Kesalahan yang Sering Terjadi Saat Beli Rumah Pertama Kali

By Arris Riehady - Agustus 29, 2019

Jangan keburu nafsu jika ingin punya rumah, apalagi itu untuk yang pertama kali. Berikut kesalahan beli rumah pertama kali yang harus dihindari.

punya rumah sendiri

Tabungan hanya untuk DP

Jika sudah membayar uang muka, selanjutnya yang mesti Anda lakukan adalah membayar cicilan tepat waktu.

 

Hal ini penting, agar rumah yang sudah Anda beli dan miliki tidak disita oleh pihak penyedia KPR.

 

Selain itu, bahaya dan kesalahan beli rumah lain adalah besar cicilan tidak sesuai dengan besar pendapatan. Seperti kata pepatah besar pasak daripada tiang, Anda akan memiliki lebih besar pengeluaran daripada pemasukan.

 

Bagaimana Anda bisa hidup bila pendapatan tiap bulan hanya dihabiskan untuk membayar cicilan rumah? Kasarnya seperti itu.

kesalahan beli rumah

Tenor terlalu singkat

Dengan tenor yang terlalu singkat, otomatis Anda harus membayar cicilan yang lebih besar tiap bulannya.

 

Umumnya, ketika membeli rumah dengan cara kredit, orang cenderung mengambil tenor yang paling lama dengan harapan dapat menekan pembayaran cicilan di tiap bulannya.

 

Namun lain hal bila memang pendapatan Anda besar dan tidak mau terus menerus digantungi oleh hutang, Anda bisa mengambil tenor yang singkat. Nantinya rumah tersebut pun bisa jadi investasi bagi Anda.

kesalahan beli rumah

Melupakan biaya ekstra

Ada banyak biaya tak terduga ketika Anda membeli rumah. Selain cicilan di tiap bulan, ada biaya ekstra lain yang harus disiapkan saat membeli rumah.

 

Dikutip dari moneysmart.id, biaya tersebut antara lain, biaya appraisal, asuransi jiwa, notaris dan pajak properti.  Nominal atau nilai dari biaya tersebut pun tidak semua sama, tergantung dari lokasi rumah yang akan Anda beli.

 

Jadi sebaiknya Anda siap-siap akan kemungkinan adanya pengeluaran tambahan setelah akad jual beli rumah selesai.

 

Tidak mempertimbangkan biaya ekstra berari Anda sudah melakukan kesalahan beli rumah.

kesalahan beli rumah

Tidak ikut asuransi

Tidak ada yang pernah tahu kapan musibah akan terjadi, sehingga walau beli rumah secara kredit, sebaiknya Anda mengajukan asuransi properti untuk rumah tersebut.

 

Selain kesehatan dan jiwa, rumah merupakan aset yang harus dilindungi. Dengan asuransi properti Anda akan diberikan rasa nyaman jika saja hal buruk menimpa rumah Anda.

kesalahan beli rumah

Terlalu percaya diri

Kebanyakan orang merasa sudah paham dan mengerti unit rumah yang akan dibeli seutuhnya.

 

Namun, setelah unit rumah selesai dibangun atau ditempati banyak ketidakpuasan dan masalah di sana-sini.

 

Meski paham dan mengerti sebaiknya Anda jangan terlalu percaya diri. Tidak ada salahnya  untuk menggunakan jasa profesional yang mengerti tentang properti.

 

Baca juga: Bikin Nyaman Rumah Anda dengan Mengaplikasikan Tren Warna 2019 Berikut!

 

Mereka adalah orang-orang yang bisa memberi saran tentang lingkungan rumah, struktur bangunan, lokasi strategis, bebas banjir hingga ke nilai jual rumah di kemudian hari.

 

Ini kesimpulan dari kesalahan beli rumah pertama kali yang harus dihindari.

kesalahan beli rumah

Berita Terkait

Author

What (apa), Who (siapa), When (kapan), Where (dimana), Why (kenapa), dan How (bagaimana). Suka kecepatan dan ketinggian. I am @arristoocrazy!