Search Cars

Tips & Rekomendasi

Kenali Tanda-tanda Fuel Pump Mobil Bermasalah Sebelum Telat

Bertugas untuk mengalirkan bahan bakar, ini tanda-tanda fuel pump mobil bermasalah yang perlu kamu catat.

fuel pump mobil bermasalah

Dalam sebuah kendaraan bermotor, mesin akan bekerja maksimal apabila terjadi proses pembakaran yang baik. Untuk itu, salah satu syaratnya adalah tersedianya bahan bakar yang berupa bensin atau solar.

Sebuah kendaraan membutuhkan pompa bahan bakar atau yang biasa disebut dengan fuel pump untuk melakukan pembakaran. Fuel pump berfungsi untuk mengalirkan bahan bakar yang akan digunakan dari tangki menuju mesin.

Baca juga: Apa Akibatnya Bila Mengisi BBM Mobil Bensin dengan Solar?

Lalu, apa jadinya jika fuel pump mobil bermasalah atau tidak berfungsi dengan baik?

Salah satu dampaknya adalah proses pembakaran yang terjadi tidak bekerja dengan maksimal. Hal ini bisa mengakibatkan mesin mati secara tiba-tiba.

Lalu apa saja yang menandakan bahwa fuel pump bermasalah? Untuk lebih lengkapnya, simak ulasan di bawah ini.

Mesin tersendat hingga mati total

Salah satu tanda yang paling umum ketika fuel pump mobil bermasalah adalah mesin yang tersendat atau tidak bisa konstan hingga mati total.

Hal ini terjadi karena fuel pump tersumbat kotoran sehingga asupan bahan bakar ke ruang bakar menjadi terhambat atau bahkan tidak dapat bekerja sama sekali, sehingga dapat menyebabkan mobil mati total.

Baca juga: Alasan Kenapa Mesin Harus Dimatikan Saat Isi Bensin di SPBU

Ini seringkali disebabkan dari penggunaan bahan bakar yang kualitasnya kurang baik atau tidak sesuai dengan standar mesin.

Mesin sulit dinyalakan

Selain tersendat, fuel pump mobil yang bermasalah juga dapat terjadi pada mobil yang terparkir terlalu lama hingga berakibat mobil sulit dinyalakan.

Hal ini dikarenakan bahan bakar yang harusnya siap, ternyata sudah tak tersedia di jalur fuel line.

Lalu, one way valve yang ada di dalam motor fuel pump terganjal kotoran. Pada akhirnya, tekanan bahan bakar tidak bisa bertahan di fuel line dan menyebabkan bocor ke tangki lagi.

Tak hanya karena kotoran, masalah ini juga terjadi akibat spring yang lemah.

Bahan bakar yang terlambat masuk ke ruang bakar menyebabkan mesin harus menunggu lebih lama untuk bisa hidup ketika mobil distarter.

Baca juga: 5 Cairan Penting yang Dibutuhkan Mobil Selain Oli dan Bensin

Sekring fuel pump gosong atau putus

Untuk mengetahui ciri yang satu ini kamu bisa memeriksa fuel pump mobil, yang rata-rata letaknya di bawah kap tepat di sebelah aki. Bila terdapat bekas terbakar pada fuel pump, tandanya sekring fuel pump bermasalah.

Sekring bertugas untuk melipatgandakan arus listrik sehingga fuel pump mobil tetap bekerja secara maksimal. Sekring fuel pump bisa gosong apabila tersumbat kotoran, hal inilah yang membuat sekring bekerja lebih berat.

Baca juga: Benarkah Mobil Dapat Meledak jika Tangki Bensin Ditembak?

Apabila dipaksakan, berpotensi menimbulkan masalah lain, misalnya adalah sekring fuel pump akan putus.

Timbul bau bensin yang menyengat

Kamu perlu sedikit waspada apabila mencium bau bensin yang menyengat dari asap knalpot, bisa jadi hal itu muncul akibat dari fuel pump mobil bermasalah.

Munculnya bau bensin tersebut merupakan efek dari proses pembakaran yang tidak sempurna pada mesin. Tidak sesuainya jumlah bahan bakar yang disalurkan ketika proses pembakaran merupakan penyebabnya.

Ketika proses pembakaran tidak bekerja dengan sempurna, uap gas yang dihasilkan bahan bakar akan ikut terbuang lewat exhaust manifold atau pipa ruang bakar.

Baca juga: Apakah Menguras Tangki BBM Mobil Bisa Dilakukan Sendiri?

Cara mencegah fuel pump bermasalah

Pertama, kamu perlu mengisi bahan bakar saat volumenya tinggal seperempat tangki. Ada baiknya hindari mengisi bahan bakar ketika sudah di bawah takaran tersebut, karena kotoran yang berada di dasar tangki berpotensi ikut tersedot fuel pump saat sedang bekerja mengalirkan bahan bakar.

Kedua, kuraslah tangki bahan bakar secara teratur, paling tidak lima tahun setelah pemakaian mobil. Namun, untuk mobil yang telah lama dipakai sebaiknya lakukan dalam dua tahu sekali.

Cara yang satu ini berfungsi untuk menghilangkan kotoran pada tangki dan juga membersihkan unsur-unsur kimia lain, termasuk bakteri yang ada di dasar tangki. Terlebih bagi mobil yang tangki bahan bakarnya kerap kosong atau terlambat mengisi bahan bakar.

Terakhir, hindari mengisi bahan bakar di waktu yang tidak tepat. Contohnya, saat Stasiun Pompa Bensin Umum (SPBU) sedang mengisi bunker bahan bakar.

Baca juga: Kelistrikan Mobil Bermasalah? Bukan Cuma Aki Penyebabnya  

Untuk itu, ketika mengalami tanda-tanda fuel pump mobil bermasalah, segera mengatasinya dengan membawa mobil ke bengkel resmi.

Kurangnya waktu tak lagi bisa dijadikan alasan untuk tidak memberi perhatian lebih pada mobil kesayanganmu, karena ada layanan Home Service dan Booking Service dari Seva.id yang siap kamu andalkan.

Jadi, jangan lupa kunjungi Seva.id ya, yang #BikinKamuSiap berkendara dengan nyaman.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.