Search Cars

Tips & Rekomendasi

Lebih Berbahaya Ban yang Kekurangan atau Kelebihan Angin?

Tidak jarang ban mobil kekurangan atau kelebihan angin saat digunakan. Dua-duanya berbahaya, namun ada yang lebih beresiko.

Tekanan angin ban memiliki peranan penting untuk menunjang kinerja mobil, terlebih jika dipakai setiap hari oleh pemiliknya. Ban membutuhkan angin yang cukup agar dapat bekerja dengan maksimal.

 

Oleh karena itu, pemilik mobil harus memastikan tekanan angin ban sudah sesuai dengan rekomendasi yang diberikan pabrikan. Namun, kadang-kadang ada juga pemilik mobil yang lupa dengan tekanan angin ban mobilnya, sehingga membuat ban kekurangan atau kelebihan angin.

 

Apabila itu terjadi mobil pasti akan terasa kurang nyaman saat dikendarai. Bukan itu saja, tekanan angin yang kurang atau lebih dapat menimbulkan resiko berbahaya, seperti pecah ban, selip, dan lain-lain.

Tetapi, jika sudah terlanjur, mana yang lebih berbahaya? Berkendara dengan ban yang kurang atau kelebihan angin?

 

Menanggapi hal tersebut, Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), mengatakan, bahwa ban yang kekurangan tekanan angin lebih berbahaya saat berkendara daripada kelebihan angin.

 

“Dua-duanya berbahaya, tapi lebih baik kelebihan angin daripada kekurangan,” ujar Sony saat dihubungi oleh Seva.id (19/3).

Ia melanjutkan, ban yang kelebihan angin akan lebih aman karena hanya berpotensi kehilangan grip saat berkendara. Sedangkan ban yang kekurangan angin, selain berpotensi selip, ban juga bisa pecah sehingga akan beresiko tinggi bagi pengendara.

 

Lalu, side wall ban akan rusak jika dibiarkan kekurangan angin secara konstan dan terus menerus. Ini menjadi salah satu penyebab pecahnya ban mobil.

 

“Tingkat selipnya sama saat bermanuver, karena ban akan dipaksa untuk menangkap grip yang baik. Tetapi yang harus diperhatikan adalah pecah ban, apalagi saat melewati jalan tol.” kata Sony.

 

Menurut Sony, resiko akan lebih tinggi jika ban yang kekurangan atau kelebihan angin dipakai di jalan tol. Pengendara yang sudah masuk jalan tol kebanyakan memiliki mindset untuk cepat sampai tujuan, mengingat mobil bisa melaju dengan kecepatan tinggi. Sehingga, peluang ban untuk selip atau pecah akan lebih tinggi lagi.

 

Perhatikan kualitas ban sebelum berkendara

memilih ban mobil untuk musim hujan

 

Selain mengecek tekanan angin, jangan lupa untuk memperhatikan kualitas ban terlebih dahulu untuk mengurangi resiko berbahaya saat berkendara.

 

Caranya yaitu dengan memeriksa keseluruhan sisi ban. Pastikan ban tidak terkena benda tajam seperti paku, pecahan kaca, baut, dan lain-lain yang akan menyebabkan kurangnya tekanan angin ban secara tiba-tiba.

 

Lalu, bersihkan ban dari kerikil-kerikil yang menyelip di antara alur ban. Kerikil tersebut dapat menyebabkan kebocoran jika dibiarkan. Pasalnya, ketika kendaraan bergerak, kerikil tersebut bisa menembus kompon permukaan ban dan berimbas kepada kurangnya tekanan angin ban. Ini yang biasanya disebut dengan bocor halus.

Selanjutnya adalah mengecek pentil ban, apakah ada kerusakan atau tidak. Apabila terjadi kerusakan, seperti longgar atau kendurnya pentil ban, maka angin dapat keluar secara tidak sengaja dan membuat ban mobil Anda kempis.

 

Untuk mengeceknya, gunakan air sabun dan guyur secukupnya ke pentil ban mobil Anda. Apabila terdapat gelembung, tandanya ada masalah pada pentil ban mobil Anda.

 

Terakhir, pastikan ban mobil Anda sudah memiliki Standar Nasional Indonesia (SNI) atau standar internasional. Ketika membeli ban, pastikan tanda SNI tercantum di ban tersebut. Setelah itu, pastikan juga ban yang Anda beli adalah ban baru, dalam artian bukan ban bekas atau vulkanisir.

Ban baru yang berlabel SNI tentunya dapat bertahan lebih lama daripada ban vulkanisir ketika kekurangan atau kelebihan angin, dan dapat menolong mobil untuk melaju lebih jauh sampai ke tempat pengisian angin.

 

Jadi, agar ban mobil tidak kekurangan atau kelebihan angin saat berkendara, cek terlebih dahulu sebelum Anda menggunakannya. Tekanan angin ban yang sesuai dengan rekomendasi pabrikan membuat mobil Anda nyaman dan aman saat dikendarai.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.