Search Cars

Tips & Rekomendasi

Komponen yang Harus Diperhatikan Saat Mudik Lebaran Pakai Mobil Kecil

Mudik Lebaran sebentar lagi. Apakah Anda sudah membawa kendaraan ke bengkel untuk diperiksa?

mudik pakai mobil kecil

Setiap tahunnya, para pemudik selalu memadati jalanan ibu kota untuk mudik ke kampung halaman. Mereka yang mudik menggunakan kendaraan pribadi dirasa lebih efektif untuk menjangkau berbagai tempat.

 

Karena itu, tak sedikit para pemudik yang memutuskan untuk mudik pakai mobil pribadi, seperti city car, yang diyakini lebih asik dikendarai untuk Anda yang sedikit membawa barang ataupun penumpang.

 

Meskipun begitu, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat mudik pakai mobil kecil tersebut. Salah satunya seperti memeriksa kondisi mobil dan komponen terkait lainnya. Selain itu, jangan lupa pula untuk memastikan diri Anda untuk tetap fit selama perjalanan.

Periksa komponen mesin

Mobil kecil seperti pabrikan Toyota Agya dan Daihatsu Ayla dikenal sebagai mobil kecil yang tangguh di segala medan, terlebih perkotaan. Mobil tersebut mempunyai bodi yang kompak, tetapi terbilang sporty sehingga diminati oleh milenial dan pasangan muda.

 

Baca juga: Rekomendasi Mobil Seharga Rp100 juta

 

Dengan bodinya yang kecil itu, mobil jenis city car berkapasitas mesin 998 cc ini terkadang dapat membuat pengemudi sebal, terlebih bila tidak melalui perawatan yang maksimal sebelum perjalanan.

 

Oleh karena itu, Anda pun perlu memastikan kondisi mesin dalam keadaan sehat. Anda wajib mengganti oli mesin dan membersihkan filter-filter saat sebelum maupun sesudah mudik. Pasalnya, saat mudik menggunakan mobil, mesin mobil dapat bekerja dua kali lipat dari biasanya sehingga bila tidak dilakukan perawatan preventif, mesin mobil dapat saja ngadat atau rusak.

Cek kondisi ban dan tekanan angin

Selain mesin, ban mobil juga menjadi komponen penting yang perlu Anda tindak lanjuti keadaannya.  Sebab, ban menjadi satu-satunya komponen yang menempel langsung dengan aspal dan menopang beban.

 

Jika kondisi ban tidak Anda perhatikan, maka kemungkinan akan terjadi kerusakan di komponen tersebut tinggi. Potensi kerusakan ban mobil ialah kempis karena kekurangan angin atau bahkan meletus karena tekanan angin yang tidak sesuai standar.

 

Baca juga: Cara Mendeteksi Usia Pakai Ban dan Kampas Rem Mobil

 

Sebagai bentuk antisipasi terhadap hal yang tidak diinginkan itu, Anda perlu melakukan perawatan secara berkala, baik di area sekitar ban maupun komponen kaki-kaki lainnya. Selain itu, Anda pun tak boleh luput untuk membawa ban cadangan atau tools kit agar mengatasi masalah kerusakan kecil dengan mudah.

Jangan melebihi muatan

Daya tarik mesin city car juga dapat dipengaruhi oleh beban yang ada di dalam mobil, baik barang bawaan maupun jumlah penumpang yang Anda bawa. Semakin berat beban yang ditanggung oleh mobil tipe city car itu, maka dapat membuat kualitas manuver dan bensin berkurang.

 

Selain itu, beban yang diberikan tersebut juga dapat berpengaruh pada sektor kaki-kaki mobil, seperti suspensi, spooring dan balancing, dan ban. Jadi, Anda pun perlu memastikan kembali barang bawaan dan penumpang yang akan masuk ke dalam mobil Anda.

 

Baca juga: Cara Agar Mobil LCGC Anda Tetap Bugar Usai Mudik

 

Namun, untuk ukuran penumpang, setiap city car dapat menampung maksimal 5 orang penumpang di dalamnya. Lalu, untuk barang bawaaan, Anda dapat menaruhnya di bagasi mobil. Akan tetapi, perlu diingat, bawalah keperluan mudik secukupnya saja. Hindari membawa barang-barang yang tidak perlu selama mudik berlangsung. Hal itu dapat membuat mobil over load dan mengancam keselamatan Anda.

Teliti dalam memasang roof rack

Namun, bila memang bagasi mobil tidak dapat menampung barang bawaan, tidak ada salahnya juga bila Anda memasang rack di atap mobil. Pemasangan roof rack dipercaya dapat menjadi alternatif yang menguntungkan dalam mengangkut semua barang.

 

Hanya, terkait hal itu, Anda perlu memerhatikan kondisi rak yang digunakan. Bebin Djuana menerangkan dalam DetikOto, pemasangan roof rack terbilang sah saja, tetapi sedapat mungkin Anda perlu menggunakan roof asli, jangan yang abal-abal, agar tidak mudah lepas.

 

Lalu, kapasitas barang yang dibawa roof rack pun perlu diperhatikan.

 

“Idealnya, batas beban yang dibawa jangan lebih dari 60 kg karena dapat mempengaruhi handling,” tambah Bebin.

 

Bahkan, dilanjutkan olehnya, Anda juga bisa menggunakan rack yang sudah dilengkapi dengan penutup. Karena, rack jenis tersebut lebih aman dan bersifat aerodinamis yang bisa membantu Anda menghemat bahan bakar.

 

Untuk itu, bagi Anda yang mudik pakai mobil kecil, ada baiknya bawa mobil Anda lebih dahulu ke bengkel mobil. Anda dapat melakukan booking service di Seva.id guna mengetahui performa kendaraan Anda. Dengan begitu, mudik Anda pun akan aman dan lancar.

 

Jadi, ayo, pastikan performa mobil Anda dalam keadaan baik di Seva.id, ya.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.