Kangen Mendaki Saat New Normal? Cek Protokolnya

By Adlina Nufikha - Juli 10, 2020

Bagi kamu yang berencana untuk mendaki gunung ada baiknya perhatikan protokol pendakian berikut ini!

Mendaki gunung dan menghirup udara bebas di alam mungkin adalah salah satu kegiatan yang paling ditunggu oleh para pecinta alam, setelah sekian lama berada di rumah karena pandemi virus Covid-19. Kini, memasuki masa new normal beberapa tempat pendakian pun sudah kembali dibuka. 

Baca juga: Tujuh Perbukitan di Jogja Ini Cocok Dikunjungi Usai Pandemi

Meski pendakian gunung sudah diperbolehkan, kamu tak bisa sembarangan. Mengingat aktivitas mendaki gunung termasuk dalam kategori risiko infeksi penularan yang sedang, maka dari itu protokol pendakian sangatlah penting.

Pastikan kondisi

Hal yang paling utama sebelum memutuskan mendaki gunung adalah pastikan kondisi tubuh sehat sebelum, selama dan sesudah perjalanan. Tubuh harus kuat dan dalam kondisi prima untuk melakukan pendakian. Jika dirasa tidak dalam kondisi yang baik, maka ada baiknya urungkan niatmu untuk mendaki.

Baca juga: Rangkuman Panduan New Normal Indonesia dari Kemenkes RI

Susun kelompok pendakian

Sebaiknya lakukanlah pendakian gunung dalam kelompok kecil yakni 2-5 orang. Dengan memperkecil kelompok pendakian, kegiatan tersebut akan jauh lebih aman. Hindari kerumunan dalam tempat dan waktu yang bersamaan, demi mengantisipasi penyebaran virus Covid-19.

Baca juga: Aturan Pengendalian Transportasi di New Normal dari Menhub

Berita Terkait

Author