Mau Sewa Mobil? Perhatikan Dulu Hal-hal Ini

29 April 2019

Mudik menggunakan mobil sewaan bisa jadi alternatif selain transportasi umum. Tapi perhatikan hal-hal berikut ini sebelum sewa mobil untuk mudik.

Menjelang Lebaran, sudah menjadi budaya di Indonesia, umat muslim akan melakukan perjalanan mudik atau pulang kampung untuk berkumpul bersama keluarga.

 

Banyak pilihan transportasi yang dapat digunakan untuk mudik. Bila tidak memiliki kendaraan pribadi, tidak jarang pemudik memilih melakukan perjalanan mudik menggunakan mobil sewaan yang bisa jadi alternatif selain transportasi umum.

 

Mudik menggunakan mobil dinilai nyaman. Meski bukan milik sendiri, tetap saja dalam perjalanan dapat bersama-sama dalam satu mobil dengan anggota keluarga menikmati pengalaman mudik.

 

Supaya lebih nyaman, perhatikan hal-hal berikut ini sebelum mudik menggunakan mobil sewaan.

Sewa yang sesuai

Salah satu keuntungan menyewa mobil adalah Anda dapat memilih mobil yang sesuai dengan kebutuhan.

 

Apabila mudik menggunakan mobil sewaan akan membawa banyak penumpang, sebaiknya sewa mobil berjenis multi purpose vehicle (MPV). Namun apabila membutuhkan mobil yang mampu memuat barang banyak dan tangguh di segala medan maka mobil jenis sport utility vehicle (SUV) bisa menjadi pilihan yang bisa dipertimbangkan.

 

Sementara jika Anda adalah keluarga kecil dengan satu atau dua orang anak, dan tidak banyak membawa barang, mobil hatchback seperti Toyota Yaris adalah pilihan yang tepat. Selain nyaman, tentunya mobil ini juga hemat bahan bakar.

Tentukan lama mudik

Sebelum menyewa mobil untuk mudik, pastikan dulu lama perjalanan yang akan dilakukan, dari mulai berangkat hingga pulang. Perhitungkan juga waktu jika nantinya Anda terjebak macet.

 

Jangan sampai Anda mudik menggunakan mobil sewaan malah jadi boros. Misalnya Anda sudah sewa mobil untuk lima hari ternyata mobil hanya digunakan empat hari atau juga sebaliknya. Jika begitu, tentu Anda akan kena penalti karena mengembalikan mobil sewaan lewat dari lama peminjaman.

Test drive

Berhubung akan digunakan untuk mudik dan perjalanan jauh, tidak ada salahnya Anda mengajukan test drive mobil yang akan disewa.

 

Mudik menggunakan mobil sewaan memang mesti teliti agar perjalanan lebih nyaman. Jangan sampai, mobil mogok di jalan, yang ada malah repot bukan?

 

Bila dirasa mobil yang akan disewa sudah tidak enak dikemudikan, minta kepada pemilik mobil untuk servis atau bahkan tukar unit dengan yang lebih baik.

Cek menyeluruh

Selain test drive untuk memastikan mobil yang akan disewa berfungsi dengan baik, periksa juga seluruh bagiannya.

 

Mulai kondisi eksterior, interior, mesin, velg dan ban, dashboard, fungsi elektronik seperti audio serta panel instrumen, dan lain-lain. Kalau perlu, sebelum berangkat, Anda buatkan dokumentasi berupa foto atau video melalui smartphone.

 

Tujuannya tidak lain adalah untuk menghindari klaim pemilik mobil sewaan yang tidak jujur saat mobil dikembalikan.

Mobil terbaru

Tiga tahun merupakan usia maksimal yang patut dijadikan batas aman usia mobil sewaan serta pastikan mobil selalu melewati perawatan reguler.

 

Meski biaya sewa lebih mahal, mobil keluaran terbaru memiliki kondisi mesin yang masih baik dan lebih nyaman ketimbang mobil lama.

 

Jangan lupa, bila mudik menggunakan mobil sewaan pastikan kelengkapan surat berkendara seperti STNK sudah sesuai dan lengkap dengan kondisi fisiknya.

Asuransi dan nomor darurat

Asuransi itu penting untuk mudik menggunakan mobil sewaan. Tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi selama perjalanan mudik.

 

Pastikan mobil yang disewa terjamin oleh asuransi yang bukan hanya menjamin kendaraan dan penumpang di dalamnya, tetapi juga yang memiliki jaminan third liability insurance, sehingga apabila terjadi kecelakaan yang merugikan orang lain, Anda hanya perlu membayar biaya klaim sementara tanggungan akan diambil alih oleh asuransi.

 

Selain itu, jangan lupa untuk meminta nomor darurat dari pemilik mobil jika ada kejadian yang tidak diinginkan seperti kecelakaan ataupun kerusakan mobil.

Tempat sewa terpercaya

Daripada Anda bingung mau mudik menggunakan mobil sewaan tapi tidak tahu tempat penyewaan yang terpercaya, yuk download Movic sekarang!

 

   

 

Movic adalah aplikasi penyewaan kendaraan, baik lepas kunci maupun dengan pengemudi. Layanan Movic sendiri sudah tersedia di 36 kota di Indonesia, dan masih akan terus bertambah. Fasilitas penyewaan mobil di Movic pun bervariasi, Anda bisa memilih menggunakan driver atau lepas kunci dengan pilihan durasi yang tersedia dari 6, 12, hingga 24 jam (1 hari).

 

Tidak hanya itu, perjalanan Anda dengan Movic pun semakin aman dan nyaman dengan adanya perlindungan asuransi jiwa dari Astra Life.

 

Pertanyaan lebih lanjut silakan hubungi Call Center Movic di 1500607 atau email ke [email protected]

movicmudik

Jadi, tunggu apa lagi? Segera download Movic sekarang!

Author

Sing with me, sing for the year. Sing for the laughter and sing for the tear. Sing with me, it's just for today. Maybe tomorrow the good Lord will take you away. - Dream On, Aerosmith -

SHARE