Search Cars

Tips & Rekomendasi

Komponen Mobil yang Wajib Diperiksa Saat Musim Hujan Datang

Ada beberapa komponen mobil yang harus dicek saat musim hujan datang. Untuk lebih lengkapnya simak di bawah ini.

musim hujanTanda-tanda akan datangnya musim hujan sudah mulai terlihat. Malahan, beberapa hari ini hujan sempat turun mengguyur jalan, khususnya di Jakarta. Oleh karena itu, pengemudi atau pemilik mobil perlu melakukan persiapan untuk menghadapi musim hujan agar dapat berkendara dengan aman.

 

Persiapan tersebut adalah dengan memeriksa komponen-komponen penting di mobil yang dibutuhkan ketika menghadapi musim hujan agar dapat digunakan secara optimal. Nah, berikut ini ada beberapa komponen mobil yang dapat Anda cek saat memasuki musim hujan.

 

Periksa karet wiper

Ini merupakan komponen yang berfungsi untuk menyingkirkan air serta kotoran yang mengganggu dari kaca kendaraan dan berdampak pada visualisasi pengendara. Untuk itu, pengecekan wiper wajib dilakukan ketika memasuki musim hujan.

 

Langkah awal adalah mengecek karet wiper mobil. Cuaca dan suhu udara dapat mempengaruhi kualitas karet wiper. Apabila karetnya sudah mengeras, sebaiknya segera lalukan penggantian karena dapat membuat kaca mobil baret dan memperlambat gerak wiper.

 

Baca juga: Mengenal Washer Fluid dan Cara Merawat Wiper Mobil

 

Setelah itu, lakukan perawatan pada washer reservoir dan nosel penyemprot. Pastikan kondisinya selalu bersih agar air yang disemprotkan tidak kotor karena endapan lumpur, lumut, atau kotoran lainnya.

 

Ganti karet mobil yang sudah usang

Bukan hanya karet wiper yang harus di cek, karet-karet mobil di bagian lainnya juga perlu dilakukan pemeriksaan saat musim hujan tiba, seperti karet pada pintu mobil. Kondisi karet pintu mobil yang sudah tidak sempurna dapat membuat air masuk ke dalam kabin dan membuat kenyamanan berkendara terganggu.

 

Lalu, mobil juga akan lebih cepat kotor daripada musim kemarau yang disebabkan oleh cipratan air di jalan atau dari kendaraan lainnya. Untuk itu, Anda juga perlu menjaga kebersihan kendaraan, terutama bagian bawah mobil.

 

Cek kondisi rem

jual mobil jarang dipakaiSelanjutnya adalah memeriksa kondisi rem mobil. Rem merupakan komponen yang wajib dicek secara berkala agar Anda tetap aman saat berkendara, khususnya pada musim hujan. Perawatan yang biasanya dilakukan adalah melihat kondisi kampas rem, apakah butuh penggantian atau tidak.

 

Untuk mengecek ketebalan kampas rem dapat dilakukan dengan beberapa cara. Pertama, jika terdengar bunyi decitan dari bagian rem, kemungkinan besar kampas rem mobil Anda sudah tipis dan menyebabkan bunyi gesekan antara dua logam.

 

Baca juga: Cara Mudah Mendeteksi Usia Pakai Ban dan Kampas Rem Mobil

 

Lalu, kampas rem yang habis juga dapat terdeteksi ketika Anda sedang menginjak pedal rem. Biasanya, pada saat melakukan pengereman, pijakan pedal rem akan terasa lebih dalam dari sebelumnya.

 

Cara selanjutnya adalah dengan melihat ketinggian minyak rem. Pada reservoir, Anda dapat melihat tinggi atau rendahnya keadaan minyak rem mobil Anda. Apabila volume minyak rem di bawah garis normal, ada baiknya Anda mengecek kondisi kampas rem Anda, karena kampas rem yang tipis dapat menyebabkan kurangnya minyak rem yang berada di reservoir.

 

Atau, periksa langsung kampas rem mobil Anda dengan cara melepas bagian roda untuk memastikan ketebalannya.

 

Pastikan kondisi ban prima

Ban merupakan satu-satunya komponen mobil yang langsung berhubungan dengan jalan. Maka dari itu, kondisi ban harus dalam keadaan yang baik ketika musim hujan agar tidak terjadi selip yang menyebabkan mobil kehilangan traksi, bahkan bisa melintir.

 

Nah, agar laju mobil Anda tidak terganggu, selalu perhatikan kondisi ban, terutama alurnya. Jika ban sudah botak, segera ganti ban Anda dengan yang baru. Lalu, cek juga tekanan anginnya, apakah sudah sesuai dengan standar pabrikan atau belum.

 

Periksa sistem kelistrikan mobil

Sebenarnya, hal ini sangat penting untuk dilakukan, tetapi kadang sering dilupakan oleh pengendara. Kelistrikan merupakan sistem yang sensitif jika terkena air, karena bisa terjadi konsleting yang berbahaya bagi mobil.

 

Baca juga: Kenali Fungsi Relay Mobil Sebelum Memasangnya

 

Sebelum hal tersebut terjadi, lebih baik cek kondisi kabel-kabel. Apabila ada kabel yang terkelupas, Anda dapat langsung membenahinya. Bila perlu, tanggalkan komponen lainnya untuk memastikan kondisi kabel yang terselip.

 

Bagi Anda yang tidak memiliki waktu untuk mengecek sendiri segala komponen di atas, lebih baik lakukan di bengkel resmi. Anda bisa menggunakan fitur booking service yang ada di Seva.id, jadi Anda tidak perlu menunggu lama untuk mengantri.

 

Jangan lupa, siapkan juga payung di dalam mobil supaya Anda bisa terbantu keluar dari mobil ketika bertepatan dengan turunnya hujan. Bila persiapan-persiapan tersebut sudah dilakukan, poin terakhir adalah tetap patuhi peraturan lalu lintas dan jangan memaksakan berkendara jika situasi cuaca tidak memungkinkan.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.