Search Cars

Otomotif

Ketahui 3 Perbedaan Spoiler dan Wing Sebelum Memasangnya

Spoiler dan wing yang biasa digunakan pada bagian belakang mobil saat ini sudah banyak beredar di pasaran, baik versi pabrikan ataupun aftermarket. Model serta harganya juga bervariasi, sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen.

 

Walaupun keduanya merupakan aksesoris yang sama-sama dipakai untuk mendukung kinerja mobil, bukan berarti spoiler dan wing bisa disamakan. Ada beberapa perbedaan kegunaan, ukuran, dan bahan yang harus diketahui oleh Anda jika ingin membelinya.

Fungsi dan bentuk

Walaupun hampir mirip, kedua aksesoris tersebut memiliki fungsi yang berbeda. Spoiler biasanya digunakan pada city car untuk mengurangi efek melayang saat berkendara, dan akan bekerja maksimal saat mobil dipacu pada kecepatan tinggi. Selain itu, ternyata spoiler juga dapat menangkal kotoran, seperti debu, pasir kecil, atau air hujan pada kaca belakang yang disebabkan oleh turbulensi udara di bagian tersebut.

 

Sedangkan wing lebih sering digunakan untuk mobil-mobil yang memiliki performa tinggi atau mobil balap yang digunakan di sirkuit. Wing juga dirancang sesuai dengan desain mobil oleh pabrikan pembuatnya, sehingga memiliki bentuk yang berbeda antara yang satu dengan lainnya.

Desain wing akan disesuaikan dengan lekuk body, sehingga mempengaruhi aliran udara dari depan ke belakang. Lalu, wing juga akan menekan bagian belakang mobil (downforce) agar ban semakin mendapatkan traksi atau grip ke aspal. Begitu juga saat menikung, wing akan membuat mobil tetap stabil walaupun melibas tikungan tajam dengan kecepatan tinggi.

 

Jadi, jika dipasang pada mobil yang digunakan untuk harian, wing dirasa tidak ideal. Apalagi bentuknya yang besar dan tinggi akan mengganggu pengendara lain, serta membebani kinerja mesin. Berbeda dengan spoiler yang memiliki bentuk lebih kecil dari wing. Oleh karena itu, spoiler adalah perangkat aerodinamika yang cocok digunakan pada mobil yang dipakai untuk harian daripada wing.

Bahan pembuat

Spoiler dari pabrikan rata-rata dibuat dari bahan plastik polyurethane yang memiliki sifat lentur dan ringan, sehingga membuatnya tahan lama. Sementara spoiler aftermarket kebanyakan memakai bahan fiberglass dan dibuat secara handmade menggunakan cetakan.

 

Berbeda dengan wing yang harus mengikuti desain mobil, lekukan, bahkan situasi di sirkuit ketika menentukan bahan pembuatnya. Biasanya wing akan terbuat dari bahan karbon dan bahan fiber yang sering digunakan oleh modifikator.

Aksesoris tambahan

Perbedaan terakhir adalah spoiler biasanya disematkan aksesoris tambahan, seperti stoplamp yang gunanya sama dengan stoplamp mobil. Sedangkan wing kebanyakan didesain khusus untuk mengatur aerodinamika mobil, sehingga tidak membutuhkan aksesoris tambahan.

 

Nah, sekarang Anda sudah dapat membedakan fungsi dari spoiler dan wing. Jadi, jangan sampai salah pasang ya.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.