Search Cars

Tips & Rekomendasi

Lampu Indikator Suhu Mesin Menyala Tiba-tiba, Apa Masalahnya?

Bagaimana jika lampu indikator suhu mesin menyala tiba-tiba? Apa masalahnya? Yuk, simak selengkapnya di sini.

Selain mengecek kondisi mesin secara langsung, pengendara juga bisa mendeteksi kerusakan atau masalah pada mobil melalui lampu indikator yang biasanya disematkan pada panel meter.

Salah satu indikator yang tidak kalah penting, yaitu lampu indikator suhu mesin yang berperan sebagai penunjuk suhu atau temperatur mesin. 

Lampu indikator suhu mesin umumnya menandakan 3 hal. Pertama, jika lampu tersebut berwarna hijau atau biru artinya mesin dalam keadaan dingin.

Kemudian, jika berwarna merah berarti suhu mesin tinggi, dan jika tidak menyala berarti suhu mesin dalam keadaan yang ideal.

Ketika mesin dinyalakan ke posisi “ON”, pastikan kedua lampu indikator suhu (biru dan merah) sempat menyala kemudian mati.

Hal tersebut untuk memastikan kalau tidak terjadi malfungsi pada sensor maupun komponen lain dalam sistem pendinginan mesin atau lampu indikator.

Baca juga: Komponen Mobil yang Bisa Rusak Setelah Menghantam Lubang

Namun, pernahkah kamu mendapati lampu indikator tersebut menyala secara tiba-tiba saat berkendara?

Ternyata, hal tersebut merupakan tanda kalau terjadi overheat pada mesin atau temperatur mesin terlalu panas. Lalu apa penyebabnya?

merawat radiator

Kondisi radiator

Mesin mobil yang panas bisa disebabkan oleh kondisi radiator yang tidak baik. Ada beberapa kondisi yang bisa menimbulkan panas pada mesin.

  1. Radiator yang bocor atau tersumbat.
  2. Terjadi kebocoran atau kemacetan yang menimbulkan kerak pada selang yang terhubung dengan radiator.
  3. Kualitas air radiator juga bisa mempengaruhi temperatur pada mesin. Banyak orang yang mengganti cairan radiator dengan air sumur, air tanah, dan air mineral biasa. Ketiga cairan tersebut mengandung logam dan mineral yang memicu penyumbatan sehingga mesin berpotensi untuk cepat panas.
  4. Naiknya temperatur juga dipicu oleh kipas radiator yang tidak bekerja dengan baik. Kipas radiator yang macet, melemah, switch yang rusak.

Kualitas oli

Selain radiator, kualitas oli juga dapat mempengaruhi temperatur mobil. Oli yang bermutu rendah tidak akan tahan terhadap panas mesin mobil sehingga akan menguap.

Kondisi itu bisa mengakibatkan mobil menjadi kehilangan intensitas pelumas serta komponen yang bergesekan akan menimbulkan panas yang berlebih atau overheat, kemudian mengirimkan sinyal sehingga lampu indikator suhu mesin pun akan menyala.

Tidak hanya itu, bukan hanya kualitas oli saja yang perlu diperhatikan. Kebocoran pada wadah dan selang oli juga bisa mengakibatkan mengurangnya oli secara drastis.

V-Belt atau tali kipas

Komponen lain yang memiliki peran penting dalam menjaga temperatur mesin mobil ialah V-Belt atau tali kapas. Jika tali kipas tidak bekerja dengan maksimal, panas mobil akan sulit untuk direduksi.

cara menangani mobil overheat

Dampak dari temperatur mesin yang terlalu panas 

Mesin mobil yang overheat berpotensi menimbulkan kerusakan pada beberapa komponen mobil, seperti kop silinder, piston, bantalan serta silinder mesin.

Selain itu, freon AC juga bisa terkuras habis karena suhu mobil yang terlampau panas.

Oleh karena itu, untuk menghindari hal tersebut ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan, salah satunya ialah dengan menggunakan air radiator yang tepat.

Baca juga: Sejarah Daihatsu Sirion, Fiturnya Lengkap untuk Keluarga 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya kalau air radiator merupakan salah satu faktor meningkatnya temperatur mesin.

Maka dari itu, gunakanlah air radiator yang tepat seperti cairan radiator coolant. Setelah itu, jangan lupa untuk mengganti air radiator secara berkala.

Selanjutnya, pastikan kamu memilih oli yang berkualitas bagus. Agar lebih aman, sebaiknya belilah oli di tempat resmi dan terpercaya.

Baca juga: Kenapa Lampu Sein Berkedip Sedangkan Lampu Rem Tidak?

Bila masalahnya adalah kebocoran pada radiator atau selang berkarat, tentunya pemilik mobil harus segera mengganti komponen-komponen yang terdapat dalam radiator. 

Saat mengganti radiator, pastikan menggantinya dengan radiator yang berkualitas. Jadi, membawa mobil ke bengkel resmi sangat disarankan.

Tak perlu khawatir soal waktu, ada layanan Booking Service dan Home Service dari Seva.id yang siap bantu kamu.

Booking Service

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.