Search Cars

Uncategorized

Kuliner Khas Indonesia untuk Menu Berbuka saat Ramadan

Menu berbuka menjadi hal yang paling dinantikan saat puasa. Berikut kuliner tradisional yang patut dicoba!

Takjil

Bulan suci Ramadan merupakan salah satu momen yang selalu disambut dengan perasaan sukacita. Selain menantikan rentetan ibadahnya, hal lain yang paling ditunggu-tunggu adalah makanan dan minuman untuk berbuka.

Apalagi, sejumlah kuliner khas Indonesia ini hanya muncul saat bulan Ramadan tiba. Beberapa kuliner khas nusantara tersebut punya rasa yang unik, karenanya banyak digemari dan dipilih sebagai menu berbuka puasa.

Lalu apa saja?

Bubur Kampiun

Bubur Kampiun

Hidangan khas Bukittinggi, Sumatera Barat ini merupakan kudapan yang terbuat dari campuran beberapa bubur, seperti candil, sumsum, kacang hijau, kolak pisang, ketan dan kolang kaling. Semua campuran tersebut kemudian disiram dengan kuah santan dan juga gula merah.

Baca juga: Serunya Buka Puasa di Rumah, Bisa Quality Time dan Ibadah Bersama

Layaknya menu berbuka khas Indonesia lainnya, bubur kampiun memiliki perpaduan cita rasa manis dan gurih. Selain lezat, kelebihan bubur ini terletak pada porsinya yang terbilang cukup banyak.

Karena itulah tidak heran jika bubur kampiun banyak menjadi buruan untuk berbuka saat bulan puasa.

Kicak

Kicak

berbuka puasa selanjutnya adalah penganan manis bernama Kicak. Kuliner khas yang satu ini sangat populer selama bulan puasa.

Kudapan ini dibuat dari bahan dasar beras ketan putih dan dibentuk seperti gemblong, lalu dicampur dengan parutan kelapa dan buah nangka. Punya rasa manis dan wangi yang menggugah selera.

Baca juga: Alasan Gorengan Digemari Untuk Buka Puasa di Indonesia

Kolak

Kolak

Inilah menu berbuka kegemaran masyarakat Indonesia. Kudapan bersantan ini memiliki isian yang beraneka ragam, seperti pisang, ubi, labu, kolang kaling, hingga biji salak.

Memiliki rasa yang manis dan legit, kuliner ini bisa mengembalikan energi kamu yang telah terkuras setelah seharian berpuasa.

Timun Suri

Timun Suri

Meski bernama timun, buah yang satu ini berbeda dengan timun yang sering kamu konsumsi. Buah segar yang satu ini biasanya sudah ramai dijajakan di pasar atau toko penjual buah saat Ramadan.

Timun suri yang memiliki aroma manis, tekstur buah yang empuk dan rasa yang hambar ini selalu setia menemani sajian berbuka puasa.

Baca juga: Catat! Ini Jadwal Buka Puasa 2020

Karena rasanya yang hambar, timun suri biasa diolah dengan aneka pemanis seperti sirup, susu kental manis atau gula cair. Bahkan tidak jarang dicampur dengan aneka buah lainnya untuk menambah kenikmatannya.

Lemang Bambu

Lemang Bambu

Kuliner khas ini kombinasi ketan putih yang disiram dengan santan kelapa dan dicampur kacang merah. Cara memasaknya pun unik, semua bahan dimasukkan kedalam sebuah bambu yang sudah dipotong dan dibakar hingga matang.

Selain cara memasaknya yang berbeda, cara menyantapnya pun beraneka ragam. Kamu bisa menyantap menu berbuka yang satu ini dengan kuah rendang, tape hitam atau bisa juga dicampur selai manis, buah-buahan seperti durian, bahkan dengan lauk pauk asin.

Baca juga: Komitmen Movic Berikan Pelayanan Berkualitas yang Aman

Nah, itulah beberapa kuliner khas Indonesia yang cocok untuk kamu nikmati saat berbuka. Kamu lebih suka berbuka dengan kuliner yang mana? Meski semuanya terlihat lezat ada baiknya makan dan minum secukupnya saja ya.

Mengingat pandemi virus Covid-19 masih berlangsung, ada baiknya kamu berburu kuliner di rumah saja. Kamu bisa pesan kuliner khas Indonesia kesukaanmu dari rumah dan bakal diantar pakai Movic.

Bagi kamu yang ingin membagikannya ke sanak saudara, kamu juga bisa pakai Movic #SiapAntar. Meski tak bisa berbuka bersama yang tersayang, kamu bisa berbagi manisnya berbuka bersama.

Selamat menunaikan ibadah puasa untuk semua yang menjalankan!

   

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.