Kenali Tanda-tanda Fuel Pump Mobil Bermasalah Sebelum Telat

By Reka Harnis - June 18, 2020

Bertugas untuk mengalirkan bahan bakar, ini tanda-tanda fuel pump mobil bermasalah yang perlu kamu catat.

fuel pump mobil bermasalah

Dalam sebuah kendaraan bermotor, mesin akan bekerja maksimal apabila terjadi proses pembakaran yang baik. Untuk itu, salah satu syaratnya adalah tersedianya bahan bakar yang berupa bensin atau solar.

Sebuah kendaraan membutuhkan pompa bahan bakar atau yang biasa disebut dengan fuel pump untuk melakukan pembakaran. Fuel pump berfungsi untuk mengalirkan bahan bakar yang akan digunakan dari tangki menuju mesin.

Baca juga: Apa Akibatnya Bila Mengisi BBM Mobil Bensin dengan Solar?

Lalu, apa jadinya jika fuel pump mobil bermasalah atau tidak berfungsi dengan baik?

Salah satu dampaknya adalah proses pembakaran yang terjadi tidak bekerja dengan maksimal. Hal ini bisa mengakibatkan mesin mati secara tiba-tiba.

Lalu apa saja yang menandakan bahwa fuel pump bermasalah? Untuk lebih lengkapnya, simak ulasan di bawah ini.

Mesin tersendat hingga mati total

Salah satu tanda yang paling umum ketika fuel pump mobil bermasalah adalah mesin yang tersendat atau tidak bisa konstan hingga mati total.

Hal ini terjadi karena fuel pump tersumbat kotoran sehingga asupan bahan bakar ke ruang bakar menjadi terhambat atau bahkan tidak dapat bekerja sama sekali, sehingga dapat menyebabkan mobil mati total.

Baca juga: Alasan Kenapa Mesin Harus Dimatikan Saat Isi Bensin di SPBU

Ini seringkali disebabkan dari penggunaan bahan bakar yang kualitasnya kurang baik atau tidak sesuai dengan standar mesin.

Berita Terkait

Author