Memilih Cover Mobil yang Bagus dan Tidak Merusak Cat

Jangan sampai salah memilih cover mobil yang bagus di pasaran. Begini cara menentukannya.

cover mobil yang bagus

Cover mobil yang bagus banyak tersedia di pasaran, baik dijual di toko aksesoris atau marketplace. Namun, mana yang terbaik dan tidak merusak bodi dan cat?

Belakangan ini banyak produsen yang menciptakan cover mobil dengan berbagai motif, warna, bahan, dan harga, sehingga lebih banyak pilihan bagi para konsumen.

Sebagai informasi, cover mobil digunakan untuk melindungi bodi dan cat eksterior kendaraan roda empat dari paparan sinar matahari, debu, jamur, dan lain-lain yang berpotensi merusaknya.

Baca juga: Fungsi Spoiler Mobil, Tidak Hanya untuk Tampilan!

Walaupun begitu, penggunaan aksesoris ini harus diperhatikan. Pasalnya, bila tidak digunakan sesuai dengan kebutuhan, cat mobil berpotensi rusak.

Demi menghindari hal itu, sebagian merek sudah menggunakan teknologi tinggi pada produk-produk mereka, sehingga mempunyai ketahanan yang kuat.

Baca juga: Perawatan Mobil yang Harus Dilakukan Sebelum Liburan

Sebelum membelinya, lebih baik simak tips memilih cover mobil yang bagus untuk melindungi mobil kamu berikut ini.

cover mobil yang bagus

Saat menggunakan cover, pastikan mencuci mobil lebih dahulu dan mengelapnya hingga benar-benar kering.

Jika langsung menggunakan cover, dikhawatirkan debu yang menempel pada eksterior akan bergesekan sehingga akan menimbulkan baret halus pada cat.

Lalu, bila sudah dicuci namun belum benar-benar kering mobil langsung ditutup menggunakan cover, bisa mengakibatkan timbulnya jamur karena lembab.

Baca juga: Mengenal Air Radiator yang Bagus untuk Mobil Tua

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, cover mobil bisa saja menimbulkan baret halus dan jamur pada cat mobil.

Hal ini bisa terjadi jika menggunakan cover berbahan parasut. Semakin lama, bahan parasut yang terpapar matahari akan keras yang berpotensi menimbulkan baret halus pada cat bahkan kaca.

Sementara jika mobil basah karena usai dicuci atau musim hujan, karena bagian dalam yang lembab, bahan parasut dapat menimbulkan jamur.

Tidak hanya itu, pewarna yang digunakan pun berpotensi luntur. Terutama pada mobil dengan cat putih, pewarna dari cover dapat menempel sehingga merusak estetika eksterior mobil.

Baca juga: Fitur Toyota Avanza Terbaru untuk Masyarakat Indonesia

Sebenarnya, selain dengan memilih cover mobil yang bagus, melindungi bagian eksterior mobil paling ideal adalah dengan memarkirkannya di tempat teduh, rajin mencuci, poles, dan menggunakan asuransi untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan.