Search Cars

Travel & Lifestyle

Kurang Piknik? Coba Jajal 5 Lokasi Wisata yang Dekat dari Jakarta Ini

Istilah “kurang piknik” sebenarnya kurang cocok untuk warga Jakarta. Tanpa perlu naik pesawat, mereka sudah dapat menjangkau beragam tempat wisata seru di akhir pekan, mulai dari gunung, hingga pantai. Mau tahu tempat apa saja yang bisa Anda kunjungi dengan berkendara hanya empat jam dari Jakarta?

 

1. Wisata pantai di Banten

Dalam waktu dua jam saja, Anda sudah bisa tiba di Banten. Dengan latar belakang Gunung Krakatau, Anda bisa mengunjungi deretan pantai indah di Banten, mulai dari Pantai Anyer dan Pantai Carita yang terkenal sejak dahulu, ataupun Pantai Sawarna yang populer di kalangan open trippers sebagai “surga peselancar” karena memiliki ombak besar di perairannya.

 

Di sana, Anda bisa bermain banana boat, jet ski, menikmati sunrise atau sunset, serta menyantap hidangan laut yang nikmat. Turis yang ingin snorkeling bisa mengunjungi Pantai Ciantir, Pantai Tanjung Layar, Pantai Karang Bokor, Pantai Karang Seupang, Pantai Karang Taraje, dan Pantai Teluk Legon Pari.

 

2. Wisata sejarah, budaya, dan kuliner di Cirebon

Sejak adanya tol Cipali yang menghubungkan Cikampek menuju Palimanan, dalam waktu 3,5 jam saja Anda sudah bisa tiba di Cirebon. Setibanya di sana, Anda bisa berwisata sejarah dengan mengunjungi Keraton Kasepuhan dan Taman Sari Gua Sunyaragi.

 

Anda juga bisa berwisata ziarah dengan berkunjung ke Makam Sunan Gunung Jati. Di sini Anda bisa melihat keramik dari China yang merupakan tanda cinta Putri Ong Tien, anak Kaisar Hong Gie dari Dinasti Ming, untuk sang sunan.

 

Cirebon juga kaya akan kuliner, sebut saja empal gentong yang mirip gulai dengan isi berupa usus, babat, dan daging sapi yang dimasak di dalam periuk tanah liat di atas kayu bakar dari pohon mangga.

 

Ada juga Sega Jamblang dengan ciri khas penggunaan daun jati sebagai bungkus nasinya. Penyajiannya pun prasmanan dengan pilihan lauk berupa paru, semur hati atau daging, perkedel, sambal goreng kentang, aneka olahan telur, semur ikan, ikan asin, tahu, tempe, dan masih banyak lagi.

 

Sedangkan bagi penggemar menu vegetarian, nasi lengko yang mirip nasi pecel dan berisi irisan kecil mentimun, tauge, daun bawang, irisan tempe, dan tahu, yang kemudian disiram bumbu kacang serta taburan bawang goreng bisa jadi pilihan. Meski sederhana, menu ini mengandung nutrisi yang tinggi. Masyarakat setempat biasanya menyantap nasi lengko dengan sate kambing muda berbumbu kacang.

 

Sebelum pulang, jangan lupa mampir ke Kampung Batik Trusmi di Plered untuk membeli batik khas Cirebon dengan motif Megamendung yang melambangkan awan pembawa hujan sebagai simbol kesuburan dan pemberi kehidupan.

3. Wisata alam di Ciwidey

Tidak jauh dari Bandung ada Ciwidey yang memiliki banyak pesona alam yang akan membuat Anda takjub. Ada Kawah Putih, sebuah danau vulkanik dengan air berwarna biru muda keputihan dan dikelilingi oleh tebing-tebing batu dan pasir putih.

 

Selain itu, ada juga Ranca Upas yang terkenal sebagai lokasi perkemahan. Selain berkemah, Anda juga bisa menikmati berbagai fasilitas yang ditawarkan, seperti kolam renang air panas lengkap dengan papan luncurnya, sepeda gunung, permainan paint ball, flying fox, bungee jumping, trampolin, ATV, dan tempat penangkaran rusa. Bila tak memiliki tenda sendiri, Anda bisa menyewa tenda yang disediakan oleh pihak Ranca Upas.

 

4. Wisata kuliner di Bogor
Ada tiga lokasi utama untuk berwisata kuliner di Bogor, yaitu di Jalan Raya Pajajaran, Taman Kencana, dan Suryakencana.

 

Jalan Raya Pajajaran adalah “rumah” dari Roti Unyil Venus dan Lapis Bogor Sangkuriang. Sementara Taman Kencana memiliki banyak tempat makan yang populer di kalangan penduduk lokal maupun turis, seperti Macaroni Panggang, Lasagna Gulung, Rumah Cup Cakes, Pia Apple Pie, Klapertaart Huiz, Kedai Kita, dan Sop Buah Pak Ewok.

 

Sedangkan Suryakencana atau Surken terkenal sebagai “surga” bagi pecinta kuliner, karena di sepanjang jalan Anda bisa menemukan deretan makanan enak, seperti Soto Mie Bogor, Bakso Kikil Pak Jaka, Soto Bogor Pak Yusup, Combro, Es Pala, Asinan Jagung Bakar, Es Bir Kocok, dan Ngo Hiang Gg. Aut.

 

Selain dengan berbagai jenis kendaraan pribadi, Bogor juga bisa dicapai dengan bus atau Commuter Line dari berbagai daerah di Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

 

 

5. Wisata pantai di Pulau Macan

Dapat ditempuh sekitar 90 menit naik speedboat dari dermaga di Marina, Pulau Macan Village & Eco Resort menawarkan lokasi sempurna untuk mengendurkan saraf di akhir pekan. Dengan konsep ramah lingkungan, pihak resor hanya mengizinkan 40 tamu per harinya.

 

Semua bangunan resor pun tidak memiliki pendingin ruangan. Selain itu, listrik yang mengaliri pulau berasal dari tenaga matahari dan angin.. Limbah dan sampah dari kegiatan tamu pun dikelola untuk pupuk yang menyuburkan kebun. Para tamu juga diingatkan untuk menggunakan air seperlunya, karena persediaan air tawar yang terbatas.

 

Selama di Pulau Macan, pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas air, seperti snorkeling dan mendayung kano ke pulau mungil tak berpenghuni di seberang resor. Anda pun bisa hanya duduk santai di teras resor, berjemur, atau membaca buku di pinggir pantai sambil menikmati matahari terbenam.

 

Jadi, apakah Anda sudah menentukan pilihan tempat terbaik untuk wisata seru di akhir pekan ini?

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.