Search Cars

Tips & Rekomendasi

Keunggulan Pintu Geser Elektrik Toyota dan Cara Perawatannya

Kemudahan, ini biasanya menjadi alasan orang memilih mobil keluarga. Entah itu kemudahan dalam mengendarai atau ketika berada di dalamnya. Sliding door atau pintu geser elektrik pada mobil biasanya juga menjadi fitur unggulan mobil keluarga.

 

Banyak keunggulan dengan keberadaan pintu geser elektrik, misalnya akses masuk penumpang ke dalam kabin jadi lebih mudah dan lebih luas, membuka pintu pun semakin praktis hanya menekan sebuah tombol.

 

Selain mampu membuka-menutup pintu geser secara otomatis melalui sentuhan tombol di dalam kabin mobil atau melalui keyless remote, pintu geser elektrik yang kini tersedia pada produk MPV Toyota seperti Toyota Sienta, Toyota Voxy, Toyota Alphard & Toyota Vellfire ini juga memiliki fitur safety yang cukup lengkap.

 

Toyota Sienta, misalnya yang memiliki fitur Child Lock, yang terdapat dekat dengan tuas pintu di dalam kabin baris kedua. Fitur ini berfungsi untuk menonaktifkan tuas dalam pintu geser, sehingga apabila penumpang baris kedua Toyota Sienta diisi oleh anak kecil tidak akan bisa sembarang membuka pintu saat kondisi mobil diam sekalipun.

 

Tombol Child Lock Toyota Sienta (tanda panah)

 

Kelebihan lainnya pintu geser yang digunakan pada produk Toyota Sienta ini adalah dalam kondisi buka-tutup pintu geser, pengguna cukup menggeser pintu pada titik terujung pilar B, dan secara otomatis pintu geser akan ter-vacuum masuk berkat fitur Easy Closer.

 

Bahkan apabila terjadi potensi insiden objek maupun fisik terjepit oleh pintu geser yang dioperasikan secara elektrik, maka secara otomatis akan menghentikan proses kerjanya dan akan melakukan proses buka pada pintu geser.

ilustrasi Anti-Jam Protection

 

“Saat power sliding door tertahan mengenai objek, dan pada sensor motor terdeteksi pintu belum sampai pada titik seharusnya, maka secara otomatis pintu power sliding door berhenti dan mundur sekitar 10 cm. Hal ini disebabkan pintu sliding Toyota Sienta dilengkapi “Anti-Jam Protection” mendeteksi adanya penghalang di pintu sliding sekaligus untuk meminimalisir risiko objek maupun badan penumpang terjepit saat masuk ke dalam kabin mobil,” jelas Erwin Surianto, Kepala Bengkel Auto2000 Pasar Kemis.

 

Tips perawatan pintu geser elektrik

Di sisi lain, sistem buka-tutup secara elektrik bukan berarti ia terbebas dari masalah. Justru, karena dilengkapi dengan motor listrik, kita harus memperlakukan secara khusus. Ibarat barang elektronik, ada komponen elektrik yang ada batasan dalam penggunaannya.

 

Salah satu cara memperlakukannya dengan baik adalah membuka-tutup pintu geser pada posisi jalan yang datar, bukan dalam posisi menanjak atau menurun.

 

Pengoperasian fitur Power Sliding Door dari dalam kabin

 

“Dalam kondisi tanjakan maupun turunan bisa dipastikan beban motor akan bekerja ekstra untuk membuka-tutup pintu sliding. Disarankan saat kondisi mobil miring menanjak atau menurun, konsumen menonaktifkan fitur Power Sliding Door melalui tombol di dalam kabin dekat setir, serta proses buka tutup pintu dilakukan manual. Hal ini diperlukan agar motor elektrik tidak bekerja ekstra serta daya tahan motor tetap terjaga dengan baik,” tutup Erwin.

 

Karena seringnya proses buka-tutup, ada kemungkinan area dalam bawah dan bagian atas pintu terhindar dari kotoran. Jika sudah penuh kotoran pada bagian relnya, bisa menyebabkan pintu geser menjadi macet, dan pergerakannya pun jadi lambat. Ujung-ujungnya, motor listrik jadi punya beban yang berat dan kawat sling rentan putus.

 

Karena itu, dalam saat proses mencuci mobil dengan air bertekanan tinggi, hindari penyemprotan langsung ke arah mekanisme pintu geser. Agar air yang deras tidak menyusup ke rel pintu yang mengakibatkan cairan pelumas pada pintu tersapu oleh air.

 

Untuk memastikan kondisi pintu geser elektrik mobil Toyota tetap dalam kondisi prima, konsumen bisa bertanya langsung sekaligus melakukan pengecekan di bengkel resmi Auto2000 yang tersebar di 104 dari total 188 outlet Auto2000 di Indonesia.

 

Selain itu, Anda bisa melakukannya sembari melakukan service berkala yang bisa dipesan lebih awal melalui fitur Online Booking Service di Seva.id.

 

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.