Kebijakan Ganjil Genap Diperpanjang, Ini Rute Terbarunya

Asian Games 2018 yang digelar di Jakarta dan Palembang sudah resmi berakhir. Namun berakhirnya ajang olahraga terbesar di Asia ini tidak mengubah sistem ganjil genap yang dibuat sebelumnya.

 

Pemprov DKI Jakarta telah memperpanjang peraturan perluasan ganjil genap di beberapa ruas jalan hingga 13 Oktober 2018. Kebijakan tersebut diambil dalam rangka menyukseskan perhelatan Asian Para Games 2018 yang akan berlangsung pada tanggal 8 Oktober hingga 13 Oktober 2018.

 

Kebijakan ini dituangkan dalam Pergub DKI No. 92 Tahun 2018 tentang Pembatasan Lalu Lintas Dengan Sistem Ganjil Genap Menjelang dan Selama penyelenggaraan Asian Para Games 2018 dan ditandatangani langsung oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan pada Jumat, 31 Agustus 2018.

 

Sesuai pasal 3 ayat 1 dan 2, kebijakan ganjil genap diberlakukan mulai tanggal 3 September hingga 13 Oktober 2018, setiap hari Senin sampai dengan Jumat pukul 06.00-21.00 WIB dan tidak berlaku pada hari Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional. Selain itu, sistem ganjil genap hanya diterapkan pada kendaraan pribadi roda empat.

 

Berbeda dengan penerapan ganjil genap sebelumnya, selama masa perpanjangan ini, ganjil-genap tidak berlaku di persimpangan terdekat dengan pintu masuk tol sampai dengan persimpangan terdekat.

 

ganjil genap jakartaBerikut ruas jalan yang diterapkan sebagai kawasan pembatasan lalu lintas dengan sistem ganjil genap:

  1. Medan Merdeka Barat
  2. M.H. Thamrin
  3. Jendral Sudirman
  4. Gatot Subroto
  5. Sebagian Jl. Jendral S. Parman (mulai dari Simpang Jalan Tomang Raya sampai Simpang Jalan KS. Tubun)
  6. Jenderal MT. Haryono
  7. H.R. Rasuna Said
  8. Jendral D.I. Panjaitan
  9. Jenderal Ahmad Yani
  10. Sebagian Jl. Benyamin Sueb (mulai dari Bundaran Angkasa sampai Kupingan Ancol)

 

surat tilangDengan terbitnya kebijakan ini, maka kepolisian memiliki dasar hukum untuk melakukan penindakan atau penilangan terhadap pengendara yang melanggar.

 

Bagi Anda yang biasa menggunakan mobil pribadi, tidak perlu khawatir. Anda dapat menggunakan Sejalan sebagai pilihan transportasi alternatif. Sejalan adalah sebuah aplikasi yang berbasis social ride sharing atau nebeng.

 

Anda dapat menjadi Kapten Sejalan yang memberikan tumpangan atau Teman Sejalan yang mencari tumpangan yang searah. Kemudian Kapten Sejalan akan menjemput Teman Sejalan di titik penjemputan yang telah ditentukan di aplikasi.

 

sejalanAnda dapat menggunakan aplikasi Sejalan setiap saat tanpa harus takut terkena kebijakan ganjil genap. Berbeda jika menggunakan mobil pribadi, Anda belum tentu bisa melewati semua rute.

 

Contohnya jika mobil Anda berpelat genap, maka pada tanggal ganjil, Anda tidak bisa melewati beberapa rute yang masuk ke dalam kawasan pembatasan lalu lintas dengan sistem ganjil genap. Dengan menggunakan aplikasi Sejalan, hal tersebut dapat teratasi dengan mudah.

 

Jadi Anda bisa bepergian kemana saja tanpa perlu pusing memikirkan rute mana yang akan dilewati. Jadi segera download aplikasi Sejalan dan rasakan kemudahannya.

 

Download Sejalan:

 

Penulis: Claudia Agettha