Search Cars

Tips & Rekomendasi

Keuntungan dan Kerugian Membeli Mobil di Akhir Tahun

Membeli mobil di akhir tahun bisa jadi cara jitu untuk mendapatkan diskon besar, tetapi pertimbangkan juga kerugiannya.

membeli mobil di akhir tahunSebagian orang terkadang memanfaatkan moment akhir tahun untuk membeli mobil baru. Pasalnya, teradapat beberapa keuntungan yang bisa didapatkan, mulai dari potongan harga, pengurusan kredit, bonus aksesoris, dan sebagainya.

 

Bisa dikatakan, hampir semua pabrikan yang bermain di kelas Multi Purpose Vehicle (MPV), Sport Utility Vehicle (SUV), city car, dan Low Cost Green Car (LCGC) menawarkan berbagai macam bonus kepada para pelanggannya.

 

Namun, dibaik keuntungan, pasti ada kekurangan. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan di bawah ini yang mungkin bisa menjadi bahan pertimbangan Anda ketika membeli mobil di akhir tahun.

 

Baca selanjutnya.

Keuntungan membeli mobil baru di akhir tahun

Hal pertama yang paling menggiurkan adalah potongan harga akhir tahun, baik untuk pembelian secara kredit maupun tunai. Biasanya, banyak dealer yang menjanjikan diskon besar-besaran bagi para konsumennya di penghujung tahun, bahkan jumlahnya bisa puluhan juta.

 

Setelah itu, Anda akan merasakan kemudahan proses pengurusan kredit, karena dealer mengejar target menghabiskan stok mobil yang tersedia. Oleh karena itu, semua proses pembelian secara kredit dipercepat, sehingga approval kredit dari leasing atau bank jadi lebih mudah.

 

Baca juga: Siapkan Hal Berikut Ini Sebelum Membeli Mobil Secara Kredit

 

Kemudian, dealer biasanya menawarkan berbagai pilihan bonus aksesoris saat Anda membeli mobil di akhir tahun. Aksesoris seperti kaca film, body kit, sarung jok, dan sebagainya bisa saja Anda dapatkan dari dealer.

Bukan cuma aksesoris, kadang tenaga penjual akan menawarkan voucher dari dealer bersangkutan atau rekanannya. Voucher itu bisa Anda tukarkan dengan sejumlah diskon atau hadiah lain, misalnya bahan bakar gratis, diskon belanja, diskon traveling, dan lain sebagainya.

 

Servis dan suku cadang gratis juga bisa Anda nikmati bila membeli mobil di akhir tahun. Misalnya, jika biasanya Anda hanya mendapatkan jatah sekali gratis servis, saat membeli mobil di akhir tahun, Anda bisa mendapatkan servis gratis 3 kali berikut penggantian suku cadang tertentu.

 

Baca selanjutnya.

Kerugian membeli mobil akhir tahun

Namun, dengan segala keuntungan tersebut, bukan berarti membeli mobil di akhir tahun lepas dari kekurangan. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan, misalnya adalah tahun keluaran mobil yang Anda beli.

 

Biasanya, dealer memberikan diskon dan bonus yang melimpah untuk menggoda konsumen membeli mobil keluaran tahun yang sama, bukan untuk inden mobil yang akan keluar di tahun berikutnya. Walaupun mobil yang Anda beli statusnya tetap baru.

 

Baca juga: 6 Tips Mendapatkan Cicilan Ringan Saat Membeli Mobil Baru

 

Itu akan berdampak pada nilai jual mobil kembali (resale value), apalagi di tahun berikutnya. Biarpun waktu pemakaiannya sama dengan mobil keluaran baru, tetap saja mobil yang Anda beli di akhir tahun memiliki umur yang lebih tua. Oleh karena itu, harganya otomatis tetap mengikuti pasaran.

Lalu, Anda akan mendapatkan mobil dengan model generasi lama, bukan yang baru diluncurkan untuk tahun berikutnya. Fitur dan model yang didapatkan otomatis mengikuti tahun keluaran mobil yang Anda beli.

 

Baca juga: Cara Membeli Mobil Era Digital, Tidak Perlu ke Dealer

 

Terakhir, pengiriman unit akan lebih lama walaupun proses pengurusan kredit dipermudah, karena adanya waktu libur panjang di bulan Desember. Apalagi bila Anda membeli di atas tanggal 15 Desember, pengiriman unit mungkin bisa dilakukan pada awal tahun.

 

Dengan adanya dua alasan di atas, apakah Anda tertarik untuk membeli mobil di akhir tahun 2019 ini?

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.