Kemeriahan Festival Pesona Selat Lembeh 2019 yang Mendunia

By nadyamulya - September 26, 2019

Dikenal akan keindahan alam bawah lautnya hingga mendunia, Lembeh kembali menggelar Festival Pesona Selat Lembeh 2019. Apa saja kemeriahannya?

Festival Pesona Selat Lembeh 2019

Merupakan sebuah pulau yang masuk dalam wilayah administrasi Kota Bitung, Sulawesi Utara, Lembeh terkenal hingga mancanegara berkat keindahan alam bawah lautnya.

 

Perairan di selat antara mainland Bitung dan Pulau Lembeh ini dangkal dan nyaris tanpa arus, dengan dasar pasir hitam. Tempat menyelam seperti ini dikenal dengan istilah muck dive.

 

Ya, sudah bukan rahasia umum kalau turis datang ke Lembeh untuk menyelam dan berburu foto dari nudibranch, mimic octopus, hingga hairy frogfish atau jenis frogfish yang memiliki bulu.

 

Baca juga: Pesona Wisata Alam Balikpapan untuk Melarutkan Penat

 

Untuk alasan ini penyelam dan fotografer bawah laut telah menjuluki Lembeh sebagai Surga untuk Fotografi Bawah Laut.

Festival Pesona Selat Lembeh 2019

Tidak hanya Lembeh, Bitung sendiri pun dikenal sebagai tempat tujuan wisata, seperti Pantai Serena, Pantai Batu Angus, Pantai Batu Putih, Gunung Dua Saudara hingga Taman Nasional Tangkoko.

 

Untuk lebih banyak menarik turis dan mempromosikan potensi wisata Bitung umumnya dan Lembeh khususnya, pemerintah setempat kembali menyelenggarakan Festival Pesona Selat Lembeh 2019.

 

Festival Pesona Selat Lembeh 2019 merupakan satu dari tiga festival besar di Sulawesi Utara yang masuk 100 Calendar of Events 2019.

 

Baca juga: Catat Tanggalnya, Jangan Lewatkan Calendar Event 2019 Ini

 

Sebelumnya Sulawesi Utara sukses menggelar Festival Pesona Bunaken, Manado pada 26-29 Juli 2019 dan Tomohon International Flower Festival pada 7-12 Agustus 2019.

 

Nah, Festival Pesona Selat Lembeh 2019 akan digelar pada 6-10 Oktober mendatang. Apa saja kemeriahannya? Berikut di antaranya.

Festival Pesona Selat Lembeh 2019

Sailing Pass dan Lomba Kapal Hias

Baik Sailing Pass dan Lomba Kapal Hias bisa dibilang merupakan ikon dari penyelenggaraan Festival Pesona Selat Lembeh dari tahun ke tahun.

 

Nantinya, yacht, kapal dagang, kapal nelayan, dan kapal-kapal hias yang melibatkan turis, masyarakat, instansi pemerintah, perusahaan, Polisi, dan Tentara Nasional Indonesia akan melintasi Selat Lembeh.

 

Tiap penyelenggaraan Festival Pesona Selat Lembeh, biasanya dimeriahkan oleh sekitar 1.000 peserta.

 

Baca juga: Cerita Tempat Angker di Banjarbaru yang Bikin Merinding

Festival Pesona Selat Lembeh 2019

Tanam terumbu karang

Kegiatan ini akan melibatkan 200 relawan penyelam dan akan ada 500 bibit terumbu karang yang akan disebar dan ditanam di sekitar Teluk Lembeh.

 

Menanam terumbu karang sudah menjadi tradisi dalam Festival Pesona Selat Lembeh.

 

Tujuannya adalah sebagai bentuk rasa syukur dan menjaga kelestarian serta keindahan alam bawah laut yang dimiliki Bitung dan Lembeh.

 

Baca juga: Deretan Pantai di Flores Timur untuk Asupan Vitamin Sea

Festival Pesona Selat Lembeh 2019

Lomba fotografi

Selain dua acara puncak di atas, masih banyak kegiatan dan acara menarik yang ditawarkan selama penyelenggaraan Festival Pesona Selat Lembeh 2019.

 

Seperti disebut di atas Bitung dan Lembeh dianugrahiu keindahan alam. Maka untuk mengabadikannya, pada Festival Pesona Selat Lembeh 2019 pun turut diselenggarakan lomba fotografi, baik landscape dan bawah air. Tentu akan ada hadiah menarik yang sudah disediakan untuk pemenangnya.

 

Ada juga perlombaan lari marathon 10K, atraksi jet ski, hingga pentas seni dan budaya.

 

Baca juga: Tempat Foto di Keraton Kasepuhan yang Instagramable

Festival Pesona Selat Lembeh 2019

Sashimi tuna

Sementara untuk urusan kuliner, Festival Pesona Selat Lembeh 2019 akan mengenalkan kuliner lokal sashimi tuna khas Bitung.

 

Seperti namanya, daging ikan tuna segar akan disantap mentah-mentah dengan cocolan berupa kecap yang diberi daun serai dan potongan cabai.

 

Masyarakat lokal biasanya menyantap hidangan ini bersama dengan pisang goroho rebus atau singkong goreng. Kebayang lezatnya!

 

Baca juga: Bakal Menyesal jika Tidak Mencoba Kuliner Khas Makassar Ini

Festival Pesona Selat Lembeh 2019

How to get there

Bitung dapat diakses dari Manado, dari Bandar Udara Sam Ratulangi dengan menggunakan mobil lama perjalannya hanya sekitar satu setengah jam saja.

 

Kemudian jika ingin menyebrang ke Pulau Lembeh, kamu bisa menggunakan kapal yang tersedia di pelabuhan. Daripada bingung untuk transportasi, mending kamu sewa mobil saja di Movic dengan fasilitas sopir.

 

Baca juga: Tips Mencari Tempat Sewa Mobil yang Tepat Saat Liburan

Festival Pesona Selat Lembeh 2019

Selain bisa keliling Bitung untuk turut memeriahkan menggelar Festival Pesona Selat Lembeh 2019 dan mengunjungi tempat wisatanya, jika ingin menyebrang ke Lembeh, kamu bisa minta rekomendasi dari sopir agar tidak bingung soal jadwal dan biayanya.

 

Tentunya jika berlibur dan menyewa mobil sekaligus dengan sopirnya, kamu akan lebih hemat tenaga.

 

Selain bertugas mengantar kamu berlibur, sopir juga dapat memberikan informasi tempat wisata yang sesuai dengan kebutuhan atau yang sedang ‘hitz’ di kalangan turis.

 

Tunggu apalagi, mau liburan puas? Download Movic sekarang!

 

   

Berita Terkait

Author