Search Cars

Tips & Rekomendasi

Jangan Sepelekan Helm yang Basah Jika Tidak Ingin Kena Penyakit

Moto helmet with drop of water on motorcycle handlebars and motorbikes on blurred background

Helm menjadi perlengkapan wajib yang harus dipakai setiap kali berkendara. Oleh karena itu helm harus nyaman digunakan oleh para pengendara.

Di sisi lain, Indonesia yang memiliki dua musim membuat perawatan pelindung kepala ini amat penting.

Di saat musim hujan, pengendara motor memiliki pilihan berteduh atau menerobos hujan, helm basah juga menjadi kendala tersendiri.

Usai menerobos hujan kadang-kadang, pengendara lupa jika helm masih tergantung di kaca spion atau jok motor yang diparkir di tempat terbuka.

Hal ini lumayan bikin kesal apalagi ketika helm sudah menjadi “gayung” alias digenangi air, pastinya tidak akan nyaman ketika dipakai.

Helm basah inilah yang dapat menimbulkan berbagai penyakit kulit. Berikut dampak dari memakai helm basah dan cara mengatasinya.

1. Bakteri dan jamur bisa tumbuh di kepala

Helm yang lembab dan basah dapat menyebabkan jamur di kepala karena mengandung bakteri. Bakteri itu nantinya akan menyebabkan penyakit di kulit kepala. Gejala awal biasanya gatal-gatal di sekitar kulit kepala. Jika sudah terasa gatal, artinya sudah ada jamur yang tumbuh di sekitar kulit kepala karena helm tersebut.

2. Jamur dan bakteri bisa menyebar ke bagian lain

Ternyata jamur bukan hanya kepala tumbuh di kepala, bahkan bisa menyebar ke pipi dan dagu yang berasal dari tali untuk mengencangkan helm yang melingkar di daerah tersebut.

Tak hanya itu, helm yang basah juga mengakibatkan panu, kudis, jerawat, dan kepala ketombean. Untuk itu, jika busa helm sudah kotor atau berubah warna sebaiknya dicuci, bahkan bila perlu diganti karena itu salah satu tanda helm yang sudah berjamur.

3. Konsentrasi terganggu

Ini tidak kalah pentingnya. Helm basah juga dapat merusak konsentrasi dari pengendara karena fokus pengendara pasti akan terbagi ke jalanan dan keadaan suhu helm yang dingin.

Keadaan ini bisa berakibat fatal bagi pengendara, walaupun berkendara dengan jarak yang tidak jauh. Sebaiknya helm memang dikeringkan terlebih dahulu.

Tenang, jika helm anda basah ada langkah-langkah yang harus dilakukan, ikuti tips ini:

1. Jangan terkena sinar matahari langsung

Ini memang sepele, tapi ada yang harus diperhatikan dalam mengeringkan helm. Pertama, jangan terpapar sinar matahari langsung karena dampaknya akan membuat helm menjadi bau apek.

Cukup diangin-anginkan saja atau pakai hairdryer agar lebih cepat kering. Jika sudah kering, baru jemur sebentar agar nyaman dipakainya.

2. Letakkan di tempat aman

Pada saat mengeringkan helm, usahakan helm berada di posisi yang aman agar tidak jatuh. Karena, helm yang sudah jatuh juga akan mengurangi daya tahan helm tersebut.

Selain lecet, helm yang sudah jatuh ada saja yang bergeser, entah dari sisi luar atau dalamnya yang tidak terlihat oleh mata. Jadi, usahakan letakkan di tempat aman pada saat mengeringkan atau saat parkir sekalipun.

Meletakkan helm juga sebaiknya dalam posisi terbalik, yang artinya bagian dalam helm mengarah ke atas, jadi seperti bentuk mangkuk agar bakteri dalam helm berkurang.

3. Cuci helm

Jika kehujanan di jalan, usahakan helm yang basah tersebut langsung dicuci untuk menghilangkan bakteri yang ada di dalamnya.

Untuk mencuci helm cukup melepas busanya, lalu direndam di dalam air berisi deterjen atau sabun, dan diremas-remas hingga kotoran di dalam helm keluar. Tetapi, jika busa helm tidak bisa dilepas, terpaksa merendam seluruh helm.

Helm juga tidak boleh disikat karena menyikat bisa merusak bahan dan busa helm akan menipis.  Setelah itu, pakai teknik mengeringkan seperti yang sudah disebutkan sebelumnya.

Kalau memang tidak mau repot tinggal ke pencucian helm saja, di sana ada alat pengering yang akan mengeringkan helm lebih cepat sehingga lebih cepat juga dipakainya.

Mencuci helm bukan hanya untuk membersihkan bakteri, tapi juga menghilangkan noda mengganggu di bagian kaca helm agar pandangan pengendara tidak terganggu.

Jadi, jangan sepelekan helm yang basah jika tidak ingin terkena penyakit dan penurunan daya konsentrasi. Cuci helm secepat mungkin, karena kepala anda sangat penting.

Ingat kepala Anda sangat penting, jangan disepelekan pelindung kepala ini. Apalagi mulai musim hujan.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.