Jenis-jenis Sistem Penggerak Mobil dan Perbedaannya

By Arris Riehady - April 26, 2021

Sudah tahu belum mobil kamu menganut sistem penggerak apa? Sebelum lebih jauh, yuk mengenal jenis-jenis sistem penggerak mobil dan perbedaannya.

4WD Part Time

Sistem penggerak mobil merupakan komponen yang menyalurkan tenaga yang dihasilkan oleh mesin ke roda.

Tidak sembarangan, sistem penggerak mobil ini ditentukan berdasarkan kebutuhan oleh mobil serta berpengaruh kepada handling, daya jelajah medan, penyaluran tenaga, dan sebagainya.

Jadi, bukan hal yang mengherankan bila tiap mobil memiliki sistem penggerak yang berbeda-beda.

Baca juga: Hal yang Menyebabkan Setir Mobil Berbunyi Saat Belok

Secara umum, ada empat sistem penggerak mobil seperti FWD, RWD, 4WD, dan AWD. ¬†Namun, di beberapa tipe seperti Mercedes-Benz G63 AMG 6×6, Ford F-150 Raptor 6×6, atau Dodge T-Rex menggunakan sistem penggerak 6WD walau tidak dijual secara umum.

Apa perbedaan dari sistem penggerak mobil tersebut?

Front Wheel Drive (FWD)

Sistem penggerak roda depan atau FWD bisa dibilang saat ini menjadi salah satu yang populer dan banyak digunakan pada mobil-mobil kompak seperti jenis sedan, hatchback, dan beberapa MPV.

Kelebihan mobil penggerak roda depan adalah memiliki ruang kabin yang luas sehingga lebih nyaman karena bagian kolongnya tidak terganggu dengan adanya gardan untuk menggerakkan roda belakang.

Baca juga: Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Mobil Penggerak Roda Depan

Selain memperluas ruang kabin, mobil berpenggerak roda depan diklaim lebih irit bahan bakar karena tenaganya terpusat di bagian depan mobil.

Lalu, transmisi yang bertugas sebagai sistem penggerak, akan langsung menyalurkan tenaga dari mesin ke kedua poros roda yang berada di depan.

Toyota New Calya

Kelebihan lain dari mobil penggerak roda depan yaitu ada pada traksi mobil saat di jalanan yang licin khususnya saat cuaca hujan.

Traksi yang dimilikinya lebih aman untuk digunakan pada jalanan licin, hal ini disebabkan karena roda depan yang menarik roda belakang. Berat mesin mobil yang berada di depan dapat membantu traksi lebih aman.

Baca juga: Ketahui Penyebab Lampu Indikator Suhu Mesin Menyala

Namun, ada juga kekurangan mobil penggerak roda depan, salah satunya kurang stabil. Oleh karena itu, jarang ada mobil balap yang menggunakan sistem penggerak ini.

Lainnya, mobil cenderung lebih rawan kerusakan pada area penggerak jika terjadi benturan di jalanan yang rusak, karena bagian kemudi dan tenaga pendorong yang ada di roda yang sama.

Berita Terkait

Author

What (apa), Who (siapa), When (kapan), Where (dimana), Why (kenapa), dan How (bagaimana). Suka kecepatan dan ketinggian. I am @arristoocrazy!