Jenis Olahraga Kekinian Agar Tubuh Selalu Sehat dan Fit

Olahraga bukan hanya kebutuhan untuk kesehatan tubuh, tapi juga sudah jadi gaya hidup. Ini jenis olahraga kekinian agar tubuh selalu sehat dan fit.

jenis olahraga kekinian

Saat ini, olahraga bukan hanya sekedar kebutuhan yang bertujuan untuk membentuk tubuh dan menyehatkan badan, tapi juga sudah menjadi bagian hidup.

 

Tidak heran pula bila bermunculan jenis olahraga kekinian yang menjadi tren, sebut saja salah satunya lari.

 

Lari berawal dari jogging atau lari-lari kecil, sekarang berkembang menjadi marathon, mulai dari jarak lima kilometer, 10 kilometer, atau ada juga yang lebih ekstrim seperti lari lintas alam.

 

Baca juga: Baca juga: Jangan Sembarang Pilih Sepatu Berlari, Ada Tipsnya Loh

 

Selain lari ada juga bersepeda, berikut jenis olahraga kekinian agar tubuh selalu sehat dan fit.

jenis olahraga kekinian

Muay Thai

Di negara asalnya, Thailand, Muay Thai sejatinya merupakan sebuah seni bela diri.

 

Olahraga ini mengutamakan gerak otot tangan, kaki, dan perut yang cepat serta keras. Alasan itu menjadikan Muay Thai sebagai jenis olahraga kekinian karena dianggap dapat membentuk tubuh dan membantu membakar lemak untuk penurunan berat badan.

 

Tidak hanya pria, Muay Thai banyak dipilih oleh wanita untuk pertahanan diri bila dihadapkan dengan kondisi berbahaya seperti penodongan.

jenis olahraga kekinian

Yoga

Olahraga ini tidak pernah lekang oleh waktu. Yoga sebagai jenis olahraga kekinian memiliki banyak pilihan dan terus berkembang sesuai dengan kebutuhan, mulai dari pemula hingga ibu hamil.

 

Ada juga antigravity yoga yang memiliki fungsi untuk mengalirkan kembali darah ke otak karena mengharuskan Anda duduk bersila dengan menggantung secara terbalik.

 

Lalu ada juga acroyoga yang merupakan perpaduan dari akrobat, yoga, dan terapi. Yoga jenis ini dimanfaatkan untuk pembentukan tulang belakang menjadi lebih tegak.

 

Baca juga: Terjebak Macet, Coba Olahraga Ringan Ini Supaya Tetap Fresh

jenis olahraga kekinian

Pilates

Meski secara sekilas gerakan pilates mirip namun olahraga ini berbeda dengan yoga.

 

Bisa dibilang pilates adalah versi kontemporer dari yoga yang diciptakan oleh atlet veteran asal Jerman bernama Joseph Pilates.

 

Pilates sebagai jenis olahraga kekinian digunakan untuk latihan fisik setelah cedera, menguatkan persendian yang lemah, meningkatkan kekuatan otot, serta meningkatkan fleksibilitas dan keseimbangan tubuh.

jenis olahraga kekinian

Zumba

Perlu digaris bawahi, zumba berbeda dengan aerobik. Pada zumba, Anda lebih merasa seperti sedang berdansa daripada senam.

 

Jangan heran, bila musik pada zumba selalu hadir dengan beat yang cepat, yang membuat penikmat jenis olahraga kekinian ini ingin selalu bergoyang.

 

Zumba lebih menitik beratkan pada pembakaran lemak, sehingga banyak dipilih untuk yang ingin mengurangi berat badan.

 

Baca juga: 5 Tips Ini Bisa Bikin Mood Ngantormu Lebih Menyenangkan

jenis olahraga kekinian

TRX

TRX merupakan kependekan dari total body resistance exercise. Awalnya, jenis olahraga kekinian ini dirancang untuk latihan tentara Amerika Serikat dengan memanfaatkan ruang terbatas untuk membentuk otot.

 

Olahraga ini memanfaatkan tali sebagai sarana utamanya untuk mengangkat beban dengan memanfaatkan bobot badan pada orang yang melakukannya.

 

Menurut penelitian, TRX dapat membakar 350-500 kalori selama satu jam, menurunkan kadar lemak, dan meningkatkan massa otot.

jenis olahraga kekinian

Micro gym

Di Indonesia, jenis olahraga kekinian ini dipopulerkan oleh sejumlah selebritis seperti Andien Aisyah, Raline Shah, Karina Salim, hingga Raisa.

 

Micro gym memang cocok untuk mereka yang sibuk tapi tetap ingin memiliki tubuh yang bugar dengan berolahraga.

 

Tidak butuh waktu lama, biasanya hanya 20 menit saja untuk olahraga dengan micro gym.

 

Micro gym ini menggunakan alat Electrical Muscle Stimulation (EMS) dengan jenis mesin yaitu MihaBodytec. Alat ini bekerja untuk menstimulasi jaringan otot penggunanya.

Jadi, mana jenis olahraga kekinian yang cocok untuk Anda? Apa pun itu yang penting harus rajin berolahraga agar tubuh selalu sehat dan fit.

 

Baca juga: Rekomendasi Tempat Wisata untuk Melepas Penat di Banten