Search Cars

Tips & Rekomendasi

Mana yang Lebih Menguntungkan, Menjual Mobil Secara Pribadi Atau Tukar Tambah?

Bingung untuk menentukan menjual mobil secara pribadi atau tukar tambah? Mungkin penjelasan di bawah ini bisa jadi solusi Anda.

tukar tambahMemiliki mobil yang sesuai dengan kebutuhan adalah impian banyak orang. Apalagi, bagi mereka yang sudah memiliki mobil namun ingin menggantinya dengan yang baru (upgrade). Tentunya, mereka ingin mobil pengganti itu menjadi mobil yang dapat menunjang aktivitas dan kebutuhan.

 

Untuk itu, perlu adanya perencanaan yang matang, mulai dari jenis mobil yang akan diboyong ke garasi, sampai dengan metode pembiayaannya.

 

Ketika ingin mengganti mobil, sebagian orang mungkin bingung, ingin menjual mobil lalu membeli mobil baru, atau menjual mobil dengan cara tukar tambah (trade in).

 

Seperti yang sudah diketahui, saat Anda menjual mobil, akan ada uang tambahan dari penjualan tersebut untuk membeli mobil baru. Sedangkan jika menggunakan metode tukar tambah, Anda tidak perlu mengeluarkan uang sesuai dengan harga mobil baru, cukup menambahkan selisih harganya saja.

Kedua metode pembelian mobil tersebut sebenarnya sama-sama menguntungkan, karena Anda tidak perlu lagi membayar full mobil yang akan dibeli. Tetapi, ketika ingin menjual mobil secara pribadi, mungkin Anda akan lebih sulit menemukan pembeli yang cocok, sehingga proses penjualan akan memakan waktu lama.

 

Baca juga: Perhatikan Hal Berikut Sebelum Melakukan Trade in Mobil

 

Begitu juga dengan trade in. Saat melakukannya, belum tentu dealer akan menghargai mobil Anda sesuai dengan keinginan, karena pastinya dealer akan menaksir harga sesuai dengan kondisi mobil Kecuali, kondisi mobil masih sangat baik dan termasuk dalam model yang populer.

 

Oleh karena itu, sebelum melakukan kedua metode penjualan tersebut, ada baiknya untuk menyimak beberapa hal di bawah ini agar metode pembelian yang dipilih cocok dengan Anda.

 

Sesuaikan mobil baru yang dipilih dengan kebutuhan

Hal pertama yang harus diketahui oleh para pembeli adalah menentukan mobil sesuai dengan kebutuhan, termasuk model, fitur, transmisi, dan kelengkapan mobil lainnya. Pastikan semua kelengkapan yang dibutuhkan terdapat di dalam mobil pilihan Anda.

 

Cari informasi sebanyak-banyaknya tentang mobil yang dipilih. Anda dapat membuka berbagai situs untuk mendapatkan informasi tersebut.

 

Setelah mendapatkan mobil yang dibutuhkan, ketahui harga mobil tersebut untuk menentukan uang muka atau down payment (DP). Biasanya, besar uang muka yang harus dibayarkan sekitar 20 persen dari harga mobil.

 

Namun, apabila mobil tersebut memiliki harga yang lebih mahal dari budget Anda, ada baiknya untuk memilikirkan kembali hal yang harus dilakukan, seperti menambah budget, mengganti pililhan, atau solusi lainnya yang tidak akan memberatkan Anda.

 

Pikirkan harga purna jual

Wajar jika ada sebagian orang memikirkan harga purna jual mobil yang akan dibeli, karena mobil juga merupakan salah satu investasi. Apabila Anda adalah salah satunya, pastikan mobil yang Anda beli memiliki harga jual yang tidak jauh berbeda dari aslinya.

 

Biasanya, harga purna jual ditentukan oleh kualitas mobil, seperti mesin, kondisi eksterior dan interior, bahkan merek serta jenis mobil biasanya juga ikut menentukan harga purna jualnya. Maka dari itu, mobil perlu dirawat secara berkala agar kualitasnya tidak menurun dan harga purna jualnya tetap tinggi.

 

Test drive

Ini sangat penting dilakukan bagi Anda yang ingin merasakan sensasi berkendara dengan mobil pilihan Anda. Test drive juga akan semakin meyakinkan keputusan Anda untuk membeli mobil tersebut.

 

Baca juga: Kenapa Perlu Test Drive Jika Ingin Beli Mobil?

 

Pada saat test drive, Anda dapat mencoba segala macam fitur yang terdapat di mobil, termasuk fitur yang menunjang kenyamanan dan keamanan berkendara. Selain itu, Anda bisa berkenalan dengan fitur-fitur baru yang mungkin belum dipahami.

 

Pilih dealer terpercaya

Setelah pasti dengan pilihan Anda, datanglah ke dealer yang terpercaya. Sekarang, banyak dealer mobil yang menawarkan berbagai keuntungan tambahan. Pastikan hal tersebut benar dan tidak akan merugikan Anda di kemudian hari.

 

Lalu, ada baiknya untuk datang ke dealer yang dekat dengan tempat tinggal Anda, agar lebih mudah dan tidak memakan banyak waktu untuk menjangkaunya.

 

Tentukan jenis pembayaran dan asuransi yang tepat

Terakhir, tentukan jenis pembayaran untuk mobil baru Anda, apakah ingin membayar secara tunai atau kredit. Jika Anda ingin membeli mobil secara kredit, carilah leasing yang terpercaya dan mengetahui tingkat suku bunga.

 

Anda bisa menggunakan uang hasil penjualan atau tukar tambah mobil lama sebagai uang muka, atau menjadi tambahan biaya ketika ingin mendapatkan mobil secara tunai.

 

Baca juga: 6 Tips Mendapatkan Cicilan Ringan Saat Beli Mobil Baru

 

Bila perlu, bandingkan harga yang ditawarkan oleh leasing yang satu dengan lainnya, agar Anda mendapatkan harga yang rasional. Jangan langsung percaya dengan leasing yang menawarkan harga sangat murah dan memberikan banyak bonus. Ada baiknya untuk memastikan dulu kebenarannya.

 

Setelah itu, bila memilih pembayaran secara kredit, hitung berapa cicilan yang harus Anda bayar setiap bulannya. Apabila kesulitan, Anda dapat menggunakan fitur kalkulator kredit yang ada di Seva.id. Bukan hanya itu, Anda juga bisa mendapatkan mobil baru atau bekas yang sesuai dengan kebutuhan Anda di Seva.id.

 

Lalu, Seva.id juga memberikan layanan yang memudahkan Anda untuk mendapatkan mobil baru dengan metode pembayaran kredit, tunai, dan tukar tambah. Jadi, Anda tidak perlu repot-repot mengunjungi dealer, cukup kunjungi Seva.id dan semuanya akan berjalan dengan lancar.

 

Bukan hanya itu, Seva.id juga menyediakan layanan lain, seperti booking service, test drive, serta promo-promo menarik yang bisa Anda dapatkan disini. Oleh karena itu, jika sedang mencari mobil yang sesuai dengan kebutuhan Anda, langsung kunjungi Seva.id dan nikmati semua benefitnya.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.