Search Cars

Uncategorized

Kenapa Warna Cat Mobil Menguning? Ini Penyebab dan Solusinya

Kenapa cat mobil menguning? Ada beberapa hal yang menjadi penyebab dan cara mengatasinya, tips ini sangat mudah bahkan dapat Anda lakukan sendiri.

Cat mobil adalah sesuatu yang paling terlihat pada bagian eksterior dan sangat memengaruhi penampilan mobil. Untuk itu, warnanya perlu dijaga agar tidak mengganggu estetika atau keindahan dari mobil tersebut.

 

Apabila Anda lupa melakukan perawatan, cat mobil lama-kelamaan dapat menguning, apalagi jika mobil Anda berwarna putih.

 

Ada beberapa faktor yang menyebabkan mobil lama-kelamaan akan menguning. Tiga di antaranya dapat Anda simak di bawah ini.

 

Kotoran

Kotoran seperti bekas sabun, cipratan air di jalan, debu yang lengket, dan lain-lain merupakan salah satu faktor yang membuat cat mobil cepat menguning. Biasanya, hal ini sering terjadi pada bagian bawah mobil, bumper, dan bagian bawah pintu mobil.

 

Kotoran tersebut akan membentuk bercak atau kerak bila tidak segera dibersihkan. Bercak-bercak kotoran tersebut yang dapat merusak warna cat mobil Anda, lalu lama-kelamaan warnanya berubah menjadi kuning.

 

Oksidasi

Selain kotoran, oksidasi juga merupakan faktor yang memengaruhi warna cat mobil. Oksidasi merupakan masalah yang sering dialami oleh sebagian pemilik mobil, di mana lapisan terluar cat akan terkena udara kotor dan air secara terus-menurus, akhirnya cat mobil menjadi kuning.

 

Saat mobil tidak menggunakan lapisan pelindung cat, molekul di udara akan mudah berinteraksi dengan cat. Kemudian, oksigen berpeluang untuk membakar radikal bebas yang terkandung di dalam cat dan membuatnya menguning.

Terkena sinar matahari langsung

Dari kedua faktor di atas, penyebab yang paling sering membuat warna mobil menjadi kuning adalah terkena sinar matahari langsung (UV). Seperti yang diketahui, paparan sinar matahari yang langsung menuju bodi mobil dapat membuat cat mobil rusak.

 

Apalagi jika mobil tidak menggunakan pernis yang berkualitas, peluang cat mobil menjadi kuning akan lebih cepat.

 

Cara mengatasi dan menghindari cat mobil kusam

Cat mobil merupakan hal yang paling mencolok pada bagian eksterior mobil. Apabila perawatannya kurang diperhatikan, tampilan mobil juga terlihat kurang bagus. Untuk mengatasi masalah tersebut, ada beberapa cara merawat cat mobil yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah.

 

Cuci mobil di waktu yang tepat

Pertama, perhatikan waktu yang tepat ketika ingin mencuci mobil. Untuk menghindari kerusakan pada cat mobil, ada baiknya mencuci mobil dilakukan sebelum jam 8 pagi atau setelah jam 5 sore untuk menghindari sinar matahari langsung.

 

Sinar matahari dapat membuat sisa air cucian yang mengandung busa sabun cepat mengering sehingga menimbulkan kerak pada cat mobil.

 

Lalu, gunakan shampo khusus agar kotoran yang menempel pada body mobil dapat terangkat. Jangan lupa juga untuk memilih shampo yang memiliki tingkat pH balance, yaitu pH yang mendekati 7 untuk meminimalisir terjadinya goresan dan warna kusam akibat busa shampo.

 

Gunakan clay bar untuk menyerap kotoran di permukaan cat

Setelah itu, Anda dapat menggunakan clay bar untuk membantu mengangkat kotoran pada permukaan cat mobil. Clay bar berbentuk kotak dan memiliki sifat fleksibel layaknya karet, serta sangat sensitif terhadap benda-benda seperti debu atau pasir.

 

Jadi, clay bar tidak boleh jatuh ke tanah karena dikhawatirkan ada pasir atau kerikil yang menempel sehingga akan menimbulkan goresan pada cat mobil ketika dipakai.

 

Poles dan waxing

Terakhir, Anda bisa memoles mobil untuk menghapus warna kusam yang melekat pada cat mobil. Namun, memoles mobil dapat membuat cat menjadi tipis karena terkikis oleh polesan tersebut.  Jadi, jangan terlalu sering memoles mobil jika memang tidak dibutuhkan.

 

Lebih baik gunakan wax untuk merawat dan memberikan perlindungan pada cat mobil. Caranya sangat mudah, yaitu dengan menggunakan spon khusus untuk membalurkan wax ke bagian-bagian yang diinginkan.

 

Gosokkan wax tersebut dengan cara memutar, vertikal, atau horizontal sesuai dengan kebutuhan. Biasanya, pada salon mobil profesional, mereka akan menggunakan mesin yang bergerak memutar untuk menggosokkan wax.

 

Tetapi hal tersebut tidak mutlak, Anda bisa melakukannya dengan menggunakan bahan yang lembut. Bila sudah selesai, gunakan lap berbahan microfiber untuk membersihkan wax tersebut pada tahap akhir.

 

Anda juga dapat menambahkan nano ceramic coating pada permukaan cat yang sudah diberi wax untuk memberikan proteksi pada cat mobil dari sinar ultra violet, sehingga warna kinclong mobil dapat bertahan lebih lama.

 

Bagaimana, mudah kan? Untuk itu, selalu rawat cat mobil Anda secara berkala agar tidak rusak dan menguning yang dapat menganggu penampilan mobil.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.