Search Cars

Uncategorized

Kapankah Waktu Terbaik untuk Memulai Perjalanan Liburan?

Menjelang libur akhir tahun Anda pasti tidak asing dengan perjalanan liburan. Waktu yang dipilih mayoritas masyarakat untuk memulai perjalanan pun berbeda-beda. Namun manakah waktu terbaik untuk memulai perjalanan? Berikut ulasannya!

cara mengemudi salah

Tak bisa dipungkiri, besarnya volume kendaraan di jalan menuju kota-kota tujuan liburan akhir tahun menjadi pemandangan yang tidak asing saat liburan akhir tahun tiba. Antrean kendaraan di ruas tol, kemacetan-kemacetan yang terjadi di persimpangan jalan akan Anda temui saat perjalanan liburan. Hal itu pun tidak mengenal waktu, kemacetan bisa terjadi baik saat pagi maupun malam hari.

 

Kondisi tersebut terkadang membuat Anda bingung, kapan waktu yang tepat untuk memulai perjalan liburan Anda. Mengemudi saat pagi hari atau malam hari tentunya tidaklah sama, ada segelintir perbedaan yang akan dirasakan oleh pengemudi. Jadi, sebenarnya kapankah waktu terbaik untuk memulai perjalanan?

Sesuaikan dengan jam biologis

Demi keamanan dan kenyamanan perjalanan liburan Anda, pastikan Anda benar-benar mengetahui mana waktu yang terbaik untuk memulai perjalanan. Terlebih jika Anda akan melakukan perjalanan liburan dengan jarak tempuh yang panjang dan memakan waktu yang lama. Anda bisa sesuaikan jam biologis dan kemampuan mengemudi Anda.

 

Baca juga: Tips Persiapan Liburan Akhir Tahun Biar Makin Menyenangkan

 

Jam biologis sendiri merupakan ritme sirkadian, dimana jam biologis akan mengikuti segala perubahan pada aktivitas fisik, mental, dan perilaku manusia dalam siklus 24 jam. Selain diatur oleh faktor alami di dalam tubuh manusia seperti saraf suprachiasmatic (SCN) pada otak, biasanya ritme ini dipengaruhi oleh kondisi cahaya di lingkungan sekitar seseorang.

 

Setiap organ tubuh memiliki jadwal-jadwal tertentu saat organ tersebut bekerja lebih maksimal atau justru beristirahat. Memahami jadwal dan ritme tubuh sendiri akan sangat baik untuk membantu meningkatkan kinerja perjalanan. Oleh karena itu, Anda harus benar-benar mengenali jam biologis Anda sendiri.

 

Perhatikan faktor risiko berkendara

Risiko berkendara siang atau malam hari kurang lebih memiliki faktor resiko yang sama. Salah satu perbedaan kontras yang akan Anda alami dari mengemudi malam atau siang hari adalah dari segi pencahayaan. Pada pagi hari, Anda akan mendapatkan cahaya alami dari sinar matahari untuk berkendara. Selain itu, matahari juga belum terlalu terik sehingga bisa lebih nyaman saat berkendara.

 

Baca juga: Pilihan Mobil Bekas untuk Road Trip di Liburan Akhir Tahun

 

Sementara saat malam hari, Anda tidak mendapatkan pencahayaan alami layaknya saat pagi ataupun siang hari. Anda hanya mengandalkan lampu depan serta penerangan jalan yang tersedia. Beruntung bila jalanan yang dilewati dilengkapi dengan penerangan jalan yang memadai. Tapi, jika jalanan tidak memiliki penerangan yang cukup, maka Anda harus benar-benar fokus mengendarai kendaraan. Apalagi penggunaan lampu sorot jauh harus dihindari agar tidak mengganggu pengemudi lainnya.

kecelakaan mobil

Pertimbangkan kondisi lalu lintas

Hal lain yang harus Anda perhatikan adalah kondisi lalu lintas. Saat malam tiba kondisi lalu lintas memang cenderung lebih lengang jika dibandingkan dengan saat pagi hari. Sehingga memungkinkan Anda untuk mempersingkat waktu perjalanan. Namun, hal itu tidak berarti bahwa pada pagi hari Anda tidak akan mendapati lalu lintas yang padat. Ada baiknya sebelum memulai perjalanan liburan, Anda mencari informasi lalu lintas terlebih dahulu. Hal ini dapat menghindari diri Anda dari kemacetan panjang.

 

Nah, setelah membaca ulasan di atas menurut Anda manakah waktu terbaik untuk memulai perjalanan? Kapanpun pilihan waktu yang Anda pilih tetap pastikan jika Anda dan kendaraan berada pada kondisi prima.

 

Sebelum melakukan perjalan liburan, ada baiknya Anda melakukan pengecekan dan servis di bengkel resmi. Anda tidak perlu repot saat ingin melakukan servis, karena Anda bisa menggunakan fitur booking servis yang ada di Seva.id . Segera kunjungi Seva.id dan jangan lupa untuk selalu merawat kendaraan Anda agar selalu dalam kondisi prima.

 

Booking Service 

 

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.