Search Cars

Travel & Lifestyle

5 Tips Fotografi Traveling Biar Foto Makin Keren

Suka foto-foto saat traveling? Coba ikuti tips fotografi traveling ini supaya bisa abadikan momen-momen terbaik!

fotografi travelingFotografi dan traveling memang tak bisa dipisahkan. Kalau jalan-jalan atau traveling kemana pun, pasti tidak akan pernah lupa buat ambil foto, apalagi hobimu memang seputar fotografi traveling.

 

Sekarang, fotografi traveling jadi lebih mudah, karena smartphone sudah punya kamera yang canggih. Namun, gimana caranya ya supaya bisa mengabadikan momen terbaik saat traveling?

 

Tenang, ini beberapa tips yang bisa kamu ikuti agar fotografi traveling-mu jadi lebih keren.

 

Kenali kamera dan peralatan fotografi yang digunakan

Kamera apapun bisa digunakan kok untuk memotret saat traveling, mirrorless, DSLR, atau smartphone itu pilihan pribadi. Namun, pastikan untuk benar-benar mengetahui fungsi yang ada di kamera kamu, seperti pengaturan shutter speed, ISO, aperture, focus, dan sebagainya.

 

Baca juga: Tips Menghasilkan Foto Bagus dengan Kamera Smartphone dalam Keadaan Low Light

 

Selain itu, pilihlah lensa sesuai kebutuhan memotret kamu bila menggunakan mirrorless atau DSLR. Bila mau fleksibel, dalam artian bisa digunakan untuk memotret lanskap dan memotret objek dari jauh, sebaiknya gunakan lensa 18-200 mm.

 

Lensa bawaan dari kamera seperti lensa 18-55 mm juga bisa digunakan kok jika kamu nggak mau ribet.

 

Jangan lupa siapkan cadangan baterai dan memory card untuk berjaga-jaga kalau rusak atau kapasitasnya habis. Bila perlu, siapkan pula tripod supaya bisa mengambil gambar dengan stabil dan bermain teknik long exposure.

Lakukan riset tempat yang ingin dikunjungi

Melakukan riset sebelum mengunjungi tempat yang ingin didatangi itu penting banget. Maka dari itu, lebih baik cari tahu dulu informasi soal kondisi setempat, seperti cuaca dan medan yang akan dihadapi.

 

Selain itu, riset juga soal budaya dari tempat yang ingin dikunjungi, terutama jika fotografi traveling di luar negeri atau daerah pedalaman. Ketahui lebih dulu apakah memotret tempat tersebut diperbolehkan atau tidak, serta tips dan trik untuk mendekati orang-orang di tempat tersebut.

 

Baca juga: Coba Foto Mobil Anda dengan Tips Ini untuk Hasil yang Maksimal

 

Penting juga lho untuk melakukan riset soal foto-foto yang sudah diambil di destinasi tujuan, supaya nanti ketika foto-foto bisa eksplor angle atau sudut pandang yang berbeda dari foto yang sudah ada.

 

Faktor pencahayaan sangat penting

Cahaya merupakan elemen paling penting dalam fotografi, termasuk fotografi traveling. Pada saat kamu mengambil gambar, sebisa mungkin hindari pemakaian flash dan selalu gunakan pencahayaan natural alias cahaya matahari.

 

Waktu terbaik untuk memotret adalah ketika matahari terbit dan tenggelam, atau yang sering disebut sebagai golden hour. Kenapa begitu?

 

Pancaran cahaya matahari pada waktu tersebut, sekitar pukul 06.00 – 09.00 WIB dan 15.00 – 17.30 WIB, akan menghasilkan pantulan hangat pada subjek foto sehingga bisa menghasilkan foto yang indah. Sedangkan gambar yang diambil pada saat siang hari akan cenderung terlihat datar atau flat.

Hormati subjek yang difoto dan lingkungan sekitar

Penting sekali untuk menghargai atau menghormati subjek yang akan difoto. Jadi, kalau mau foto, sebaiknya izin terlebih dulu. Lakukan pendekatan secara perlahan seperti mengajak ngobrol subjek dan orang-orang sekitar lokasi.

 

Selain itu, penting juga untuk menghargai keberadaan orang lain saat kamu sedang memotret. Misalnya, kalau mau mengambil foto, jangan sampai menghalangi atau mengganggu orang lain.

 

Jangan cepat merasa puas

Jika sudah mendapatkan foto yang bagus, jangan cepat puas ya. Cobalah untuk terus mengeksplor tempat, angle, setting-an kamera, dan peka terhadap apa yang ada di sekitarmu.

 

Baca juga: Trik Fotografi Ini Akan Membuat Foto Mobil Semakin Keren

 

Perhatikan detail-detail objek yang ada di sebuah tempat, misalnya seperti bentuk bangunan, tanaman, tekstur, makhluk hidup, dan lain sebagainya. Semakin banyak foto yang diambil, semakin mudah untuk menemukan berbagai detail objek dan memperbanyak stok fotomu.

 

Itu dia beberapa tips penting yang mungkin perlu kamu ketahui soal fotografi traveling, supaya #BikinKamuSiap mengabadikan momen-momen keren di manapun kamu traveling.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.