Search Cars

Review Otomotif

Keuntungan Menggunakan Keyless Entry

Di zaman yang serba modern ini, tentunya semakin pesat juga perkembangan teknologinya. Para pengemudi pun  dimanjakan dengan beberapa fitur canggih, salah satu fitur canggihnya adalah fitur smart key.

 

Fitur yang dahulu hanya digunakan pada mobil mewah kini menjadi fitur standar pada sebagian mobil. Salah satu fitur yang banyak ditemukan pada mobil modern adalah keyless entry system.

 

Perkembangan teknologi membuat dunia otomotif terus berinovasi. Industri otomotif terus menciptakan fitur demi meningkatkan kepuasan konsumen. Tentunya, dari segi keamanan dan juga kenyamanan. Dua faktor tersebut yang membuat dunia otomotif terus berlomba-lomba memberikan yang terbaik untuk konsumen.

 

Seperti namanya, keyless entry system adalah teknologi yang memungkinkan pengemudi masuk ke dalam mobil tanpa kunci. Teknologi ini pertama kali digunakan pada tahun 1980an. Pada masa itu, terdapat semacam panel yang terletak di pegangan pintu. Pengemudi cukup memasukkan kode untuk membuka pintu.

 

Jika Anda tertarik untuk mengetahui info lengkap mengenai keyless entry system, Anda bisa simak info lengkapnya berikut ini:

 

Pengertian Keyless Entry System

Mungkin sebagian orang masih bingung apa itu keyless entry system. Fitur ini biasanya terdiri dari Remote Keyless entry (RKE) serta Remote Keyless Ignition (RKI). RKE berfungsi untuk mengunci atau membuka pintu mobil dari jarak jauh tanpa harus menggunakan kunci. Sedangkan RKI memungkinkan pemilik mobil menghidupkan mesin dari jarak jauh tanpa harus masuk ke dalam mobil.

 

Kedua sistem tersebut terdiri dari kunci elektronik atau kunci konvensional dengan pegangan kunci elektronik. Keyless entry system bekerja dengan bantuan gelombang radio pada frekuensi tertentu. Frekuensi yang digunakan di Amerika Utara adalah 315 MHz, sedangkan di Eropa adalah 433,92 MHz, kemudian terdapat perbedaan frekuensi sesuai daerah.

 

Selanjutnya, pada keyless entry system terdapat beberapa tombol pada kunci elektronik yang berfungsi untuk mengunci dan membuka pintu, membuka bagasi, membuka jendela, mengaktifkan atau menonaktifkan alarm mobil, dan menyalakan mesin dari jarak jauh.

 

Ketika pengemudi mengoperasikan keyless entry system, mobil memberi tanda bahwa sistem berfungsi dengan mengeluarkan suara tertentu, menyalanya indikator, atau indikasi lainnya. Jarak operasi bervariasi dari satu pabrikan ke lainnya. Sebagai contoh, Ford biasanya menetapkan kisaran 20 m untuk Eropa dan Amerika Utara, serta 5 m untuk negara-negara yang membatasi daya yang ditransmisikan.

 

Selain keyless entry system, terdapat pula apa yang disebut “advanced key system”. Dalam sistem ini, pemilik mobil tidak harus menekan tombol pada kunci untuk mengaktifkan sistem. Sebaliknya, sistem di mobil secara otomatis mengenali saat kunci elektronik dibawa oleh pemilik mendekati mobil dan segera melakukan aksi yang diperlukan.

 

bmw display keyBagaimana Cara Kerja dari Keyless Entry System?

Ada beberapa keuntungan menggunakan fitur yang satu ini seperti mampu membuka pintu dari jarak jauh, fitur ini akan berguna saat Anda keluar dari toko dengan banyak barang bawaan. Keyless entry system juga berguna membuka pintu secara cepat saat pemilik merasa ada ancaman saat berada di luar mobil. Sistem ini juga membantu saat pengendara sedang berada dalam kondisi cuaca ekstrim.

 

Pada cuaca dingin, Anda dapat menyalakan mesin terlebih dahulu selama beberapa menit agar pemanas bekerja menghangatkan mobil. Saat cuaca panas, Anda dapat menghidupkan mesin dan membiarkan AC mendinginkan interior sebelum masuk ke mobil. Harga keyless entry system berbeda untuk setiap mereknya dengan jenis paket dan fungsi yang berbeda pula.

 

Nah, itulah pengertian dan cara kerja keyless entry system yang Anda bisa jadikan referensi ketika ingin membeli mobil. Jika Anda tertarik mengenai informasi mengenai spare part, aksesoris dan info seputar dunia otomotif Anda bisa membacanya di Seva.id.

 

Seva.id sebagai Layanan online terpercaya otomotif hingga properti hadir untuk mempermudah dunia otomotif dan properti. Selain memberikan beragam informasi terbaru di bidang otomotif, perjalan, dan gaya hidup, Seva.id menawarkan pengalaman baru berupa kemudahan serta kenyamanan kepada pengunanya. Layanan tersebut meliputi penyediaan informasi mengenai jual mobil baru dan bekas, trade in atau tukar tambah mobil, kredit mobil dengan cicilan rendah, online booking service, request test drive secara online hingga lokasi dealer.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.