Liburan Keluarga Bersama Anak Lebih Seru dengan 9 Tips Ini

Liburan bersama anak belakangan ini menjadi tren baru, Anda sebagai orangtua pun semakin bangga memamerkan foto anaknya di media sosial saat berkunjung ke sebuah destinasi wisata, terlebih yang jarang dikunjungi turis.

 

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat pergi liburan bersama anak, berikut tips agar liburan semakin seru:

 

1. Tentukan Destinasi

Sebelum berangkat, Anda sebaiknya memastikan destinasi yang akan dikunjungi, karena hal ini akan berkaitan dengan pakaian apa yang perlu disiapkan untuk buah hati. Berkunjung ke pegunungan atau daerah yang sejuk, Anda harus menyiapkan jaket dan pakaian hangat, sedangkan jika ke daerah pantai atau perkotaan yang cenderung panas cukup membawa kaos dan celana pendek.

 

Cek juga ramalan cuaca di tempat tujuan agar siap dengan berbagai kemungkinan, seperti membawa jas hujan, topi, atau bahkan jaket anti-air.

 

2. Biarkan anak bereksplorasi

Saat menyusun rencana perjalanan, Anda hendaknya memasukkan tempat tujuan wisata yang mengandung unsur edukasi seperti museum atau kebun binatang. Selain menyenangkan, tentunya perjalanan akan memberi kesan untuk anak karena menambah ilmu pengetahuannya. Biarkan anak bereksplorasi untuk mengasah rasa ingin tahunya. Di sisi lain, Anda dapat berperan seperti seorang pemandu dengan menjelaskan dan menjawab pertanyaan yang akan anak berikan.

 

3. Jangan packing dadakan

Seminggu sebelum berangkat, mulailah memisahkan baju dan perlengkapan yang akan dibawa. Bila ada barang penting yang dibutuhkan tapi belum punya, masih sempat untuk membeli. Satu hari sebelum berangkat, masukkan semua barang yang telah disiapkan ke dalam tas atau koper, sekaligus mengecek kelengkapan. Sebaiknya buat daftar agar tidak ada yang terlewat.

4. Membawa tas terpisah

Jika semua pakaian berada di dalam koper, ada baiknya Anda menyiapkan tas kecil yang dapat dibawa ke kabin. Tas tersebut dapat diisi dengan kebutuhan anak, misalnya baju ganti, popok sekali pakai buang, botol minum, obat-obatan, buku, hingga mainan untuk mengusir rasa bosan saat dalam perjalanan.

 

5. Perhatikan kondisi fisik

Selain membekali anak dengan vitamin dan obat-obatan pribadi, selama liburan, Anda juga harus memperhatikan kondisinya. Kekuatan fisik orang dewasa dan anak tentunya berbeda. Tak hanya itu, Anda juga perlu memperhatikan jadwal makan dan istirahat anak. Jika terlalu lelah, lapar, dan kekurangan waktu tidur, anak akan cenderung rewel yang dapat mengganggu kesenangan liburan.

 

Jangan buat jadwal terlalu padat dan patuhi jam makan dan istirahat mereka sehari-hari di rumah. Misalnya, jika mereka biasa tidur pukul 20:00, selambatnya pukul 21:00 sudah harus sampai hotel agar dapat cukup beristirahat.

6. Perlukah Stroller?

Mendudukkan anak di stroller memang akan mengurangi kerepotan Anda, terlebih jika anak sedang dalam masa aktif yang inginnya selalu berlari. Bepergian dan liburan adalah momen belajar, termasuk memberikan kebebasan anak untuk bergerak. Kalau tetap ingin membawa stroller, bawa saja yang ringkas, dan hendaknya Anda membatasi penggunaannya hanya untuk anak beristirahat jika sudah lelah berjalan.

 

7. Lihat Sudut Pandang Anak

Mengabadikan tingkah laku dan pose anak yang lucu dengan kamera saat liburan tentunya akan membuat hati Anda bahagia. Namun sebaiknya, sesekali berikanlah kesempatan pada anak untuk memegang kamera, ajarkan bagaimana cara mengoperasikannya. Dengan itu Anda dapat melihat momen-momen seru saat liburan dari sudut pandang anak.

8. Utamakan Kenyamanan

Selama liburan bersama anak, hendaknya Anda memesan hotel yang juga nyaman untuk mereka. Tidak harus mewah, anak-anak biasanya akan senang jika di hotel ada fasilitas kolam renang atau kids’ corner yang menyediakan ragam permainan.

Tak hanya itu, untuk transportasi, orangtua dapat menyewa kendaraan pribadi, namun anak juga akan senang bila diajak naik kendaraan umum seperti becak, dokar, atau bus.

Setelah menyimak tips di atas, sudahkah Anda merencanakan liburan bersama anak dalam waktu dekat?