Search Cars

Travel & Lifestyle

Liburan, Coba Simak Dulu 11 Pantai Cantik di Lombok Ini

Pantai merupakan spot atau lokasi wisata favorit para traveller untuk menikmati liburan. Melihat dan menikmati keindahan alam di pantai menjadi kepuasan tersendiri yang sulit tergantikan.

Indonesia sebagai negara kepulauan memiliki ribuan spot pantai yang indah dengan deburan ombak yang menggoda. Pantai di Lombok, Nusa Tenggara Barat salah satunya.

Pantai di Lombok merupakan surga bagi penyuka pantai maupun gunung. Pantainya memang cantik, dan yang membuatnya “menang skor” dari Bali adalah mayoritas pantai di sini tersembunyi dan jauh dari keramaian dengan pemandangan bak kartu pos.

Berikut adalah deretan pantai di Lombok yang jangan sampai Anda lewatkan jika liburan ke pulau ini.

pantai senggigiPantai Senggigi

Pantai terpopuler di Lombok ini berada di sisi barat pulau, dan meski tidak sebesar pantai-pantai lainnya di Bali, namun pemandangan di sini pun tak kalah indah, sehingga banyak turis yang sekadar berjemur di sini ataupun bermain air dan snorkeling karena ombaknya tidak terlalu besar. Di sini jugalah banyak terdapat pilihan akomodasi, mulai dari vila mungil hingga resor mewah, selain juga di sekitarnya dipadati restoran, bar, dive center, dan toko suvenir.

pantai sekotongPantai Sekotong

Terletak di Kecamatan Sekotong, Lombok Barat, sekitar dua jam berkendara dari Mataram, pantai berpasir putih ini dikelilingi oleh perbukitan dan pepohonan hijau, serta masih perawan karena belum banyak diketahui turis. Bila ingin menyepi, di sinilah tempatnya! Pantai ini juga bisa dikunjungi untuk menyeberang ke Gili Nanggu.

pantai bangko bangkoPantai Bangko-bangko (Desert Point)

Terletak di Kecamatan Sekotong, pantai ini merupakan surganya para peselancar dari dalam maupun luar negeri. Demi menaklukkan ombak di sini, mereka rela menginap dalam durasi panjang di pondok-pondok sederhana yang tersedia di tepi pantai. Salah satu destinasi favorit untuk berselancar ini juga terkenal karena memiliki jenis ombak khas, yakni Ombak Kiri di mana peselancar yang terdorong ombak hanya dapat meluncur ke sisi kiri.

Desert Point juga disebut-sebut memiliki ombak terbaik di dunia dengan dinding ombak sepanjang hingga 300 meter yang cekung dan dapat bertahan selama 10 hingga 20 detik. Waktu terbaik berkunjung ke Desert Point adalah Mei hingga Oktober. Peselancar pemula disarankan untuk menghindari berselancar di sini karena ombaknya cukup berbahaya.

pantai tanjung bloamTanjung Bloam

Selain tak banyak orang tahu, akses menuju tempat ini juga melalui jalan yang belum beraspal dengan pemandangan tandus. Dapat diakses dari Mataram selama sekitar 2,5 jam, tanjung yang berada di Lombok Barat ini memiliki salah satu pantai tercantik dengan julangan tebing dan hamparan pasir putih di satu sisi serta perairan jernih dan bebatuan di sisi lain.

Bagi penggemar fotografi, pastikan untuk naik ke puncak bukit demi mengabadikan pemandangan tebing dan bebatuan cadas yang dramatis.

pantai tangsi pink beachPantai Tangsi (Pink Beach)

Terletak di Dusun Temeak, Desa Serewe, Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur, atau 82 kilometer dari pusat kota Mataram, pantai ini terkenal karena pasir putihnya yang bercampur serpihan terumbu karang berwarna merah, sehingga jika terkena terpaan sinar matahari pagi atau sore, butiran-butiran pasirnya menampilkan warna merah muda.

Akomodasi masih minim di sini, namun pengunjung dapat berkemah atau sekadar berpiknik sambil menikmati pemandangan.

pantai mericaPantai Kuta

Dijuluki Pantai Merica karena memiliki pasir sehalus bubuk merica, pantai di Lombok Tengah ini merupakan tempat digelarnya upacara Bau Nyale setiap Februari atau Maret di mana masyarakat berlomba-lomba menangkap nyale (cacing laut) sebanyak-banyaknya. Karena ombaknya besar, kawasan pantai ini lebih populer di kalangan peselancar.

pantai tanjung aanPantai Tanjung Aan

Pantai ini berhadapan dengan Samudra Hindia dengan garis pantai sepanjang dua kilometer. Terletak tiga kilometer dari Pantai Kuta, butiran pasir di sini mirip merica dengan warna putih, kuning kecokelatan, hingga hitam, sementara perairannya cukup tenang dan relatif dangkal, sehingga cocok untuk berenang.

Menjelang sore ketika permukaan air laut mulai naik, banyak peselancar berdatangan untuk menaklukkan ombak. Selain bersantai dalam teduhnya payung kayu beratap rajutan jerami sambil menikmati kelapa muda yang dijual di sekitar pantai, pengunjung juga dapat menaiki bukit untuk menikmati panorama pantai dari ketinggian.

pantai selong belanakPantai Selong Belanak

Berhadapan dengan Samudra Hindia dan memiliki garis pantai berbentuk bulan sabit sepanjang satu kilometer, sisi selatan pantai ini merupakan pemukiman nelayan dengan deretan kapal yang disewakan bagi wisatawan, sementara sisi utara yang bebas aktivitas penduduk setempat menawarkan tempat untuk bersantai, berjemur, ataupun berenang.

Untuk mengisi perut, warung-warung di sekitar pantai banyak menjual sate ikan. Dapat ditempuh dalam sekitar 90 menit perjalanan dari Mataram, akses menuju pantai ini telah relatif baik, walau bakal naik turun di 15 kilometer terakhir.

pantai mawunPantai Mawun

Dikellilingi dua bukit, pantai yang terletak 20 menit berkendara dari Kuta dan hanya sembilan kilometer dari Pantai Selong Beranak ini sangatlah sepi, sehingga menyenangkan untuk duduk-duduk di tepi pantai sambil bermain air seharian. Pengunjung juga dapat trekking ke puncak bukit untuk menikmati panorama Samudra Hindia dari ketinggian.

pantai sirePantai Sire

Terletak 43 kilometer dari Mataram, pantai ramah keluarga ini memiliki pasir lembut dan perairan tenang, sehingga cocok untuk anak-anak yang ingin berenang. Snorkeling, bermain kano, memancing, dan bermain golf pun dapat dilakukan di sini.

Bila cuaca cerah, Memiliki hamparan rumput dan deretan pohon kelapa, di sini kerap terlihat wisatawan berpiknik sembari menikmati pemandangan pantai menawan ini. Bila hari cerah, Gunung Rinjani pun terlihat dari pantai ini.

teluk ekasTeluk Ekas

Dapat diakses dengan berkendara sejauh 75 kilometer dari Mataram, teluk ini memiliki deretan pantai menawan dengan perairan tenang yang berair jernih dan berombak lembut, sehingga cocok untuk berenang, snorkeling, dan memancing. Jangan lupa membawa peralatan snorkeling dan memancing sendiri, karena tidak ada fasilitas penyewaan peralatan di sini.

Selain itu, pengunjung juga dapat tinggal bersama nelayan setempat untuk mengetahui keseharian mereka dalam menangkap dan membudidayakan ikan di puluhan pondok apung dengan sampan untuk menangkar ikan kerapu dan udang yang akan dijual ke seluruh Lombok dan Bali.

Jadi, pantai mana saja yang sudah Anda kunjungi atau ingin dikunjungi bila nanti liburan ke Lombok lagi?

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.