Jangan Tertukar, Ini Bedanya Vila, Cottage, dan Bungalow

By Amalia Kartika - September 17, 2021

Mau menginap tapi masih suka bingung bedanya vila, cottage, dan bungalow? Cari tahu perbedaannya di artikel berikut ini.

bedanya vila

Kamu masih sering bertanya-tanya apa bedanya vila, cottage, dan bungalow saat mencari penginapan yang tepat waktu liburan?

Tidak jarang, sebagian traveler menganggap ketiga hal tersebut tidak berbeda. Namun sebenarnya, vila, cottage, dan bungalow memiliki perbedaan, lho.

Walaupun sama-sama menjadi tempat penginapan, ternyata ketiganya memiliki keunikan masing-masing.

Lantas apa bedanya vila, cottage, dan bungalow? Simak penjelasannya berikut ini.

Vila

Vila adalah penginapan berbentuk rumah yang ukurannya cenderung luas atau besar. Biasanya, letak vila jauh dari keramaian dan mengutamakan suasana yang asri.

Bedanya vila dengan dengan jenis penginapan lain adalah vila memiliki kamar yang banyak sehingga cocok bagi yang ingin berlibur atau berkumpul dengan keluarga dan teman.

Baca juga: 5 Tempat Wisata di Bandung yang Bernuansa Alam Bebas

Selain itu, vila juga dilengkapi dengan fasilitas pribadi seperti kolam renang, fasilitas olahraga, taman bermain, dan fasilitas hiburan lainnya.

Apabila ingin menginap di vila, kamu harus menyewa keseluruhan area. Tidak bisa hanya menyewa beberapa kamar di dalam satu bangunan saja.

Biaya sewa vila cukup beragam, tergantung dari lokasi, fasilitas, serta jumlah ruangan yang tersedia.

Cottage

Selanjutnya adalah cottage, sebuah penginapan berbentuk pondok atau rumah kecil yang letaknya terpisah-pisah tetapi masih dalam satu area yang sama.

Sebenarnya, cottage adalah rumah sederhana yang digunakan para cotter atau buruh tani. Kini, cottage lebih dikenal sebagai pondok wisata.

Baca juga: Modifikasi Interior Mobil Jadi Rumah Berjalan Saat Liburan

Jenis penginapan ini biasanya berada dekat pantai, di pinggir danau, atau di area hutan dekat pegunungan yang lokasinya terpencil. 

Bedanya vila dan cottage adalah dari ukuran penginapannya, yang mana cottage hanya bisa untuk 1-4 orang saja.

Cottage lebih mengutamakan privasi bagi orang yang menginap, cocok bagi kamu yang ingin mencari ketenangan dan menikmati suasana alam.

Baca juga: Destinasi Wisata Setelah PPKM: 5 Negara Terkecil di Dunia

Bangunan cottage umumnya memiliki sentuhan tradisional dan menggunakan unsur-unsur alam, seperti lantai kayu, atap dari jerami, furnitur bambu, dan sebagainya.

Walaupun, kini banyak vila yang juga menggunakan konsep layaknya cottage.

Bungalow

Terakhir, ada bungalow yang mungkin sering tertukar dengan cottage. Bungalow berasal dari kata Hindi, bangla, yaitu rumah bergaya Benggala.

Bedanya vila dengan bungalow adalah ukurannya. Vila memiliki ukurang lebih besar, sedangkan bungalow adalah rumah yang cenderung kecil tetapi punya beranda yang luas dan hanya memiliki satu lantai saja.

Baca juga: Staycation di Tiga Water Villa Cantik Ala Maldives di Jakarta

Kalaupun ada lantai dua, biasanya kecil dan terhubung dengan atap yang dilengkapi dengan jendela kecil.

Selain itu, bungalow juga memiliki atap rendah dan tidak memiliki lorong-lorong pada desain bangunannya. 

Bungalow bisa ditemukan baik di area dekat pantai maupun pegunungan yang lokasinya jauh dari keramaian.

Gaya bangunan bungalow tak terbatas pada unsur tradisional saja seperti cottage.

Ada bungalow yang memadukan unsur modern dan tradisional, atau bisa juga konsepnya menyesuaikan dengan alam di sekitarnya.

Baca juga: Staycation Sambil Wisata Sejarah di Hotel Bergaya Klasik

Jadi, bedanya villa, cottage, dan bungalow ada pada ukuran dan gaya bangunannya. Dari segi lokasi, ketiganya sama-sama berada di tempat yang cenderung jauh dari keramaian.

Setelah kamu mengetahui bedanya villa, cottage, dan bungalow ketika mencari penginapan untuk berlibur, jangan sampai tertukar ya.

Nah, di antara ketiga penginapan ini, kamu lebih senang menginap di mana?

Berita Terkait

Author