Search Cars

Travel & Lifestyle

Kaya Manfaat, Ini Daerah Penghasil Cokelat di Indonesia

Selain kopi, Indonesia juga menghasilkan cokelat yang kualitasnya diakui dunia. Cokelat juga kaya akan manfaat. Nah ini, daerah penghasil cokelat di Indonesia.

daerah penghasil cokelat di Indonesia

Di Indonesia, budidaya kakao sebagai tanaman penghasil cokelat sudah dimulai sejak tahun 1560 di Minahasa, Sulawesi Utara.

 

Kakao Criollo dari Venezuela adalah jenis kakao yang pertama masuk ke Indonesia. Bibit kakao tersebut masuk melalui Filipina yang dibawa oleh pedagang Spanyol.

 

Venezuela sendiri adalah bagian dari koloni Spanyol pada masa itu dan menjadi penghasil kakao terbesar di Indonesia.

 

Pada 2015 Indonesia menempati peringkat ke-3 penghasil cokelat di dunia. Peringkat pertama adalah Cote d’ Ivoire (Afrika), kemudian Ghana, Indonesia, Nigeria, Kamerun, dan Brasil.

 

Baca juga: Daerah di Indonesia yang Terkenal dengan Makanan Pedas

 

Sayangnya konsumsi cokelat masyarakat Indonesia terbilang rendah, hanya 500 gram per kapita, setiap satu tahun.

 

Sementara kopi, berdasarkan Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian Kementerian Pertanian konsumsi kopi nasional pada 2016 mencapai sekitar 250 ribu ton dan tumbuh 10,54% menjadi 276 ribu ton.

 

Selain kopi, Indonesia juga menghasilkan cokelat yang kualitasnya diakui dunia. Nah ini, daerah penghasil cokelat di Indonesia.

 

Baca daerah penghasil cokelat di Indonesia selanjutnya.

daerah penghasil cokelat di Indonesia

Kulon Progo

Selain keindahan alam, ternyata Kulon Progo memiliki pertanian kakao yang terentang di ketinggian 500 sampai 1.000 meter di atas permukaan laut.

 

Cikal bakal cokelat ditanam dengan metode tradisional sehingga menciptakan biji kakao dengan cita rasa yang kuat dan berkualitas.

 

Baca juga: Rekomendasi Spot Sunrise dan Sunset di Kulon Progo

 

Kulon Progo sendiri menempati posisi pertama penjualan kakao asal Yogyakarta.

 

Kalau kamu ke Yogyakarta, ada beberapa merek olahan cokelat yang khas seperti Monggo Chocolates, Cokelat nDalem, dan Chocolate Monggo Tirtodipuran.

daerah penghasil cokelat di Indonesia

Sumatera Barat

Siapa sangka Sumatera Barat yang terkenal akan makanan pedas dan rendang ini juga menjadi salah satu daerah penghasil cokelat di Indonesia.

 

Ada beberapa kabupaten yang menjadi lahan pertanian kakao, di uruta pertama sebagai penghasil terbesar adalah Kabupaten Pasaman.

 

Kakao dari Pasaman memiliki cita rasa khas tersendiri dengan rasa pahit khas kakao yang kuat.

 

Baca juga: Mengungkap Sejarah dan Filosofi Makanan Rendang yang Mendunia

 

Setelahnya ada Kabupaten Padang Pariaman, Kabutapen Pasaman Barat, dan Kabupaten Limapuluh Kota.

 

Dari kabupaten-kabupaten tersebut, pada tahun 2017, Sumatera Barat menghasilkan cokelat kualitas tinggi dengan kapasitas produksi hingga lebih dari 58.594 ton.

 

Baca daerah penghasil cokelat di Indonesia selanjutnya.

daerah penghasil cokelat di Indonesia

Tana Toraja

Selain tradisi pemakaman yang khas, Tana Toraja pun dikenal sebagai daerah penghasil cokelat di Indonesia. Bahkan Tana Toraja pun didaulat sebagai salah satu daerah pengekspor kakao.

 

Biji kakao dari Tana Toraja memiliki karakteristiknya sendiri. Bila diolah, rasa yang tidak terlalu pahit dan tidak mudah lebur

 

Baca juga: Tradisi Pemakaman ‘Harga Sultan’ Ala Tana Toraja

 

Hal tersebut menjadikan produknya cocok digunakan sebagai bahan campuran pembuatan olahan cokelat.

 

Tana Toraja pun memproduksi olahan cokelatnya sendiri dengan merek JC Chocolate. Outletnya berada di Jalan Wolter Monginsidi No. 11 Rantepao Toraja Utara.

daerah penghasil cokelat di Indonesia

Jembrana

Jembrana merupakan sebuah kabupaten yang terletak di ujung barat pulau Bali. Daerah ini dianugrahi dengan curah hujan sedang dan cangkupan sinar matahari tropis, yang cocok pertnaian kakao.

 

Kakao Jembrana menjadi komoditi ekspor. Beberapa negara yang sudah mengimpor kakao dari Jembrana antara lain Perancis, Jepang dan Finlandia.

 

Baca juga: Tempat di Indonesia yang Mirip Lokasi Syuting Drama Korea

 

Selain itu, biji kakao fermentasinya mendapatkan pengakuan ‘Cacao Of Excellence’. Penghargaan ini didapat oleh Biodiversity International yang didukung oleh Salon Du Chocolat di Paris pada tahun 2017.

 

Ada juga produk-produk cokelat asli Jembrana yang bisa kamu jadikan oleh-oleh, seperti Jimbarwana Cokelat dan Cho-Jaensan.

 

Baca daerah penghasil cokelat di Indonesia selanjutnya.

daerah penghasil cokelat di Indonesia

Trenggalek

Kakao sebagai bahan utama pembuatan cokelat sudah menjadi komoditi utama kabupaten ini.

 

Apalagi di jika berlibur ke Trenggalek, kamu bisa angsung menikmati rasa cokelat asli produk Rumah Coklat.

 

Rumah Coklat juga berfungsi sebagai budidaya, pengelolaan, produksi, hingga pengemasan produk olahan cokelat.

 

Baca juga: Deretan Destinasi Wisata Favorit Gen Z di Dalam Negeri

 

Biji-biji dari buah kakao, akan di proses hingga menjadi produk. Mulai dari permen, bubuk, hingga minuman cokelat.

 

Mulai beroperasi ssejak tqhun 2017, Rumah Coklat berlokasi di Jalan Raya Karangan-Dongko. Letaknya sangat strategis jadi rute menuju lokasi cukup mudah untuk dilalui.

daerah penghasil cokelat di Indonesia

Manfaat cokelat

Secara ilmiah manfaat cokelat bagi kesehatan adalah mengandung flavanoid yang bermanfaat sebagai antioksidan dan membantu menangkal radikal bebas dalam tubuh.

 

Cokelat juga dapat mempertahankan elastisitas kulit dan meremajakan sel-sel kulit, mengurangi resiko kanker, menurunkan tekanan darah, meningkatkan kesehatan mata, meningkatkan aliran darah, menurunkan resiko terkena diabetes, hingga mencegah penyakit jantung.

 

Baca juga: Ada Makanan Pencegah Kanker, Mitos atau Fakta?

 

Selain itu, cokelat juga mengandung serotononin yang merangsang otak untuk menciptakan perasaan senang dan bahagia, selain phenethylamine yang menghasilkan hormon endorfin yang bisa membuat seseorang merasa seperti saat sedang jatuh cinta.

 

Menyehatkan bukan?

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.