Search Cars

Tips & Rekomendasi

Knalpot Mobil Suka “Nembak”, Mungkin Ini Masalahnya

Anda mungkin pernah merasakan kondisi mobil dengan suara letupan dari knalpot. Letupan itu sering disebut dengan knalpot “nembak”, kondisi ini sangat mengganggu ketika di perjalanan.

ganti knalpot

Ada beberapa faktor yang membuat knalpot mobil menembak, seperti pembakaran tidak sempurna, kekurangan bahan bakar, adanya sisa gas buang yang tidak terbakar, kerusakan di bagian penyuplai udara, terjadi gangguan pada proses pengapian, dan lain-lain.

Penjelasan lebih lengkap tentang faktor yang membuat knalpot menembak bisa Anda simak di bawah ini.

Pembakaran tidak sempurna

Hal ini biasanya terjadi akibat bahan bakar dan udara tidak tercampur dengan sempurna, sehingga berimbas ke ruang bakar. Selain itu, busi juga tidak memercikkan api dengan normal, sehingga membuat suara knalpot menembak.

 Kekurangan bahan bakar

isi bensin full tankKnalpot menembak juga dapat terjadi jika mobil kekurangan bahan bakar. Apabila sisa bahan bakar dalam tangki mobil tinggal sedikit, mekanisme pembakaran tidak akan optimal. Kasusnya hampir sama dengan poin pertama.

Selain itu, bahan bakar juga menjadi pendingin bagi pompa bahan bakar. Pompa ini seharusnya selalu terendam oleh bahan bakar. Jika bahan bakar menipis, maka pompa tidak terendam secara utuh dan membuatnya cepat rusak.

Bukan cuma pompa, saringan bahan bakar juga berpeluang rusak saat bahan bakar tipis. Pasalnya, ketika mesin dihidupkan, kotoran di tangki akan ikut tertarik oleh pompa dan tersangkut di saringan sehingga mengganggu kinerja mobil.

Lalu, injektor akan menjadi tempat terakhir kotoran yang lolos dari saringan bahan bakar tadi dan membuat semprotan bahan bakar tidak maksimal. Inilah yang menyebabkan knalpot mobil menembak, bahkan bisa berdampak pada akselerasi mobil yang menurun dan konsumsi bahan bakar berlebih.

Sisa gas pembuangan yang tidak terbakar

suara knalpotPenyebab lainnya adalah ada sisa gas pembuangan yang tidak terbakar dan terjebak di dalam ruang bakar mobil Anda. Seharusnya, setelah pembakaran selesai, gas tersebut sudah terbuang dan tidak ada sisa gas lagi di dalam ruang bakar.

Kerusakan di bagian filter udara

Filter udara berfungsi untuk menyaring udara yang akan dihisap ke ruang bakar melalui air intake. Jika filter udara terganggu, knalpot mobil Anda akan berpeluang menembak. Bahkan, mesin juga bisa jebol.

Untuk itu, selalu rawat filter udara mobil Anda agar tidak mengganggu komponen lainnya, seperti injektor, air intake, piston, dan lain-lain.

Terjadi gangguan pada proses pengapian

Terakhir, knalpot menembak terjadi karena adanya gangguan pada proses pengapian. Gangguan tersebut dapat terjadi di koil, busi, CDI, atau yang lainnya. Jika ada kerusakan pada salah satunya, proses pengapian dan pembakaran tidak akan sempurna.

Maka dari itu, setiap komponen pengapian mobil harus diteliti satu persatu untuk memastikan kondisinya siap pakai.

Bila perlu, lakukan pengecekan mobil di bengkel resmi, karena knalpot mobil yang menembak disebabkan oleh sistem pembakaran yang mengalami gangguan. Anda juga dapat melakukan booking service di Seva.id agar tidak perlu lama menunggu antrian.

Jadi, jaga selalu kondisi mobil Anda ya, agar siap dipakai kapan pun.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.