Kenapa Toyota Avanza Masih Jadi Mobil Sejuta Umat?

Toyota masih merajai penjualan mobil di Indonesia dengan membukukan penjualan sebanyak 27.251 hingga akhir September tahun ini. Segmen Low Multi Porpose Vehicle (LMPV) mereka, yaitu Avanza, menjadi penyumbang terbesar.

Avanza mencatatkan penjualan sebesar 8.083 unit, jauh mengungguli para kompetitornya. Sementara, di urutan kedua dan ketiga berturut-turut juga dikuasai oleh Toyota, yaitu Calya dan Innova.

Banyaknya kompetitor yang memiliki produk LMPV ternyata tidak menggoyahkan Avanza sebagai penguasa pasar LMPV di Indonesia. Apa penyebabnya?

Silakan simak beberapa alasan di bawah ini.

1. Kekuatan brand

Tidak bisa dipungkiri bahwa kekuatan brand Toyota sudah melekat di benak konsumen tanah air. Image Toyota yang sering kali mencetak mobil berkualitas, tahan banting, dan daya beli serta perawatan yang terjangkau menjadi jaminan bagi para konsumen untuk tidak ragu dalam memilih Avanza sebagai mobil keluarga, bahkan sebagai mobil utama mereka.

2. Banyak varian

Untuk urusan ini, Avanza menyediakan berbagai macam tipe, mulai dari tipe E, G, dan Avanza Veloz. Selain itu, ada dua pilihan mesin dengan 1.300 cc dan 1.500 cc, serta transmisi manual 5 percepatan dan transmisi otomatis 4 percepatan dengan harga barunya mulai dari Rp 190 jutaan.

3. Aftersales terjamin

Bagi para penggemar Toyota, mungkin hal ini sudah tidak diragukan lagi. Sampai dengan tahun ini, lebih dari 300 jaringan bengkel Toyota tersebar di Indonesia, bahkan sampai ke kota-kota kecil sehingga seluruh konsumen dapat menikmati kemudahan melakukan servis dan mendapatkan suku cadang orisinil.

4. Pelayanan terbaik

Toyota selalu mengandalkan filosofi customer first dengan mengedepankan The Best Total Ownership Experience kepada para pelanggannya. Jadi, Toyota menjamin seluruh pelanggannya mendapatkan pelayanan terbaik dari seluruh jaringan Toyota, mulai dari dealer, pelayanan after sales, customer care, dan lain-lain.

5. Harga jual kembali

Banyaknya peminat dari Toyota Avanza ternyata juga mempengaruhi harga jual mobil sejuta umat ini. Kenyataannya, saat ini Avanza masih menjadi salah satu mobil di kelas LMPV yang paling diburu oleh para konsumen ataupun pedagang mobil bekas.

6. Komunitas

Dengan banyaknya pengguna, otomatis juga meningkatkan jumlah komunitas Toyota Avanza di Indonesia.  Sebut saja AXIC (AvanzaXenia Indonesia Club) yang sudah memiliki banyak chapter di luar kota, seperti di Medan, Palembang, Sukabumi, Cirebon, Yogyakarta, Surabaya, Gresik, dan daerah lainnya. Belum lagi TACI (Toyota Avanza Club Indonesia), AVOID (Avanza Owners Indonesia), Velozity, dan lain-lain.