Search Cars

Tips & Rekomendasi

Mau Mudik Aman dan Lancar? Pastikan Pengecekan di Lima Area Ini

liburan keluargaMudik merupakan salah satu tradisi unik yang sering dilakukan oleh keluarga Indonesia menjelang Hari Raya Idul Fitri. Tak jarang keluarga Indonesia menggunakan mobil pribadi sebagai alat transportasi menuju kampung halaman.

 

Perlu dicatat, sebelum melakukan perjalanan mudik ada baiknya segera melakukan servis maupun pengecekan kondisi mobil. Hal ini merupakan satu hal yang tak bisa ditawar lagi, mengingat apabila Anda langsung mudik tanpa melakukan servis terlebih dahulu bisa meningkatkan risiko mobil mengalami kerusakan selama perjalanan.

 

Kira-kira aspek teknis mobil apa saja yang perlu mendapatkan perhatian khusus apabila Anda ingin melakukan mudik? Berikut informasinya:

 

Pelumas mesin dan transmisi

Walaupun kilometer mesin belum merujuk pada angka penggantian pelumas mesin, sebaiknya lakukan penggantian sebelum menempuh perjalanan mudik. Sebab dalam kondisi mudik, potensi jalanan macet sangat mungkin terjadi. Alhasil dibutuhkan pelumas berkualitas baik untuk menjadi kondisi mesin agar tetap prima.

 

Selain pergantian pelumas, filter oli pun perlu diganti dengan filter oli baru. Hal ini diperlukan agar tidak ada kotoran yang masuk ke ruang mesin. Tak hanya itu, pergantian pelumas transmisi beserta gardan juga diperlukan untuk memastikan kedua komponen bekerja secara sempurna. Apabila mobil Anda telah mengaplikasi oil cooler, sebaiknya cek kondisi oil cooler. Sebab kebocoran pada peranti ini bisa membuat jumlah pelumas transmisi berkurang secara signifikan

 

Ban Mobil

Kondisi ban mobil juga berperan penting dalam memastikan perjalanan mudik Anda akan aman atau tidak. Jika sudah dirasa kurang aman, baik setir mulai terasa bergetar atau saat kondisi lurus mobil cenderung “membuang” sedikit ke sisi tertentu, maka sudah waktunya untuk Anda melakukan spooring dan balancing.

 

“Spooring” diperlukan untuk menyelaraskan kembali sudut-sudut roda agar memberikan handling dan kenyamanan maksimal. Sedangkan balancing adalah menyeimbangkan gaya putar roda agar tidak terjadi getaran pada kendaraan.

 

Proses perbaikan spooring dan balancing tergolong sederhana. Untuk spooring ban roda akan diatur kembali baik sudut toe (sudut kemiringan roda terhadap garis horizontal jika dilihat dari depan) dan camber (sudut kemiringan roda terhadap garis vertikal). Sedangkan balancing metodenya ban roda diputar di mesin balancing lalu mesin akan mendeteksi titik mana yang perlu diseimbangkan. Cara penyeimbangannya dengan menempelkan timah sebagai pemberat yang akan terinformasi di mesin kebutuhan bobot gram-nya.

 

Jangan lupa cek tekanan angin di ban mobil Anda. Selain jangan sampai ada tekanan angin yang berkurang, sesuaikan tekanan angin dengan bobot yang akan Anda bawa di mobil.

 

Rem

Untuk memahami kondisi rem masih dalam kondisi normal atau tidak terletak pada saat pengereman, ketika itu terdengar suara berdecit atau terlihat dari indikator rem menyala di panel instrumen. Selain itu untuk memahami kondisi rem juga bisa terasa saat melakukan deselerasi rem terasa mulai sedikit blong.

 

Untuk menghindari hal tersebut perlu dicek kondisi minyak rem apakah masih dalam batas normal atau perlu segera diisi lagi. Selain itu juga cek kondisi kampas rem, serta bersihkan debu-debu yang menempel di disc brake menggunakan disc cleaner. Dan apabila mobil Anda sudah menyentuh lebih dari 100.000 km, disarankan untuk melakukan bubut atau ampelas permukaan disc brake dan tromol.

 

Lampu dan wiper

Saat mudik seringkali waktu perjalanan tidak bisa diprediksi, kadang harus berkendara hingga larut malam, atau bahkan harus menghadapi hujan deras yang membuat visibilitas berkendara makin sulit.

 

Untuk menghindari hal tersebut sebelum perjalanan mudik Anda diharuskan mengecek seluruh lampu headlamp dan rearlamp apakah seluruh lampu masih dalam kondisi normal atau tidak. Apabila tidak maka bisa mengganti bohlam lampu mati dengan bohlam lampu baru, atau cek sistem kelistrikan lampu tersebut.

 

Selain itu untuk wiper juga dites apakah bisa menyapu air dengan baik atau tidak. Apabila tidak, maka segera ganti karet wiper mobil Anda dengan yang baru.

 

Sistem pendingin udara (A/C)

Sistem pendingin udara atau air conditioner (A/C) penting untuk dicek kondisinya sebelum Anda mudik ke kampung halaman. Caranya ialah flushing A/C, cara ini berfungsi mencuci sekaligus menguras freon dan oli dalam sistem sirkulasi A/C. Dalam hal ini, oli kompresor harus secara rutin diganti untuk memelihara kondisi kompresor tetap prima.

 

Selain itu, ada juga area komponen A/C yang perlu diperhatikan agar tetap fit digunakan pada saat mudik nanti. Area tersebut di antaranya adalah kompressor, blower, freon A/C, dryer A/C,  serta kipas pendingin A/C yang terletak di depan radiator. Khusus untuk A/C double blower perlu dicek adakah kebocoran pada air sisa pembuangan A/C di pilar B.

 

Demikian lima area mobil yang perlu diperhatikan kondisinya saat Anda ingin melakukan mudik ke kampung halaman.

 

Untuk mempermudah pengecekan keseluruhan mobil Anda bisa langsung berkunjung ke bengkel resmi yang selama bulan puasa selalu memberikan promo-promo menarik. Anda pun bisa melakukan booking service agar Anda tidak perlu mengantri di bengkel resmi melalui menu Booking Service yang sudah tersedia di Seva.id.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.