Search Cars

Tips & Rekomendasi

Masuk Musim Hujan, Cek 5 Komponen Ini Yuk Supaya Aman di Jalan

Tanda-tanda akan datangnya musim hujan sudah mulai terlihat. Malahan, beberapa waktu lalu hujan sempat turun mengguyur jalan. Oleh karena itu, pengendara perlu melakukan persiapan untuk menghadapi musim hujan agar dapat berkendara dengan aman.

 

Persiapan tersebut adalah dengan memeriksa komponen-komponen mobil yang sangat diperlukan ketika menghadapi musim hujan agar dapat digunakan secara optimal. Nah, berikut ini ada beberapa komponen mobil yang dapat Anda cek saat memasuki musim hujan.

 

1. Cek kondisi rem

Rem merupakan komponen yang wajib dicek secara berkala agar Anda tetap aman saat berkendara, khususnya pada musim hujan. Perawatan yang biasanya dilakukan adalah melihat kondisi kampas rem, apakah butuh penggantian atau tidak.

 

Untuk mengecek ketebalan kampas rem dapat dilakukan dengan beberapa cara. Pertama, jika terdengar bunyi decitan dari bagian rem, kemungkinan besar kampas rem mobil Anda sudah tipis dan menyebabkan bunyi gesekan antara dua logam.

 

Lalu, kampas rem yang habis juga dapat terdeteksi ketika Anda sedang menginjak pedal rem. Biasanya, pada saat melakukan pengereman, pijakan pedal rem akan terasa lebih dalam dari biasanya.

Cara selanjutnya adalah dengan melihat ketinggian minyak rem. Anda dapat melihat tinggi atau rendahnya keadaan minyak rem mobil pada reservoir. Apabila volume minyak rem di bawah garis normal, ada baiknya Anda mengecek kondisi kampas rem Anda, karena kampas rem yang tipis dapat menyebabkan kurangnya minyak rem yang berada di reservoir.

 

Atau, periksa langsung kampas rem mobil Anda dengan cara melepas bagian roda untuk memastikan ketebalannya.

 

2. Periksa karet wiper                                                            

Ini merupakan komponen yang berfungsi untuk menyingkirkan air serta kotoran yang mengganggu dari kaca kendaraan dan berdampak pada visual pengendara. Untuk itu, pengecekan wiper harus dilakukan ketika memasuki musim hujan.

 

Langkah awal adalah mengecek karet wiper mobil. Cuaca dan suhu udara dapat memengaruhi kualitas karet wiper. Jika karetnya sudah mengeras, sebaiknya segera lakukan penggantian karena dapat membuat kaca mobil baret dan memperlambat gerak wiper.

 

Setelah itu lakukan perawatan pada washer reservoir dan nozzle penyemprot. Pastikan kondisinya selalu bersih agar air yang disemprotkan tidak kotor karena endapan sulfur, lumut, atau kotoran lainnya.

 

Baca: Kata Kepala Bengkel agar Cat Mobil Anda Tetap Awet Saat Musim Hujan

 

3. Pastikan kondisi ban

Ban merupakan satu-satunya komponen mobil yang langsung berhubungan dengan jalan. Maka dari itu, kondisi ban harus dalam keadaan yang baik ketika musim hujan agar tidak terjadi selip serta dapat membuat mobil kehilangan traksi, bahkan bisa melintir.

 

Nah, agar laju mobil Anda tidak terganggu, selalu perhatikan kondisi ban, terutama alurnya. Jika ban sudah botak, segera ganti ban Anda dengan yang baru. Lalu, cek juga tekanan anginnya, apakah sudah sesuai dengan standar atau belum.

 

4. Periksa sistem kelistrikan mobil

Sebenarnya, hal ini sangat penting untuk dilakukan tetapi kadang sering dilupakan oleh pengendara. Kelistrikan merupakan sistem yang sensitif jika terkena air, karena bisa terjadi konsleting yang berbahaya bagi mobil.

 

Sebelum hal tersebut terjadi, lebih baik cek kondisi kabel-kabel. Apabila ada kabel yang terkelupas, Anda dapat langsung membenahinya. Bila perlu, tanggalkan komponen lainnya untuk memastikan kondisi kabel yang terselip.

 

5. Ganti karet mobil yang sudah usang

Bukan hanya karet wiper yang harus dicek, karet-karet mobil di bagian lainnya juga perlu dilakukan pemeriksaan saat musim hujan tiba, seperti karet pada pintu mobil. Kondisi karet pintu mobil yang sudah tidak sempurna dapat membuat air masuk ke dalam kabin dan membuat kenyamanan berkendara terganggu.

 

Baca juga: Terobos Banjir, Cek Tips Ini Agar Rem Anda Tidak “Blong”

 

Anda dapat melakukan pemeriksaan mobil  di bengkel resmi. Namun, sebelum berangkat, lakukan booking service di Seva.id agar Anda tidak menghabiskan banyak waktu ketika mengantri.

 

Setelah pemeriksaan dilakukan, jaga kebersihan kendaraan Anda, terutama pada bagian bawah mobil. Biasanya, mobil akan lebih cepat kotor pada musim hujan karena cipratan air di jalan atau dari kendaraan lain.

 

Jangan lupa, siapkan payung di dalam mobil supaya Anda bisa terbantu keluar dari mobil ketika bertepatan dengan turunnya hujan. Jika persiapan-persiapan tersebut sudah dilakukan, poin terakhir adalah tetap patuhi peraturan lalu lintas dan jangan memaksakan berkendara jika situasi cuaca tidak memungkinkan.

 

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.