bulan September sampai dengan Desember 2018. Ada tujuh unit mobil yang akan dijual, salah satunya BMW X1 sLine18i xLine ini.

 

Bagaimana cara mengikuti flash sale Seva.id? Daftarkan diri Anda di sini (https://flashsale.seva.id/) sekarang!

 

SHARE