Search Cars

Tips & Rekomendasi

Jok Mobil Ketumpahan Cokelat? Ini Tips Cara Membersihkannya

Valentine sangat identik dengan cokelat. Setiap momen hari kasih sayang ini datang, orang-orang biasanya merayakan dengan memberikan cokelat kepada orang yang dicintai.

Seringkali, ketika sedang bersama pasangan, cokelat tersebut diberikan dan dimakan di dalam mobil pada saat perjalanan menuju ke suatu tempat untuk merayakan valentine. Saat memakan cokelat, sebaiknya lebih berhati-hati agar cokelat tidak tumpah dan jatuh ke jok mobil.

Tetapi, bagaimana jika itu terjadi? Jangan panik. Sebenarnya, membersihkan jok cukup mudah dikerjakan sendiri jika memiliki waktu cukup. Tetapi, ada sedikit perbedaan untuk membersihkan jok tergantung dari bahannya.

Oleh karena itu, berikut tips membersihkan jok mobil berbahan kain dan kulit dari noda cokelat sebagai panduan jika Anda memiliki waktu luang untuk mengerjakannya.

Jok berbahan kain

Ada beberapa langkah yang harus dikerjakan saat membersihkan jok mobil berbahan dasar kain. Langkah pertama adalah bersihkan debu dan sisa-sisa cokelat dengan vacuum cleaner. Langkah kedua, campurkan sabun cair dengan air hangat.

Kenapa bukan dengan deterjen? Karena deterjen rata-rata berbahan panas sehingga dapat membuat usia jok mobil lebih singkat.

Setelah itu, rendam busa pembersih atau spons ke dalam air yang sudah diberi sabun cair. Remas spons, lalu bersihkan jok yang terkena tumpahan cokelat secara perlahan, jangan sampai jok terlalu basah.

Setelah bersih, lap jok mobil dengan handuk basah untuk menghilangkan sisa zat kimia pada sabun cair yang mengendap pada jok.

Jok berbahan kulit

Banyak orang beranggapan bahwa membersihkan jok kulit cenderung lebih mudah daripada jok berbahan kain. Padahal tidak semudah itu, jok berbahan kulit juga membutuhkan perawatan tambahan.

Anda dapat memulai membersihkan noda cokelat dengan vacuum cleaner, lalu lap sisa-sisa noda cokelat tersebut dengan kain lembut yang sudah diberi pembersih khusus jok berbahan kulit. Setelah bersih, lap jok dengan kain lembut basah untuk memastikan residu dari pembersih tersebut hilang.

Setelah itu, untuk menjaga kualitas dan usia jok kulit, ada baiknya oleskan cairan khusus perawatan jok berbahan kulit. Tampilan jok pun juga akan semakin bagus dan mengkilat.

Jadi, jangan terburu-buru untuk membawa mobil Anda ke salon mobil jika bisa membersihkannya sendiri. Silakan mencoba!

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.