Mau Bepergian saat Pandemi? Simak dan Siapkan Syarat Ini

By Adlina Nufikha - May 28, 2020

Sejumlah syarat untuk kamu yang ingin bepergian saat pandemi Covid-19 diubah. Berikut syarat yang harus kamu siapkan!

Baru-baru ini Gugus Tugas Penanganan Covid-19 telah menambahkan syarat baru bagi kamu yang ingin bepergian saat pandemi Covid-19. Perubahan syarat tersebut telah diatur melalui Surat Edaran Gugus Tugas Nomor 5 Tahun 2020 terkait Kriteria Pembatasan Perjalanan Orang dalam Rangka Percepatan Penanganan Coronavirus Disease 2019. 

Lalu apa saja?

Masa berlaku hasil tes

Berbeda dari syarat terdahulu, kini setiap orang yang ingin bepergian diharuskan menunjukkan hasil uji tes Covid-19. Jika menggunakan metode rapid test, kamu diharuskan untuk menunjukkan hasil non reaktif dengan masa berlaku tiga hari.

Sementara jika menggunakan metode Polymerase Chain Reaction (PCR), kamu harus menunjukkan uji tes PCR dengan hasil yang negatif yang berlaku selama tujuh hari.

Baca juga: Cara Mudah Antisipasi Penularan Virus COVID-19 Saat dalam Perjalanan

Membawa surat keterangan

Selain mengatur masa berlaku hasil tes, aturan yang baru membolehkan orang menggunakan surat keterangan bebas gejala seperti influenza apabila di daerahnya tidak memiliki fasilitas PCR atau rapid test. Surat keterangan ini dapat dikeluarkan oleh dokter rumah sakit maupun puskesmas di daerah-daerah.

Baca juga: Aturan Baru untuk Kamu yang Mau Terbang via Bandara Soetta

Surat keterangan ini wajib kamu bawa saat akan bepergian menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum baik darat, kereta api, laut, atau udara bagi orang-orang yang dikecualikan bepergian di tengah pandemi covid-19.

 

Berita Terkait

Author