Jenis Suspensi Mobil yang Banyak Digunakan Saat Ini

By Ferdi Julias - April 11, 2019

Air suspension

Terakhir adalah air suspension (suspensi udara), yang sekarang sedang ramai diaplikasikan oleh para modifikator mobil.

Suspensi ini terdiri dari kompresor, tabung udara, berbagai macam selang, dan suspensinya itu sendiri yang saling berkaitan satu sama lain.

Air suspension sangat praktis untuk mengatur ground clearance mobil karena pengendara tidak perlu repot membongkar kaki-kaki.

Baca juga: Mengenal Cara Kerja Air Suspension dan Kelemahannya

Bahkan, sudah ada air suspension yang terintegrasi dengan aplikasi di iOS dan Android. Jadi, proses pengaturan ketinggian mobil bisa dilakukan lewat smartphone.

Bila ingin mengganti suspensi mobil dengan air suspension, pemilik mobil harus siap merogoh kocek agak dalam, karena untuk pemasangan di dua titik saja memakan biaya sekitar Rp 30 jutaan, belum termasuk perawatannya.

Setelah itu, jika salah satu balon suspensi pecah, maka bagian yang pecah tersebut akan terus berada dalam posisi terendah.

Mau tidak mau, bagian lainnya harus mengikuti ketinggian balon yang pecah tersebut agar tingginya tidak terlalu timpang.

Dari berbagai jenis suspensi mobil tersebut, suspensi mana yang jadi pilihan Anda untuk menjaga kenyamanan saat berkendara?

Berita Terkait

Author