Kendaraan Berusia 3 Tahun Wajib Uji Emisi, Apa Alasannya?

By Reka Harnis - Oktober 12, 2020

Semua kendaraan yang sudah berusia 3 tahun wajib uji emisi. Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

wajib uji emisi

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan memperketat aturan terkait gas buang kendaraan bermotor baik mobil dan sepeda motor melalui wajib uji emisi.

Regulasi terkait aturan baru ini sudah resmi diterbitkan dan diatur dalam Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 66 Tahun 2020 Tentang Uji Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor, yang merupakan revisi dari Pergub Nomor 92 Tahun 2007. 

Terdapat beberapa poin revisi yang dilakukan dalam Pergub 66 atas ubahan Pergub 92. Salah satunya adalah terkait dengan wajib uji emisi yang dikhususkan untuk penggunaan kendaraan pribadi.

Beberapa faktor menjadi alasan diresmikannya aturan wajib uji emisi, salah satunya adalah untuk menjaga gas buang kendaraan agar lebih baik.

Baca juga:  Selain Membatasi Usia Kendaraan Bermotor, Ini Cara Jakarta Atasi Polusi

Berbagai persiapan tengah dilakukan sejak awal terbitnya Pergub ini, mulai dari fasilitas pengujian beserta sanksi yang akan dimulai awal 2021 mendatang.

Terkait dengan sanksinya, mengacu pada Pergub 66 pasal 17, pemilik kendaraan dengan usia kendaraan 3 tahun yang tidak melakukan kewaijban atau tidak memenuhi ketentuan lulus gas buang akan dikenakan sanksi berupa disinsentif.

Baca juga: Pengendara Motor yang Berteduh di Bawah Flyover akan Ditilang

Bentuk disinsentif tersebut berupa pembayaran parkir tertinggi, serta penegakan hukum di jalan yang dilakukan oleh kepolisian dan Dinas Perhubungan (Dishub) berupa sanksi yang mengadu pada UULAJ No. 22 Tahun 2009 pasal 285 dan 286.

Berita Terkait

Author