Search Cars

Review Otomotif

Melirik Peugeot 5008 yang Jadi Mobil Dinas Presiden Perancis

Dikabarkan akan segera diluncurkan di Indonesia, SUV 7 penumpang ini ternyata jadi mobil dinas Presiden Perancis Emmanuel Macron. Lalu, apa saja yang dimodifikasi dari New Peugeot 5008?

Di dunia, New Peugeot 5008 mulai dikenalkan sejak 2017 lalu. Di generasi keduanya ini perubahan sangat drastis dilakukan oleh Peugeot.

 

Peugeot 5008 pada generasi pertama berwujud sebagai mobil multi purpose vehicle (MPV) dan mengaspal pada periode 2009-2016. Sementara, di generasi kedua, All New Peugeot berubah menjadi sport utility vehicle (SUV) tujuh penumpang dengan tampilan yang mirip saudaranya, All New Peugeot 3008.

 

Tidak berselang lama setelah dikenalkan, New Peugeot 5008 pun menarik perhatian penggemar otomotif, khususnya di Perancis sebagai tempat kelahiran Peugeot.

 

Pasalnya saat memperingati Hari Bastille atau nama lain untuk Hari Nasional Perancis pada 14 Juli 2017, Presiden Perancis Emmanuel Macron dengan bangga menggunakan New Peugeot 5008.

Tentu, versi yang digunakan oleh Presiden Perancis termuda dalam sejarah Perancis ini berbeda dengan versi yang dijual untuk umum di seluruh belahan dunia.

 

New Peugeot 5008 yang digunakan oleh Macron ini sudah mendapat sentuhan khusus standar pengamanan Presiden di Perancis.

 

Peugeot bekerjasama dengan Centigon Security Group memberikan modifikasi untuk New Peugeot 5008 ini. Sebut saja plat yang digunakan untuk bodi diubah total menggunakan baja anti peluru dan ledakan guna mengamankan sang presiden bila ada serangan yang tidak diinginkan.

 

Bagian interior pun diubah. kabin yang awalnya dapat memuat 7 penumpang berganti menjadi kenyamanan ala limosin. Lalu ada juga perangkat komunikasi khusus, penyaringan udara, lampu dan sirene darurat, dan tempat pengamanan dokumen penting.

 

Untuk bagian ban dan rem pun mendapatkan upgrade. Sedangkan di bagian mesin tidak ada keterangan apakah juga di-upgrade. New Peugeot 5008 sendiri menggunakan berkapasitas 1.598 cc dengan Twin Scroll Turbo High Pressure (THP).

 

Mesin ini mengutamakan efisiensi tenaga dan torsi. Tenaga yang dihasilkan mencapai 165 daya kuda, sehingga membuatnya siap menerjang jalanan.

Selain itu, berikut fitur unggulan New Peugeot 5008 lainnya.

 

i-Cockpit

Di sisi interior, teknologi Peugeot i-Cockpit sudah diaplikasikan pada New Peugeot 5008.

 

Untuk memudahkan akses pengemudi, terdapat sebidang layar sentuh delapan inci di tengah dashboard. Untuk pengaturan AC, audio, parameter kendaraan, telepon, dan aplikasi mobil.

 

Layar ini juga dapat digunakan untuk mengatur ambience sesuai kebutuhan pengemudi. Secara deafult ada dua ambience yakni Relax dan Boost. Jika mengaktifkan ambience Boost secara otomatis layar ini dan head-up display akan berganti warna jadi merah. Mode Sport pun akan otomatis hidup sehingga membuat sensasi mengemudi yang penuh tenaga.

 

Di bawahnya terdapat tujuh buah piano key toggle switch yang bentuknya mirip kokpit pesawat terbang. Fitur ini memberikan rasa berkendara yang lebih intuitif dan intens.

 

i-Cockpit pada New Peugeot 5008 sudah mendukung koneksi antar smartphone dengan Apple CarPlay atau androidauto, USB, hingga Bluetooth. Saat dihubungkan maka untuk navigasi akan masuk ke Google Maps atau Waze.

 

Untuk informasi berkendara, di hadapan pengemudi terbentang panel instrumen seluas 12,3 inci. Tampilannya bisa disesuaikan dengan pilihan Personal, Minimum, dan Dials.

Keamanan bintang lima

Di sektor keamanan, New Peugeot 5008 sangat inovatif dan lengkap di seluruh bagiannya.

Pengaman aktif untuk melindungi keselamatan pengemudi dan penumpang di mobil ini mulai dari sistem pengereman dengan menyematkan teknologi Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brakeforce Bistribution (EBD), dan Emergency Break Assist (EBA).

 

Ada juga Electronic Stability Program (ESP) yang mampu menjaga kestabilan kendaraan dari under/over steer berpadu teknologi Advanced Grip Control yang merupakan optimisasi dari traction control dengan pilihan 5 Grip Level, yaitu Normal, Snow, Mud, Sand, dan ESP OFF. Grip level ini dapat dipilih sesuai kebutuhan mengemudi dengan switch yang ada di tengah console dashboard.

 

Sedangkan Hill Assist Descent Control (HADC) memiliki fungsi untuk membantu mobil agar tidak meluncur saat sedang melintasi jalan yang menurun. Secara otomatis mesin dan rem akan bekerja membatasi kecepatan kendaraan hanya tiga kilometer per jam jika pengemudi tidak sengaja melepas pedal gas.

 

Keamanan maksimum juga ditunjang oleh Advanced Driver Assistance Systems (ADAS) yang meliputi driver attention alert, lane departure warning, hingga 360 degree reverse camera with park assist.

 

Dengan semua perangkat sistem keamanan yang ada, tak heran apabila New Peugeot 5008 ini memperoleh bintang lima – peringkat tertinggi – dari Euro NCAP (European New Car Assessment Programme).

SUV gahar

Meski berkapasitas tujuh orang penumpang, secara tampilan New Peugeot 5008 tetap tampil gahar, layaknya SUV.

 

New Peugeot 5008 memiliki dimensi panjang 4.641 milimeter, lebar 1.844 milimeter, dan tinggi 1.626 milimeter.

 

Tampak depan, kesan SUV gahar terpancar sempurna oleh desain bumper, headlamp, grille, serta foglamp trim.

 

Lampu utamanya sudah disematkan sensor otomatis yang akan menyala saat berkendara dalam kondisi cahaya yang kurang, serta sudah mengadopsi teknologi full LED yang berpadu dengan fitur Follow Me Home.

 

Fog lamp atau lampu kabut bagian depan pun sudah LED dengan fitur yang akan menyala otomatis mengikuti kemana arah beloknya mobil.

 

Bagian belakang tak kalah istimewa, karena dirancang dengan sempurna. Selain pintu bagasi yang sudah otomatis terbuka dengan sensor di bawah bumper, berhubung CBU dari Prancis, mobil ini masih dibekali dengan foglamp lampu rem.

 

Sedangkan lampu rem utamanya juga sudah mengadopsi teknologi LED tiga baris yang melambangkan cakar singa.

New Peugeot 5008 ini dikabarkan akan segera diluncurkan oleh Peugeot Sales Operation selaku Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) Peugeot di Indonesia.

 

Dengan fitur unggulan New Peugeot 5008 yang ada di dalamnya, bagaimana dengan penampakan dan harga dari mobil ini? Penasaran? Nantikan waktu resmi peluncurannya!

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.