Lionel Messi Tinggalkan Barcelona, Bikin Keuangan Klub Membaik?

By Ferdi Julias - Agustus 6, 2021

Bagaimana nasib keuangan klub setelah Lionel Messi tinggalkan Barcelona? Berikut ulasannya.

lionel messi tinggalkan barcelonaSelang beberapa waktu dari pengumuman Valentino Rossi pensiun dari MotoGP, berita mengejutkan lainnya datang dari dunia sepak bola, yaitu Lionel Messi tinggalkan Barcelona.

Hal ini sungguh di luar dugaan penggemar sepak bola dunia, khususnya fans Barcelona, karena Messi sudah membela klub Catalan itu sejak 21 tahun silam.

Baca juga: Valentino Rossi Pensiun dari MotoGP, Apa Rencana Setelahnya?

Padahal, belum lama masa depan Messi di Barcelona terlihat sudah terselesaikan, apalagi saat kedatangan rekan senegaranya, Sergio Aguero. Messi tampaknya bakal bertahan di Barca.

Sebenarnya, Barca sudah menggelar pertemuan khusus dengan pemain terbaik dunia 6 kali ini pada Kamis (5/8/2021) untuk membicarakan kontraknya.

Tetapi, pertemuan bertajuk makan siang itu tidak berjalan mulus karena Barcelona dan Messi menemui jalan buntu yang sulit dijebol.

Baca juga: Ini Deretan Koleksi Mobil Mewah Lionel Messi

Akhirnya, pada 00.51 WIB, Barcelona resmi mengeluarkan pernyataan di akun sosial media mereka.

“LATEST NEWS| Leo #Messi will not continue with FC Barcelona,” tulis @FCBarcelona di sosial media.

Menurut kabar yang beredar, perpanjangan kontrak Messi tidak dapat terjadi karena kendala finansial serta regulasi Liga Spanyol, yang sempat membuat pihak Barca dan Messi kecewa.

Apakah keuangan klub akan membaik setelah Lionel Messi tinggalkan Barcelona?

Berdasarkan laporan keuangan Barcelona yang dirilis Senin (26/7/2021), angka yang tertulis seakan melukiskan gambaran meresahkan bagi raksasa sepak bola Spanyol itu.

Bahkan, dikutip dari insider.com, beberapa surat kabar Spanyol berspekulasi bahwa Barca hampir bangkut.

Baca juga: Valentino Rossi Pensiun, Sirkuit Mandalika Hampir Selesai

El Mundo misalnya, yang mengklaim modal kerja negatif Barcelona lebih dari $729 juta atau sekitar Rp10,5 triliun berdasarkan pada laporan keuangan mereka.

Angka ini yang membuat media-media Spanyol meragukan masa depan tim asuhan Ronald Koeman itu.

Kemudian, data menunjukkan bahwa saat ini klub mengalami masalah keuangan yang cukup serius, di mana bisnis beroperasi di bawah angka yang seharusnya.

Barcelona merugi $117 juta di 2020

Pada tahun sebelumnya, Barcelona melaporkan telah merugi sekitar $117 juta (Rp1,7 triliun), dampak dari pandemi virus corona.

Lalu, keuangan klub juga menunjukkan bahwa Barcelona memiliki total utang $1,4 miliar, yang $322 juta dari utang tersebut harus dibayarkan ke bank pada akhir Juni lalu.

Baca juga: 4 BMW M8 Bisa Dibeli Cash Bila Jadon Sancho Pindah ke Manchester United

Bukan cuma itu, tanggungan utang senilai lebih dari $562 juta ikut menjadi beban klub karena harus dibayarkan dalam jangka waktu singkat, termasuk utang transfer kepada tim lain sebesar $237 juta.

Seperti yang diketahui, Barcelona masih memiliki utang yang tidak sedikit kepada beberapa klub, misalnya $35 juta (Rp502 miliar) kepada Liverpool dalam pembelian Philippe Coutinho tahun 2018.

Lalu $19 juta (Rp273 miliar) kepada Ajax ketika mendatangkan Frenkie de Jong di 2019.

Belum lagi utang kepada Bourdeaux, Gremio, dan Bayern Munchen (Bayern Munich) ketika membeli Malcom, Arthur, serta Arturo Vidal, meskipun semua pemain tersebut sudah pindah ke klub baru.

Baca juga: Mobil Paling Mewah Pemain Sepak Bola Dunia, Siapa Paling wah?

Jadi, hengkangnya Messi dari Barcelona memang meringankan beban klub. Pasalnya, pemain berkebangsaan Argentina ini memiliki gaji $2,9 juta atau Rp41,6 miliar per pekan.

Ini menjadikan Messi sebagai pemain sepak bola dengan gaji tertinggi di dunia, mengalahkan Cristiano Ronaldo, Neymar, dan Kylan Mbappe.

Messi tinggalkan Barcelona belum sepenuhnya menjadi solusi keuangan klub

Namun, perkara Lionel Messi tinggalkan Barcelona belum sepenuhnya mengurangi beban utang klub dalam waktu dekat.

Barca harus bekerja ekstra keras untuk menstabilkan keuangan. Kabarnya, ada beberapa pemain bintang yang akan dilepas pada musim panas ini.

Nama yang sangat santer terdengar adalah Antoine Griezmann. Pemain internasional Prancis ini digaji Rp49 miliar per bulan.

Baca juga: Supercar Cristiano Ronaldo yang Cuma Ada 10 Unit di Dunia

Griezmann dianggap tidak memberikan kontribusi maksimal, maka dari itu Barcelona berniat untuk menjualnya musim ini demi mengurangi beban keuangan.

Menarik untuk ditunggu, klub mana yang akan jadi pelabuhan setelah Antoine Griezmann dan Lionel Messi tinggalkan Barcelona.

Kabarnya, ada 5 klub tajir yang sanggup memenuhi tuntutan gaji Griezmann dan Messi, yaitu PSG, Manchester United, Manchester City, Chelsea, dan Bayern Munchen.

Menurut kamu, klub tajir mana yang akan menampung dua pemain beken ini?

Berita Terkait

Author