Jenis Logam Mulia Berharga Mahal dan Langka Selain Emas

By Amalia Kartika - Agustus 20, 2021

Beberapa jenis logam mulia ini punya harga yang mahal dan juga langka. Apa saja? Berikut daftarnya.

jenis logam mulia

Logam mulia tidak hanya dijadikan sebagai perhiasan, tetapi kerap dimanfaatkan pula untuk kebutuhan investasi, seperti emas.

Jenis logam mulia yang satu ini sudah tidak asing lagi bagi sebagian orang. Emas mampu mencuri perhatian perempuan dan menjadikannya sebagai perhiasan.

Emas yang sifatnya lunak dan elastis membuatnya mudah untuk ditempa, maka dari itu sering dijadikan logam dasar untuk perhiasan, komponen perakitan elektronik, dan sebagainya.

Baca juga: 5 Hal yang Mempengaruhi Harga Emas Naik atau Turun

Lalu, emas juga menjadi salah satu jenis logam mulia yang sering dimanfaatkan sebagai investasi karena harganya yang stabil dan tidak begitu terpengaruh oleh inflasi.

Selain emas, jenis logam mulia lainnya ternyata juga punya daya tarik sendiri. Dari segi nilai tukarnya beberapa bahkan ada yang melebihi emas, lho.

Tentunya ini bisa dijadikan sebagai investasi yang menguntungkan.

Lantas, apa saja jenis logam mulia yang berharga mahal dan langka selain emas? Berikut lima daftarnya.

Platinum

Platinum juga merupakan logam mulia yang cukup familiar bagi kebanyakan orang. Platinum digunakan sebagai bahan pembuatan perhiasan, peralatan kedokteran, kontak listrik, dan peratan laboratorium.

Logam mulia yang tampilannya mirip dengan perak ini lebih padat dibandingkan emas sehingga lebih berat. Platinum juga tahan terhadap korosi dan keberadaannya cukup langka.

Baca juga: 5 Koleksi Anak 90an yang Sekarang Bisa Jadi Investasi

Lalu, apakah platinum bisa dijadikan sebagai investasi? Platinum juga jadi logam mulia yang dipilih untuk dijadikan investasi.

Dari segi harga mungkin lebih murah dibandingkan emas. Harga platinum saat ini sekitar Rp 478.000 per gram dan sekitar Rp15 juta per ons.

Paladium

Apabila melihat harga emas sudah cukup mahal, ada jenis logam mulia yang sedikit lebih mahal dibanding emas, yaitu paladium. 

Paladium yang memiliki warna putih perak mengkilat ini termasuk logam yang sangat tahan terhadap korosi. Negara yang menjadi sumber paladium adalah Afrika Selatan, Amerika Serikat, Kanada, dan Rusia.

Baca juga: 4 Faktor yang Dipertimbangkan Investor dalam Berinvestasi

Harga paladium hampir mencapai US$ 3.000 per ons atau sekitar Rp42 juta. Artinya, harga paladium per gram hampir mencapai Rp1,5 juta.

Sejauh ini, paladium dimanfaatkan untuk membuat catalytic converter untuk mengontrol gas buang emisi di mobil, perhiasan dan banyak digunakan untuk alat-alat kedokteran.

Iridium

Mungkin jenis logam mulia ini namanya sangat dikenal oleh penggemar otomotif. Iridium dikenal memiliki tekstur padat, tahan terhadap korosi serta tahan pada suhu setinggi 2.000 derajat Celcius.

Biasanya iridium digunakan untuk jam tangan, kompas, dan pembuatan busi kendaraan. Logam mulia berwarna perak ini cukup langka dan dapat ditemukan di Afrika Selatan.

Baca juga: Honda Monkey untuk Investasi, Berapa Harganya Sekarang?

Iridium termasuk jenis logam mulia dengan harga yang mahal. Pada awal 2021, harganya mencapai US$ 6.000 per ons atau sekitar Rp87 juta dan harga per gramnya sekitar Rp3,1 juta.

Rhodium

Rhodium merupakan jenis logam mulia yang sangat langka dan hanya diproduksi di beberapa negara, seperti Afrika Selatan, Rusia, dan Kanada.

Karena kelangkaannya, harga rhodium jauh lebih mahal dibanding logam mulia lainnya, yaitu sekitar Rp 15,3 juta per gram atau US$ 29.800 per ons.

Memiliki warna keperakan seperti platinum dan iridium, rhodium sangat tahan terhadap karat serta punya kilauan yang jauh lebih kuat dibanding logam lain.

Baca juga: 5 Tips Investasi Logam Mulia yang Cocok Buat Jangka Panjang

Logam mulia langka ini digunakan untuk pembuatan cermin, perhiasan, mesin tubin pesawat terbang, dan lampu sorot.

Namun, rhodium jarang dijadikan sebagai investasi karena sangat langka dan sulit untuk memproduksinya.

Setelah mengetahui harga dari beberapa jenis logam mulia tersebut, kamu tertarik buat investasi logam mulia yang mana nih?

Berita Terkait

Author