Search Cars

Travel & Lifestyle

Lagu Didi Kempot Terambyar untuk Menemani Masa-masa Galaumu

The God Father of Broken Heart telah pergi meninggalkan penggemarnya. Namun, karya-karyanya akan tetap abadi. Rest in Love Didi Kempot.

lagu Didi Kempot terambyar

Kabar duka kembali menyapa dunia musik Indonesia. Maestro campur sari yang mendapat julukan The God Father of Broken Heart dari para penggemarnya, Didi Kempot, meninggal pada 5 Mei 2020 di Rumah Sakit Kasih Ibu Surakarta.

Penyanyi dan pencipta lagu dengan nama asli Dionisius Prasetyo yang lahir di Surakarta, 31 Desember 1966 ini diketahui menghembuskan nafas terakhir di usia 53 tahun.

Lagu-lagu Didi Kempot belakangan menjadi hits di kalangan anak muda dari berbagai daerah yang dikenal sebagai Sadboys (untuk laki-laki) dan Sadgirls (untuk perempuan) yang tergabung dalam Sobat Ambyar.

Walau kebanyakan menggunakan Bahasa Jawa, namun liriknya mudah dipahami karena hampir sebagian lagu yang ditulis dan dibawakan Didi Kempot bertema patah hati atau kehilangan.

Baca juga: Nostalgia Remaja 90-an di Lagu ‘Mobil Mama’ Glenn Fredly

Kedua tema tersebut memang sangat dekat dengan masyarakat, khususnya anak muda yang sedang merasakan putus cinta atau galau akibat ditinggal kekasih.

Ambyar dipilih oleh para Sadboys dan Sadgirl untuk menggambarkan perasaan yang sudah tidak karuan. Dalam artian, sudah perasaan dalam hati galau, ditambah mendengarkan lagu dari Didi Kempot, perasaan makin hancur.

Tidak sedikit Sobat Ambyar yang menangis saat Didi Kempot bernyanyi, untungnya genre yang dibawakan adalah campur sari, jadi walau galau tetap berjoged. Sebuah perpaduan musik yang unik bukan?

Untuk mengenang Sang Legenda, berikut lagu Didi Kempot terambyar untuk teman galau yang wajib masuk ke dalam playlist galaumu.

Pamer Bojo

Pamer Bojo merupakan lagu Didi Kempot terambyar yang pertama dan beberapa kali viral di sosial media karena di cover dengan beberapa versi oleh banyak penyanyi ternama. Secara garis besar, lagu ini berisi lirik tentang perselingkuhan.

Seseorang yang sedang memendam rindu pada pasangannya, tapi malah dibohongi. Pasangannya tersebut malah memamerkan pujaan hati yang baru.

Baca juga: Pilihan Lagu Cinta Sepanjang Masa yang Bisa Didengarkan Saat Berkendara

Sudah lama tidak bertemu, sekalinya mau ketemu, pujaan hati malah menjalin perasaan dengan orang lain, dipamerkan pula. Ambyar banget gak tuh?

Cidro

Nah, lagu Didi Kempot terambyar yang satu ini cocok banget buat kamu yang lagi patah hati. Lirik yang terkandung pada lagu Cidro menceritakan tentang keadaan seseorang yang merasa dikhianati oleh pasangannya.  Padahal, sebelumnya pasangan tersebut saling mencintai dan berjanji akan selalu bersama.

Baca juga: Unik dan Lucu, Ini 5 Lagu yang Terinspirasi dari Makanan Indonesia

Kejadian seperti ini pasti pernah dialami beberapa orang. Biasanya yang menjalani cinta jarak jauh atau long distance relationship (LDR). Hayo ngaku, siapa yang pernah merasakannya?

Banyu Langit

Sudah janji setia sama kekasih lalu ditinggal begitu saja tanpa alasan tapi kamu masih menunggu kepastian? Nah, lagu Banyu Langit mungkin bisa menggambarkan perasaanmu.

Begini petikan lirik lagu Didi Kempot terambyar tersebut.

Janjine lungane ra nganti suwe suwe

(Janjinya perginya tidak akan lama)

Pamit esuk lungane ra nganti sore

(Pamit pagi pulangnya tidak sampai sore)

Janjine lunga ra nganti semene suwene

(Janjinya pergi tidak akan lama seperti ini)

Nganti kapan tak enteni sak tekane

(Sampai kapan pun ku tunggu sampai datang)

Stasiun Balapan

Kisah lagu Didi Kempot terambyar Stasiun Balapan ini mirip Banyu Langit, tapi lebih tragis dan menusuk hati. Sebab, ada seseorang yang mengantar kekasihnya pergi dari Stasiun Balapan, Solo, yang janjinya pergi tidak akan lama.

Baca juga: Rekomendasi Lagu BTS untuk Menemani Anda Berkendara

Sayangnya, setelah kepergian itu, tidak pernah ada kabar dari pasangannya. Bahkan sampai berbulan-bulan lamanya. Lemes ya dengernya.

Sewu Kutho

Mungkin lagu ini adalah sambungan kedua lagu di atas. Karena ditinggal pergi kekasihnya, pasangan ini berniat untuk mencarinya.

Bahkan pencarian tersebut sudah melewati seribu kota dan bertanya pada seribu orang selama bertahun-tahun. Memang hiperbola, tapi itulah yang tertuang pada liriknya.

Sampai di akhir lagu Didi Kempot terambyar ini, walau sudah direlakan kekasih tersbut tak kunjung ditemukan.

Baca juga: Lagu-lagu Cozy yang Harus Diputar Saat Road Trip

Selain lima lagu di atas, masih banyak lagu Didi Kempot terambyar yang lainnya. Apalagi sang legenda telah berkarir selama lebih dari 30 tahun dan punya mimpi untuk dapat menulis 1.000 lagu.

Tidak hanya di Indonesia, penggemar Didi Kempot juga ada di Suriname yang erat dengan budaya Jawa.

Selamat jalan Didi Kempot, karyamu akan selalu ada di hati para pecinta musik Indonesia dan belahan bumi lainnya.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.