Jenis-jenis Suspensi Mobil, Mana yang Paling Empuk?

By Arris Riehady - Februari 17, 2021

Teknologi ini hadir guna menunjang kenyamanan berkendara. Jenis-jenis suspensi mobil pun beragam, mana yang paling empuk?

jenis suspensi mobil

Suspensi merupakan komponen yang terpasang di kaki-kaki mobil. Gunanya untuk meredam meredam hentakan yang mengakibatkan getaran serta guncangan saat mobil berjalan di permukaaan jalan yang tidak rata.

Dengan adanya suspensi, baik pengemudi dan penumpang semakin merasa nyaman saat di dalam kabin. Selain berkaitan dengan kenyamanan, suspensi pun berguna sebagai keamanan dan pengendalian atau handling dalam berkendara.

Perkembangan dari suspensi pun menghasilkan banyaknya jenis yang memiliki fungsi dan cara kerja yang berbeda-beda.

Baca juga: Ternyata Mudah Ganti Suspensi Mobil Bagian Belakang, Ini Caranya

Tentu tiap jenis suspensi mobil memiliki kebihan dan kekurangannya masing-masing. Bahkan seiring teknologi masa kini, ada juga jenis suspensi yang dikenal dengan air suspension.

Lantas jenis suspensi mobil mana yang paling empuk? Ada baiknya untuk menyimak penjelasannya di bawah ini.

jenis suspensi mobil

Double wishbone

Jenis suspensi mobil yang kini banyak digunakan pada platform Toyota New Global Architecture (TNGA).

Ciri yang paling menonjol dari suspensi double wishbone yaitu adanya dua buah arm (lengan) yang menopang sistem suspensi, yakni lower dan upper arm.

Kelebihan penggunaan suspensi double wishbone ada pada pengendalian mobil yang menjadi lebih optimal.

Baca juga: Keunggulan Platform TNGA di Mobil-Mobil Toyota Masa Kini

Namun, pemilik mobil harus menyiapkan waktu yang tidak sebentar ketika harus membongkar sistem suspensi ini karena sistemnya lumayan rumit. Termasuk saat ingin mengganti shockbreaker.

Begitu juga apabila ingin melakukan perawatan, misalnya spooring. Konstruksi suspensi double wishbone terkenal rumit dan memakan tempat, sehingga pada saat spooring prosesnya akan memakan waktu lebih lama.

Berita Terkait

Author

What (apa), Who (siapa), When (kapan), Where (dimana), Why (kenapa), dan How (bagaimana). Suka kecepatan dan ketinggian. I am @arristoocrazy!