Search Cars

Otomotif

Makanan dan Minuman Ini Bisa Bikin Anti Ngantuk Saat Nyetir

Ngantuk saat nyetir juga dapat membahayakan pengguna jalan lain. Untuk mencegahnya, yuk coba makanan dan minuman berikut ini.

Selain mengganggu kenyamanan, munculnya rasa kantuk saat berkendara juga bisa mengganggu keamanan. Jika dipaksakan, rasa kantuk ini bisa menimbulkan microsleep atau tertidur sekejap.

Orang yang mengalami microsleep akan hilang perhatian dan kesadaran yang disebabkan rasa lelah atau mengantuk berat.

Terlebih jika melakukan perjalanan jarak jauh, microsleep cenderung lebih rawan terjadi. Kejadian ini pada umumnya hanya berlangsung sekitar 1 detik hingga 30 detik.

Baca juga: Cara Meningkatkan Konsentrasi Berkendara Saat Menjalankan Puasa

Untuk mengantisipasi munculnya kantuk di saat bepergian, ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

Selain memperhatikan waktu istirahat, banyak pengendara yang mengandalkan kopi atau minuman berenergi untuk menghilangkan rasa kantuk.

Namun, sayangnya kopi dan minuman berenergi bukanlah minuman yang bisa diminum oleh semua orang, seperti penderita asam lambung dan maag.

Selain itu, sebaiknya hindari konsumsi kopi dan minimum berenergi yang berlebih, sebab dapat membahayakan kesehatan.

Untuk itu, agar tak ngantuk saat nyetir, berikut makan dan minum yang bisa kamu andalkan.

makanan pencegah kanker

Makanan segar

Mengkonsumsi makanan segar yang tinggi nutrisi seperti buah dan sayur akan sangat membantu tubuh kita menjadi segar dan anti ngantuk, terlebih jika matang secara alami.

Selain itu, makanan berprotein tinggi juga dapat membantu tubuh kita menyimpang lebih banyak tenaga. 

Daging merah merupakan sumber protein yang baik, namun mengandung lemak jenuh. Daging yang lebih rendah kadar lemaknya seperti ayam dan ikan juga memiliki kadar protein yang baik.

Baca juga: Peraturan Larangan Mudik 2021 Resmi Diterbitkan Pemerintah

Sumber terbaiknya adalah ikan yang tinggi asam lemak omega-3, misalnya adalah ikan salmon. Selain tinggi protein, lemak baiknya menyehatkan jantung.

Oleh karenanya, pilihlah makanan segar yang kaya akan nutrisi agar tubuh lebih bugar, nyetir jadi lebih fokus dan anti ngantuk. Kemudian, perhatikan pula cara memasaknya, agar kandungan nutrisi yang ada di dalamnya tidak rusak.

Telur

Makanan yang bisa bikin kamu tidak ngantuk saat nyetir selanjutnya adalah telur.

Protein hewani ini memberikan sumbarangan besar untuk mencukupi kebutuhan gizi kita, apalagi jika dibarengi dengan mengkonsumsi karbohidrat.

Selain itu, telur juga memproduksi asam amino yang dapat melengkapi protein yang dibutuhkan tubuh.

Makanan dan Minuman Ini Bisa Bikin Anti Ngantuk Saat Nyetir

Kacang-kacangan

Kacang merupakan salah satu makanan terbaik untuk menghilangkan kantuk sekaligus menghilangkan lapar.

Sebab, di dalam kacang-kacangan terkandung vitamin B, protein, dan karbohidrat kompleks yang dapat meningkatkan energi tubuh selama perjalanan jauh.

Tidak hanya itu, karbohidrat kompleks juga sangat baik dikonsumsi agar badan tak mudah lapar dan lemas saat mudik. 

Baca juga: Mudik Dilarang, Budgetnya Mending Buat Beli MPV Mewah Bekas

Namun, sebelum mengkonsumsinya pastikan dulu kacang-kacangan yang kamu santap rendah atau bebas garam agar maksimal kadar nutrisinya.

Makanan dan Minuman Ini Bisa Bikin Anti Ngantuk Saat Nyetir

Roti Gandum

Gandum mengandung karbohidrat yang dapat menggantikan nasi. Mengkonsumsi roti gandum bisa membuat puasamu tidak lemas loh.

Kamu bisa memadukannya dengan membuat seperti sandwich dicampur dengan sayur sayuran ataupun telur. Selain itu bagi kamu yang sedang diet roti ini bisa menjadi alternatif nih agar badan tidak lemas ketikan lebaran.

Makanan dan Minuman Ini Bisa Bikin Anti Ngantuk Saat Nyetir

Air Minum

Kalau tadi sudah bahas makanan, sekarang beralih ke minuman. Agar tubuh tak lemas dan ngantuk saat nyetir, cara termudah yang bisa kamu lakukan adalah menjaga hidrasi tubuh dengan meminum air yang cukup.

Baca juga: Harga Mobil Hatchback Terbaru untuk Persiapan Lebaran 2021

Secara otomatis, tubuh akan lebih segar setelah meminumnya. Jadi, untuk menghilangkan ngantuk, ganti dulu kopi dengan minuman sederhana ini.

Makanan dan Minuman Ini Bisa Bikin Anti Ngantuk Saat Nyetir

Air kelapa

Selain air mineral, air kelapa juga bisa kamu andalkan agar lebih segar dan terhindar dari rasa kantuk. Selain itu, air kelapa juga mengandung berbagai nutrisi, mineral, dan antioksidan yang bermanfaat untuk tubuh.

Untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal, pastikan Anda mengonsumsi air kelapa segar yang tidak diberi pemanis tambahan.

Mengingat saat ini umat Islam sedang menjalani puasa, pilihan makanan dan minuman tersebut bisa kamu jadikan menu sahur agar tidak mudah ngantuk saat menjalani aktivitas sembari puasa. 

Selain menjaga asupan, agar tak mudah ngantuk, jangan lupa untuk memperhatikan jam tidur kamu, ya.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.