Search Cars

Berita Utama Otomotif

Jarak Tempuh Jakarta ke Bandung dan Tips Mengemudi Efisien! Liburan menyenangkan, bensin irit!

Jarak Tempuh

Jarak Tempuh Bandung, dengan segala pesona kuliner dan wisata alamnya, selalu menjadi destinasi favorit warga Jakarta untuk liburan singkat. Bagi kamu yang berencana road trip dari Jakarta ke Bandung, persiapan matang tentunya di butuhkan. Selain memastikan kondisi kendaraan prima, mengetahui jarak tempuh dan menerapkan tips mengemudi efisien bisa membuat perjalanan kamu lebih menyenangkan dan irit.

Jarak Tempuh Jakarta ke Bandung

Jarak Jakarta ke Bandung bisa di tempuh melalui dua jalur utama, yaitu:

  • Tol Cipularang (Cikampek-Purwakarta-Palimanan-Cirebon-Langkap): Jalur tol ini merupakan pilihan tercepat untuk menuju Bandung. Jarak yang di tempuh sekitar 165 km dengan perkiraan waktu tempuh 2-3 jam tergantung kondisi lalu lintas.
  • Jalan Nasional/Jalan Trans Jawa: Bagi kamu yang ingin menikmati perjalanan dengan pemandangan perbukitan dan hamparan sawah, jalur arteri ini bisa jadi pilihan. Namun, perlu di catat bahwa jarak yang di tempuh lebih jauh, sekitar 210 km dengan waktu tempuh bisa mencapai 4-5 jam tergantung kelancaran lalu lintas.

Perkiraan Waktu Perjalanan Jakarta-Bandung

Selain jarak tempuh, waktu perjalanan Jakarta-Bandung juga di pengaruhi beberapa faktor, seperti:

  • Kondisi lalu lintas: Pada jam sibuk atau musim liburan, tol Cipularang biasanya padat sehingga waktu tempuh bisa lebih lama.
  • Pemberhentian istirahat: di sarankan untuk tetap melakukan istirahat setiap 2-3 jam mengemudi untuk menjaga konsentrasi dan kesehatan.
  • Pemilihan rest area: Memilih rest area yang tidak terlalu padat bisa menghemat waktu perjalanan kamu.

Tips Mengemudi Efisien untuk perjalanan Jakarta-Bandung

Nah, supaya road trip Jakarta-Bandung kamu lebih irit dan menyenangkan, yuk simak beberapa tips mengemudi efisien berikut ini:

  • Periksa Kondisi Kendaraan: Sebelum berangkat, pastikan kendaraan kamu dalam kondisi baik. Lakukan service rutin, periksa tekanan angin ban, dan pastikan semua lampu berfungsi dengan baik.
  • Rencanakan Rute Perjalanan: Manfaatkan aplikasi penunjuk jalan untuk memilih rute terbaik sesuai kondisi lalu lintas saat itu.
  • Patuhi Batas Kecepatan: Selain untuk keselamatan, mematuhi batas kecepatan juga dapat membantu menghemat bahan bakar.
  • Hindari Injak Rem Mendadak: Kebiasaan injak rem mendadak tidak hanya membuat tidak nyaman penumpang tetapi juga boros bahan bakar. Jaga jarak aman dengan kendaraan di depan dan antisipasi kondisi lalu lintas.
  • Gunakan Cruise Control (jika ada): Fitur cruise control dapat membantu menjaga kecepatan kendaraan secara konstan di jalan tol sehingga lebih irit bahan bakar.
  • Matikan Mesin Saat Berhenti Lama: Jika terjebak macet atau berhenti lama lebih dari 5 menit, matikan mesin kendaraan untuk menghindari pemborosan bahan bakar yang tidak perlu.
  • Atur Beban Kendaraan: Jangan membawa barang bawaan terlalu banyak karena beban kendaraan yang berat akan meningkatkan konsumsi bahan bakar.

Istirahat yang cukup dan Nikmati Perjalanan!

Selain tips di atas, pastikan kamu sudah istirahat dengan cukup sebelum berangkat. Hindari kelelahan dan Selamat jalan!

Tertarik Beli Mobil di SEVA??

Yuk isi informasi kamu dan langsung ngobrol dengan agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.