Kenali Perbedaan Fasilitas Rest Area Tipe A, B, dan C

By Reka Harnis - Desember 21, 2020

Ingin istirahat saat sedang perjalan lewat tol? Kenali dulu yuk perbedaan fasilitas rest area tipe A, B, dan C berikut ini.

Berkendara melalui jalan tol cenderung tidak memakan banyak waktu, sehingga bisa sampai di tempat tujuan lebih cepat. Meski begitu, tak bisa dipungkiri kalau rasa lelah hingga kehilangan fokus seringkali menghampiri para pengendara. 

Tidak heran, pasalnya kondisi jalan yang bebas hambatan membuat banyak pengendara yang memacu mobilnya cenderung lebih cepat sehingga dibutuhkan fokus yang ekstra. Hal ini tentu melelahkan jika dilakukan dalam waktu yang lama.

Jika sudah demikian, maka solusinya adalah beristirahat sejenak. Sebab, jika dipaksakan untuk melanjutkan perjalanan, bahaya tak hanya mengintai pengendara dan penumpang saja namun juga pengguna jalan tol lainnya. 

Baca juga: Apa Sebenarnya Fungsi Jalur Kanan di Jalan Tol?

Oleh karenanya, pengelola jalan tol memberikan fasilitas untuk mendukung pengendara agar tetap terasa nyaman dan meminimalisir terjadinya kecelakaan, salah satunya ialah kehadiran rest area di beberapa titik di jalan tol. Setiap rest area biasanya memiliki fasilitas yang berbeda-beda, tergantung tipe dari rest area tersebut. 

Kehadiran  rest area sendiri terbagi menjadi tiga tipe, yaitu rest area tipe A, B, dan C yang masing-masing memiliki fasilitas pendukung yang telah siap digunakan.

Setidaknya ada 75 unit fasilitas rest area di jalan tol Trans Jawa yang tersebar di setiap titik pemberhentian dari Merak hingga Surabaya. Masing-masing ada 32 rest area Tipe A, 22 rest area Tipe B, dan 21 rest area Tipe C.

Sementara di ruas Trans Sumatera hanya ada rest area Tipe C karena sejumlah tol masih bersifat fungsional. Di antaranya di ruas Bakauheni – Terbanggi Besar terdapat 6 rest area, ruas Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung terdapat 6 rest area, dan di ruas Tol Medan – Kualanamu – Tebing Tinggi terdapat 2 rest area.

Baca juga: 5 Hal Wajib yang Diketahui Saat Melewati Tol Layang Cikampek

Lantas, apa yang membedakan fasilitas rest area tipe A, B, dan C pada jalan tol?

Rest Area Tipe A

Untuk rest area A cenderung lebih luas dibandingkan dengan tipe lainnya. Bahkan dari segi fasilitas juga lebih lengkap, yakni meliputi Pusat Anjungan Tunai Mandiri dengan fasilitas isi ulang kartu tol, dan toilet.

Baca juga: Tips Menghindari Kecelakaan Mobil dengan Truk di Jalan Tol

Selain itu sebagai penunjang ada juga fasilitas klinik kesehatan, bengkel, warung atau kios, minimarket, mushola, stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU), restoran, ruang terbuka hijau, dan sarana tempat parkir yang luas.

Berita Terkait

Author