Masih Bingung Pilih Rumah atau Apartemen? Ketahui Kelebihannya Dulu!

05 April 2019

Memilih untuk tinggal di rumah atau apartemen tidak jarang membuat seseorang merasa kesulitan. Selain faktor dana, kedekatan dari tempat kerja kerap kali dijadikan bahan pertimbangan. Nah, bagi Anda yang masih bingung pilih rumah atau apartemen berikut beberapa kelebihan dua properti ini yang bisa diperhitungkan terlebih dahulu. Apa saja? Yuk, cek daftarnya di bawah ini:

 

Kelebihan Apartemen

 

  1. Letak Lokasi yang Strategis dan Gampang Dijangkau

Ketika seseorang memilih apartemen sebagai tempat tinggal, maka mobilitas menjadi lebih mudah. Pasalnya, keberadaan apartemen sering kali dikhususkan bagi mereka yang memiliki tingkat mobilitas tinggi karena letak lokasinya yang strategis dan berada di daerah perkotaan.

 

  1. Mempunyai Fasilitas yang Lengkap dan Mewah

Secara umum, tersedianya fasilitas yang lengkap dan mewah menjadi daya tarik tersendiri bagi apartemen. Hasilnya, sang penghuni pun tidak perlu lagi untuk merogoh kocek untuk mengakses fasilitas-fasilitas seperti kolam renang, pusat kebugaran, tempat spa atau sauna, serta taman dan lapangan.

 

  1. Membuat Hidup Lebih Praktis

Masih terkait dengan kelebihan sebelumnya, apartemen menjawab pertanyaan orang bagi yang ingin hidup lebih praktis. Hal ini dikarenakan oleh keberadaan fasilitas yang sudah terintegrasi dengan proses pembersihan serta pemeliharaan.

 

Fasilitas-fasilitas tersebut sudah menjadi tanggung jawab dari pihak pengelola apartemen. Sebagai pemilik, Anda hanya perlu melakukan pembayaran service charge saja.

 

  1. Meningkatkan Wibawa Seseorang

Dari sisi sosial masyarakat, seseorang yang tinggal di apartemen cenderung memiliki wibawa yang lebih tinggi. Hal ini disebabkan oleh maraknya iklan yang menegaskan pendapat bahwa apartemen merupakan simbol dari kesuksesan dan bentuk kemandirian finansial. Padahal, baik apartemen atau rumah memiliki harga yang hampir sama.

 

Kelebihan Rumah

 

  1. Mendapatkan Rumah Sekaligus Lahan

Perbedaan antara membeli rumah dengan apartemen adalah tanah atau lahannya. Apabila seseorang membeli rumah, maka biasanya akan sekaligus dengan lahan. Sementara jika membeli rumah di daerah perumahan, Anda pun akan mempunyai kesempatan untuk mendapatkan lahan untuk membuat tata ruang seperti taman, ruang bermain anak, atau kawasan untuk berolahraga.

 

Lahan-lahan tersebut juga bisa diubah fungsinya sesuai dengan kebutuhan. Nah, hal-hal seperti inilah yang tidak akan Anda temukan jika membeli apartemen.

 

  1. Lebih Gampang untuk Dijual Kembali

Salah satu perbedaan yang paling mencolok di antara kedua properti ini yaitu kemudahannya untuk dijual kembali. Ada berbagai alasan seseorang kerap kali tiba-tiba ingin menjual rumahnya. Proses untuk menemukan pembeli pun cenderung lebih mudah. Sertifikat rumah yang dimiliki dapat segera digadaikan jika secara tiba-tiba membutuhkan dana.

 

  1. Merasa Lebih Aman dari Sisi Legalitas

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, pemilihan rumah sebagai tempat tinggal akan menguntungkan Anda sebagai pemilik. Hal ini didasari oleh adanya dua bentuk kepemilikan yakni rumah dan tanah dalam bentuk sertifikat yang legal. Anda pun akan merasa lebih aman dari sisi legalitas.

 

  1. Keleluasaan untuk Renovasi

Terakhir, kepemilikan rumah memungkinkan si empunya untuk melakukan renovasi terhadap bagian-bagian yang merasa kurang. Sebagai contoh, jika Anda membutuhkan kamar tidur yang lebih luas, Anda dapat merombak bagian rumah yang tidak terlalu difungsikan.

 

Dengan membandingkan rumah dan apartemen terlebih dahulu sebelum membeli, maka Anda akan lebih bijak lagi dalam menentukan hunian impian. Pasalnya, kepemilikan properti ini bersifat jangka panjang sehingga dibutuhkan pertimbangan lebih sebelum membeli.

SHARE